5.27.2014

7 Misteri Benda yang Tak Terjawab

7 Misteri Benda yang Tak Terjawab -
UniksPos -
Meski zaman telah berubah dan tentunya disertai dengan kemajuan teknologi, namun crypologists belum bisa memecahkan beberapa kode-kode rahasia dari teka-teki tertua yang pernah ditemukan atau sengaja dibuat oleh seseorang. Tercatat bahwa ada tujuh benda misterius yang tak terjawab. Benda apa saja yang dimaksud? Ini dia beberapa diantaranya.

1. Sandi Dorabella
Dorabella-cipher-image
By Edward Elgar [Public domain], via Wikimedia Commons
Dorabella Cipher adalah sebuah surat dienkripsi yang ditulis oleh komposer Edward Elgar kepada Dora Penny, yang dikirim pada tanggal 14 Juli 1897. Penny pernah diuraikan dan maknanya tetap tidak diketahui. Sandi, terdiri dari 87 karakter tersebar lebih dari 3 baris, tampaknya terdiri dari 24 simbol, masing-masing simbol yang terdiri dari 1, 2, atau 3 setengah lingkaran perkiraan berorientasi pada salah satu dari 8 arah (orientasi beberapa karakter yang ambigu). Sebuah titik kecil muncul setelah karakter kelima pada baris ketiga. Hingga kini rahasia dalam surat tersebut belum terungkap. Semasa hidupnya Elgar diketahui memiliki ketertarikan pada dunia sandi, puzzle dan kode lainnya. Karya musiknya yang cukup populer adalah ‘Enigma’.

2. Disk Phaistos

Crete - Phaistos disk - side A
By PRA (Karya sendiri) [CC-BY-1.0], via Wikimedia Commons
Merupakan disk dari tanah liat diambil dari istana Minoan Phaistos di pulau Crete Yunani, mungkin telah ada sejak pertengahan atau akhir Zaman Perunggu Minoan. Diameter Disk Phaistos sekitar 15 sentimeter, di kedua sisinya tertutup dengan spiral simbol dicap. Tujuan dan makna, dan bahkan geografis aslinya serta tempat pembuatan, tetap diperdebatkan, membuatnya menjadi salah satu misteri yang paling terkenal dari arkeologi. Objek yang unik ini sekarang dipajang di museum arkeologi Heraklion.

3. Linear A

7 Misteri Benda yang Tak Terjawab
Ilustrasi Linear A
Linear A merupakan salah satu dari dua linear digunakan dalam naskah kuno Kreta (script ketiga Kreta hieroglif). Linear A adalah script utama yang digunakan dalam istana dan agama tulisan peradaban Minoan. Hal ini ditemukan oleh arkeolog Arthur Evans. Ini adalah asal dari naskah Linear B, yang kemudian digunakan oleh peradaban Mycenaean. Linear A masih jauh dari benar diuraikan tetapi sebagian dipahami dan dapat dibaca melalui nilai-nilai linear B. Meskipun kedua script berbagi banyak simbol-simbol yang sama, menggunakan suku kata yang berhubungan dengan linear B dalam menghasilkan tulisan-tulisan linear A kata-kata yang tidak memiliki hubungan dengan bahasa yang diketahui. Bahasa ini sering disebut sebagai Minoan atau Eteocretan, dan berkorespondensi dengan periode dalam sejarah Kreta sebelum serangkaian invasi oleh Mycenean Yunani sekitar 1450 SM. Hal ini diyakini bahwa mungkin ada beberapa hubungan antara linear A dan The Phaistos Disk. 

4. Kryptos

7 Misteri Benda yang Tak Terjawab
Ilustrasi Kryptos
Sebuah patung dienkripsi oleh seniman Amerika Jim Sanborn terletak di dasar Central Intelligence Agency (CIA) di Langley, Virginia. Sejak dedikasi pada tanggal 3 November 1990, telah ada banyak spekulasi tentang arti dari pesan dienkripsi itu beruang. Dari empat pesan, tiga telah dipecahkan, dengan sisa seperempat dari kode yang belum terpecahkan yang paling terkenal di dunia. Patung terus memberikan pengalihan untuk kriptanalis, baik amatir dan profesional, yang berusaha untuk mendekripsi bagian akhir. Teks sandi pada satu setengah patung utama berisi 869 karakter secara total, namun Sanborn informasi dirilis pada April 2006 yang menyatakan bahwa surat yang ditujukan pada paruh utama Kryptos hilang. Ini akan membawa jumlah karakter ke 870 pada bagian utama. Sisi lain dari patung terdiri dari enkripsi Vigenere tablo, terdiri dari 869 karakter, jika dihitung spasi. Orang pertama yang secara terbuka mengumumkan memecahkan tiga bagian pertama, pada tahun 1999, adalah James Gillogly, seorang ilmuwan komputer dari California Selatan, yang diterjemahkan dari 768 karakter. Bagian yang dia tidak bisa memecahkan, sisa 97 atau 98 karakter. 

