5.28.2014

5 Gua Bersejarah dan Paling Menakjubkan di Dunia

5 Gua Bersejarah dan Paling Menakjubkan di Dunia -
UniksPos -
Dalam sejarah panjang peradaban manusia di dunia, telah banyak gua yang pernah dijadikan sebagai tempat tinggal. Ada pula diantaranya yang sengaja di pahat agar tampak indah. Pahatan di batu ini tentunya memiliki nilai seni yang cukup tinggi, sebab tak semua orang bisa melakukannya terlebih lagi pada masa peradaban kuno. Tercatat, sedikitnya ada lima gua bersejarah yang dianggap paling menakjubkan di dunia. Anda penasaran, mari kita jelajahi lima gua fenomenal yang berikut ini.

1. Abu Simbel Nubian Monuments, Mesir
5 Gua Bersejarah dan Paling Menakjubkan di Dunia
By Than217 at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Terletak di tepi barat Danau Nasser, sekitar 230 km sebelah barat daya dari Aswan (sekitar 300 km melalui jalan darat). Candi kembar awalnya dipahat dari gunung pada masa pemerintahan Firaun Ramses II di abad ke-13 SM, sebagai monumen abadi untuk dirinya dan ratunya Nefertari, selain itu diduga untuk memperingati kemenangan di Pertempuran Kades. Namun, kompleks dipindahkan secara keseluruhan pada tahun 1968, di bukit buatan yang terbuat dari struktur kubah, tinggi di atas waduk Aswan High Dam. Empat kolosal patung kuno Mesir Firaun Ramses II penjaga pintu Abu Simbel, sebuah candi dipotong dari tebing batu pasir di atas Sungai Nil. Ditugaskan oleh Ramses sendiri, candi menghadap ke timur sehingga dua kali setahun, sinar matahari mencapai ke dalam tempat kudus terdalam, menerangi patung Ptah, Amun-Re, Ramses II dan Re-Horakhty. Kompleks dipindahkan seluruhnya dari pengaturan aslinya pada tahun 1960 untuk menghindari banjir ketika Danau Nasser telah dibuat.

2. Madain Saleh, Arab Saudi
Thamudi
By Cacon (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Kota kuno yang terletak di wilayah utara Hejaz, sekitar 25 km dari utara kota Al-'Ula. Pada zaman dahulu kota ini dihuni oleh kaum Tsamud dan Nabatea sekitar 3000 tahun SM, yang hidup di antara zaman Nuh hingga zaman Musa. Mada'in Saleh pada saat itu dikenal sebagai Al-Hijr (bukit berpasir). Nama Al Hijr digunakan hingga abad ke 14 Masehi. Al Hijr, juga dikenal sebagai Madain Saleh adalah situs terkenal diArab Saudi. Bagian depan tempat tinggal di Al Hijr telah diukir di gunung batu pasir kadang-kadang di milenium kedua SM. Al Hijr - yang secara harfiah berarti 'tempat berbatu' - diyakini telah dihuni oleh Nabataeans dan Tsamud. Ini fitur sumur air, makam monumental terawat dari prasasti dan gambar gua. 

3. Rock-Hewn Churches Of Lalibela, Etiopia
Bete Medhane Alem in Lalibela
By Jens Klinzing (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Lalibela merupakan sebuah kota di Ethiopia utara yang terkenal dengan gereja-gereja rock-cut monolitik. Lalibela adalah salah satu kota tersuci Ethiopia, kedua hanya untuk Aksum, dan merupakan pusat ziarah bagi banyak negara. Tidak seperti Aksum, populasi Lalibela hampir sepenuhnya Kristen Ortodoks Ethiopia. Tata letak dan nama dari bangunan utama di Lalibela diterima secara luas, terutama oleh para ulama setempat, menjadi representasi simbolis dari Yerusalem. Struktur paling menakjubkan diukir dari batu adalah gereja-gereja Lalibela, Ethiopia. 11 batu dipahat gereja masing-masing telah diukir dari satu blok granit dengan atap yang di permukaan tanah. Abad ke-12 Raja Lalibela ditugaskan gereja-gereja dengan tujuan menciptakan Yerusalem Baru bagi mereka yang tidak bisa membuat ziarah ke kota aslinya. Setiap gereja diciptakan dari mengukir parit lebar di keempat sisi batu dan kemudian dengan susah payah memahat keluar interior. Yang terbesar di antara mereka berdiri setinggi 40 meter.

4. Cappadocia Cave Houses, Turki
Cappadocia2
By Nazzarenoagostinelli (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Wilayah bersejarah di Central Anatolia, terutama di Provinsi Nev┼čehir, di Turki. Pada masa Herodotus, Kapadokian dikabarkan menduduki seluruh wilayah dari Gunung Taurus ke sekitar dari Euxine (Laut Hitam). Dalam pengertian ini, Cappadocia berbatasan di selatan oleh rantai Pegunungan Taurus yang memisahkannya dari Kilikia, ke timur oleh Efrat atas dan Armenia Highland, di utara oleh Pontus, dan di barat oleh Likaonia dan timur Galatia. Cappadocia adalah salah satu dari 73 provinsi saat Republik Turki, dan memiliki salah satu pemandangan paling aneh dan menarik di dunia. Tanah, batu kerdil fitur formasi batuan tufa 'vulkanik aneh disebut sebagai' Fairy Chimneys 'serta kota-kota bawah tanah kompleks dan bangunan dipotong dari' tufa 'lembut. Banyak dari mereka adalah gereja, dengan kolom dan lengkungan menghias wajah batu dari sepotong dinyatakan alami dari batu. 

5. Ancient Rock City Of Matera, Italia
Sassi di Matera
By Airin (Karya sendiri) [CC-BY-SA-1.0], via Wikimedia Commons
Di kota Matera batuan kuno di Italia barat daya, orang tinggal di rumah yang sama persis yang diperkirakan telah ada sejak 9.000 tahun lalu. Matera diciptakan dari jurang berbatu dan gua-gua alam yang banyak di daerah tersebut - disebut 'Sassi di Matera' - adalah rumah pertama dari penduduk Neolitik di wilayah tersebut. Sassi di Matera (yang berarti "batu dari Matera") adalah gua tempat tinggal kuno di kota Matera, Basilicata Italia. Terletak di kota tua, mereka terdiri dari Sasso Caveoso dan kemudian Sasso Barisano. Gua menciptakan labirin rumah, dan itu hampir mustahil untuk membedakan formasi batuan alam dari arsitektur kuno. Rumah-rumah tampaknya tumbuh dari batu dengan cara organik, menciptakan sedikit dari objek wisata dari apa yang pada pertengahan abad ke-20 sebuah kota hantu.

5 Gua Bersejarah dan Paling Menakjubkan di DuniaTitle : 5 Gua Bersejarah dan Paling Menakjubkan di Dunia ~ UniksPos
Description : Dalam sejarah panjang peradaban manusia di dunia, telah banyak gua yang pernah dijadikan sebagai tempat tinggal. Ada pula diantaranya yang ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews