5.23.2014

7 Cara Mudah dan Efektif untuk Meningkatkan Daya Ingat

7 Cara Mudah dan Efektif untuk Meningkatkan Daya Ingat -
UniksPos -
Daya ingat identik dengan faktor usia. Semakin lanjut usia seseorang, maka akan semakin menurun pula daya ingatnya. Kualitas daya ingat seseorang tidak hanya tergantung pada pendidikan, lingkungan belajar dan lingkungan fisik di mana ia hidup, tapi juga pada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hidupnya. Ada juga faktor genetik keturunan yang memainkan peran yang sangat penting.
7 Cara Mudah dan Efektif untuk Meningkatkan Daya Ingat

Namun tahukah Anda, ternyata ada banyak cara bisa dilakukan untuk memaksimalkan kemampuan daya ingat kita. Berikut ini ada beberapa cara mudah dan efektif yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat. Mari kita simak bersama-sama.


1. Senam Otak 
Otak semacam otot yang perlu dilatih secara berkala. Caranya, buat tantangan atau tebak-tebakkan untuk diri sendiri yang dapat mengasah ingatan. Misalnya, menyebut judul lagu-lagu lama, mengingat bait puisi saat kecil, atau sebut 7 barang yang ada di kulkas. 

2. Tidur Cukup
Tidur dibutuhkan agar sel tubuh beristirahat dan beregenerasi. Termasuk sel otak. Sebab itu, usahakan bangun kerja sama fisik dan mental yang baik agar tercipta tidur sehat dan berkualitas. 

3. Berpikir
Mengingat satu hal yang tak kunjung muncul di kepala pasti menjengkelkan. Saat mengalaminya, jangan panik. Tenangkan diri sesaat sambil memikirkan hal-hal ringan seperti jenis buah-buahan, jenis olahraga air, atau nama-nama sahabat. Aktivitas itu akan membantu seseorang lebih cepat mengingat hal penting yang ia lupakan.

4. Makanan
Bukan hanya minyak ikan yang dapat mempertajam daya ingat, tetapi juga bahan makanan berwarna merah dan ungu seperti blueberry, buah bit, dan bawang merah. Bahan makanan kaya asam folat seperti brokoli, pisang, dan kacang polong juga bermanfaat menjaga kesehatan otak. 

5. Air Putih
Fakta menunjukkan bahwa seluruh fungsi organ tubuh akan berjalan dengan baik ketika mendapat asupan air yang cukup. Tak terkecuali fungsi otak. Biasakan minum 6-8 gelas air putih sehari.

6. Permainan Asah Otak
Kebiasaan mengisi teka-teki silang yang tersedia di koran bermanfaat positif untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

7. Santai
Tekanan atau stres membuat kerja otak melemah dan sulit berkonsentrasi. Dalam kondisi demikian, istirahatlah sejenak sambil melakukan aktivitas santai seperti membaca buku untuk memulihkan kerja otak. 

7 Cara Mudah dan Efektif untuk Meningkatkan Daya IngatTitle : 7 Cara Mudah dan Efektif untuk Meningkatkan Daya Ingat ~ UniksPos
Description : Daya ingat identik dengan faktor usia. Semakin lanjut usia seseorang, maka akan semakin menurun pula daya ingatnya. Kualitas daya ingat ses...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews
-->