5. Chinese Gold Bar

7 Misteri Benda yang Tak Terjawab
Ilustrasi Chinese Gold Bar
Pada tahun 1933, tujuh emas batangan diduga dikeluarkan untuk seorang Jendral bernama Wang di Shanghai, Cina. Emas batangan ini, berisi gambar, tulisan Cina, beberapa bentuk penulisan naskah, dan cryptograms dalam huruf Latin, muncul untuk mewakili sertifikat logam yang terkait dengan deposito bank dengan Bank AS dan tulisan Cina telah diterjemahkan, dan membahas transaksi di lebih dari $ 300 juta. 

6. Beale Ciphers

7 Misteri Benda yang Tak Terjawab
Ilustrasi Beale Ciphers
Satu set dari tiga sandi, salah satunya diduga menyatakan lokasi harta terkubur emas, perak dan perhiasan diperkirakan bernilai lebih dari USD $ 63 juta per September 2011. Sementara sandi kedua dikatakan untuk menggambarkan isi harta, dan yang ketiga untuk daftar nama-nama pemilik harta itu 'keluarga terdekat. Cerita dari tiga sandi berasal dari pamflet merinci 1885 harta karun yang dikuburkan oleh seorang pria bernama Thomas Jefferson Beale di sebuah lokasi rahasia di Bedford County, Virginia, pada tahun 1820. Beale mempercayakan kotak yang berisi pesan dienkripsi dengan pemilik penginapan lokal bernama Robert Morriss dan kemudian menghilang, tidak pernah terlihat lagi. pemilik penginapan memberi tiga dienkripsi sandi ke teman sebelum ia meninggal. Temannya kemudian menghabiskan dua puluh tahun hidupnya berusaha untuk memecahkan sandi pesan, dan hanya mampu memecahkan salah satu dari mereka yang memberikan rincian tentang harta terpendam dan lokasi umum harta karun. Sejak penerbitan pamflet, sejumlah upaya telah dilakukan untuk memecahkan kode dua sandi tersisa dan menemukan harta karun, namun semua berakhir dengan kegagalan. 

7. Voynich Manuscript

Voynich Manuscript (170)
By Tak diketahui [Public domain], via Wikimedia Commons
Naskah Voynich adalah ilustrasi naskah kuno yang ditulis tangan dalam suatu sistem penulisan yang tidak diketahui. Naskah misterius ini di duga telah ada sejak awal abad ke-15 (1404-1438), dan kemungkinan telah disusun di Italia Utara selama Renaissance Italia. Naskah ini dinamai Wilfrid Voynich, oleh pedagang buku Polandia yang membelinya pada tahun 1912. Penulis, script, dan bahasa naskah tetap tidak diketahui. Naskah ini telah menjadi objek studi intensif oleh banyak profesional dan amatir kriptografer, termasuk beberapa top Amerika dan Inggris. String ini kegagalan telah mengubah naskah Voynich menjadi subjek terkenal kriptologi sejarah, tetapi juga diberi bobot teori bahwa buku ini hanya tipuan dari urutan rumit yang bermakna simbol kesewenang-wenangan. Saat ini Voynich naskah disimpan dalam Buku Langka Beinecke dan Manuskrip Perpustakaan Universitas Yale sebagai item "MS 408". Edisi faksimili pertama diterbitkan pada tahun 2005.

7 Misteri Benda yang Tak TerjawabTitle : 7 Misteri Benda yang Tak Terjawab ~ UniksPos
Description : Meski zaman telah berubah dan tentunya disertai dengan kemajuan teknologi, namun crypologists belum bisa memecahkan beberapa kode-kode raha...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews