5.10.2014

5 Sungai Teraneh dan Terunik di Indonesia

5 Sungai Teraneh dan Terunik di Indonesia -
UniksPos -
Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dan agama. Selain itu, di Indonesia terdapat banyak sungai, baik berupa sungai yang biasa saja hingga sungai yang unik juga ada.
5 Sungai Teraneh dan Terunik di Indonesia
5 Sungai Teraneh dan Terunik di Indonesia
Umumnya, sungai-sungai unik yang ada di Indonesia ini dijadikan sebagai tempat wisata yang populer. Mungkin diantara Anda ada yang belum mengetahui sungai teraneh dan terunik yang ada di negara kita, ini beberapa diantaranya.

1. Sungai Kampar
Sungai ini berhulu di Bukit Barisan Sumatera Barat dan bermuara di pesisir timur Pulau Sumatera Riau. Sungai Kampar terdapat di Desa Teluk Meranti. Desa ini berada di timur laut dari Pekanbaru, Riau. Uniknya, sungai ini bisa dijadikan sebagai tempat selancar. Biasanya olahraga surfing atau selancar dilakukan di laut tapi para surfer juga bisa melakukannya di sungai Kampar. Pada waktu-waktu tertentu, timbul ombak besar di Sungai Kampar. Tinggi ombak bisa mencapai enam sampai tujuh meter. Penduduk lokal menyebut ombak besar di Sungai Kampar sebagai Bono.

2. Sungai Bawah Tanah Gua Pindul
Sungai ini terdapat di dalam gua pindul. Gua Pindul adalah salah satu gua dari serangkaian 7 gua dengan aliran sungai bawah tanah. Gua Pindul terletak di Dus. Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Keunikan sungai ini karena sungai ini berada di bawah tanah dan melalui gua yang gelap. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang 300 meter dan lebar 5 meter.

3. Sungai Cisolok
Sungai Cisolok berada di lokasi wisata air panas Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Sungai ini unik karena di tengah-tengah sungai, air panas menyembur deras dengan suhu 80 derajat celcius. Anda akan dibuat terperangah karena ternyata air panas di Objek Wisata Air Panas Cisolok itu memancar di akibatkan tekanan tinggi dari dalam tanah dan di tengah-tengah sungai kecil. Pancarannya seakan dapat dibuat lebih tinggi dengan cara menumpuk bebatuan di sekitarnya. Memang, itu hanya spekulasi belaka. Semburan air panas muncul dari dalam tanah. Air panas tersebut memancar keluar dengan tekanan yang cukup tinggi dan berada di tengah-tengah sungai. Sungai ini memiliki tiga titik semburan. Semua semburan berasal dari geyser, air panas yang melewati lapisan kerak bumi.

4. Sungai Tamborasi
Objek Wisata Sungai Tamborasi merupakan sungai terpendek di dunia dengan panjang 20 meter dan lebar 15 meter, Sungai Tamborasi ini terletak 90 kilometer dari kota Kolaka ke arah utara, tepatnya di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Sungai ini sangat unik karena hanya memiliki panjang 20 meter saja. Ini menjadikan sungai ini menjadi sungai terpendek di dunia. Sungai Tamborasi memiliki hulu dan hilir dalam satu tempat yang berdekatan. Letak hulu sungai yang berasal dari mata air yang keluar dari bukit batu kapur hanya berjarak 20 meter dari hilir yang bermuara langsung ke laut.

5. Sungai Biskori
Sungai Biskori terdapat di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Kabupaten Konawe Timur, Kendari, Sulawesi Tenggara. Keunikan sungai ini karena terdapat air terjun dengan tujuh tingkat yang membuat pemandangan yang luar biasa indahnya. Air terjun dengan tujuh tingkat ini dikenal dengan nama air terjun Moramo. Air terjun ini berbeda dengan air terjun pada umumnya. Air terjun Moramo memiliki bentuk yang bertingkat hingga 100 meter ketinggiannya. Dari tujuh tingkat itu, di antaranya terdapat lagi puluhan tingkat-tingkat kecil setinggi setengah hingga satu meter yang semakin memperindah keelokan tempat ini.

Sumber: indonesiatop.blogspot.com

5 Sungai Teraneh dan Terunik di IndonesiaTitle : 5 Sungai Teraneh dan Terunik di Indonesia ~ UniksPos
Description : Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dan agama. Selain itu, di Indonesia terdapat banyak sungai...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews