5.15.2014

Ini Mitos Aneh dan Seram tentang Kucing Hitam

Ini Mitos Aneh dan Seram tentang Kucing Hitam -
UniksPos -
Mitos bermakna cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional.
Ini Mitos Aneh dan Seram tentang Kucing Hitam
Kucing Hitam
Pelaku utama yang diceritakan dalam mitos biasanya adalah para dewa, manusia, hewan dan pahlawan supranatural. Namun pada kali ini akan dibahas tentang mitos kucing hitam yang sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis dan horor. Sebab sebagian masyarakat percaya bahwa jika ada kucing hitam, itu pertanda di lokasi tersebut sedang ada hantu menampakkan diri atau hanya melintas.

Berbagai kepercayaan tentang kucing hitam ini ternyata sudah bermula dari sejarah Babylonia kuno. Pada masa itu, kucing hitam dipersembahkan dalam upacara ritual untuk dibakar bersama sesaji lainnya. Mitos ini timbul karena ada seekor kucing hitam yang tidur di tengah-tengah seekor ular dengan pulasnya, padahal saat itu ular merupakan lambang dari kejahatan.

Pemahaman seperti ini terus berkembang di berbagai negara, hingga abad pertengahan. Sehingga pada akhirnya, tiap daerah pun memiliki mitos sendiri-sendiri perihal kucing hitam dan kaitannya dengan hal-hal yang berbau mistis. Seperti berikut ini.

1. Jerman
Di negara Jerman ini, beredar kepercayaan bahwa jika ada seekor kucing hitam yang lompat ke atas tempat tidur seseorang yang sedang sakit, maka kematian akan datang pada orang tersebut. Namun di zaman ini, apa masih ada kucing liar masuk ke dalam ruangan dan lompat ke atas tempat tidur? Ataukah mungkin kucing hitam itu memang jadi-jadian, dan tiba-tiba saja ada di sana? 

2. Finlandia
Mitos di negara Finlandia ini lebih ekstrim lagi. Sebab masyarakat di sana mempercayai bahwa kucing hitam merupakan sosok makhluk yang membawa jiwa manusia ke alam baka. Waduh! Sepertinya kucing hitam ini sudah seperti sang pencabut nyawa bagi mereka. Apakah ada yang tahu mitos serupa seperti ini, atau pernah mengalaminya?

3. Druids
Pada masa Inggris kuno, dipercaya bahwa kucing merupakan jelmaan seseorang yang berbuat jahat di masa lalunya. Orang tersebut kemudian dihukum menjadi seekor kucing hitam. Mungkin ini adalah awal bagaimana kucing hitam dikait-kaitkan dengan Halloween, hantu dan para penyihir.

4. Bengali
Orang-orang Bengali percaya bahwa ada seorang wanita yang dapat mengubah jiwa manusia menjadi seekor kucing hitam. Ternyata tidak hanya itu saja, konon setiap kucing hitam yang disakiti, berarti akan menyakiti wanita itu juga. Wah, apakah dia semacam Cat Woman? Atau mungkin ratu kucing hitam.

5. India
Sementara di India, sangat percaya bahwa jiwa yang reinkarnasi, dapat dibebaskan dengan cara melempar kucing hitam ke dalam api. Apakah sudah pernah terbukti kebenarannya, tak ada yang tahu. Sungguh malang kucing yang memiliki bulu hitam ini.

6. Celts
Entah bagaimana awal ceritanya, namun yang jelas di daerah yang satu ini dipercaya bahwa kucing hitam dapat memprediksi masa depan. Sepertinya, kurang lebih sama seperti di daerah lain, kucing hitam di Celts dipercaya dapat membawa kematian atau kesialan bagi mereka. 

7. China
Hampir sama dengan negara-negara lain, kemunculan kucing hitam dipercaya oleh warga China sebagai pertanda kesialan. Mereka mempercayai bahwa kemunculan kucing hitam ini merupakan pertanda bahwa mereka akan terkena penyakit atau akan jatuh miskin. Benar-benar seperti kutukan ya si kucing hitam ini?

8. Normandia
Orang-orang Normandia percaya bahwa, apabila dalam perjalanan, seseorang melihat seekor kucing hitam sedang menyebrang di tengah bulan purnama, maka orang tersebut akan terserang wabah penyakit. Ada yang pernah bertemu kucing hitam saat sedang muncul bulan purnama?

Ini Mitos Aneh dan Seram tentang Kucing HitamTitle : Ini Mitos Aneh dan Seram tentang Kucing Hitam ~ UniksPos
Description : Mitos bermakna cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews