5.30.2014

5 Gedung Fenomenal Mirip UFO

5 Gedung Fenomenal Mirip UFO -
UniksPos -
Saat ini banyak bangunan menakjubkan dunia yang memiliki arsitektur modern. Bentuk unik, desain futuristik dan gaya yang beragam telah diterapkan pada arsitektur modern dalam konstruksi bangunan. Perlu diketahui bahwa gedung-gedung ini di bangun dengan gaya yang tidak biasa, sehingga membuat gedung unik ini tampak menarik. 

Sebenarnya bangunan ini didesain memang sengaja menyerupai UFO. Bangunan aneh ini tak hanya sekedar pemandangan UFO, sebab bangunan ini juga memberikan fasilitas yang beragam, yaitu berupa kantor, museum, arena olahraga, bahkan tempat bermain juga menjadi salah satu fungsinya. Mari kita simak lima gedung fenomenal mirip UFO seperti berikut ini.

1. Universum Science Center, Bremen - Jerman
5 Gedung Fenomenal Mirip UFO
By Flachmaus di Wikipedia bahasa Jerman (selbst gemachtes Foto) [Public domain], via Wikimedia Commons
Universum Bremen adalah sebuah museum sains di Bremen, Jerman. Disini pengunjung dapat berinteraksi dengan sebagian besar pameran yang berjumlah sekitar 250. Museum ini rata-rata dikunjungi oleh 450.000 orang setiap tahunnya. Universum Bremen dibuka pada bulan September 2000 di dekat University of Bremen, Jerman. Meliputi lebih dari 4.000 meter persegi berisi pameran yang berkaitan dengan salah satu dari tiga topik:. Manusia, bumi dan kosmos. Bangunan pusat ilmu pengetahuan, dengan skala stainless steel 40.000, menyerupai campuran antara ikan paus dan kerang. Ini dirancang oleh arsitek Bremen Thomas Klumpp.

2. Evoluon, Eindhoven - Belanda
Evoluon2
By Lempkesfabriek (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Evolusi adalah pusat konferensi dan mantan museum sains yang didirikan oleh elektronik dan perusahaan listrik Philips di Eindhoven, Belanda pada tahun 1966. Sejak pembangunannya, bangunan ini telah menjadi landmark dan simbol kota. Bangunan ini unik karena desain yang sangat futuristik, menyerupai piring terbang mendarat, beberapa jatuh seperti Jupiter 2 Lost in Space. Ini dirancang oleh arsitek Louis Christiaan Kalff, sedangkan pameran dikandung oleh James Gardner. Bangunan ini didasarkan pada ide oleh Frits Philips, yang awalnya membuat sketsa bangunan di serbet kertas. Frits Philips ingin memberikan orang-orang dari Eindhoven hadiah yang indah dan pendidikan untuk merayakan ulang tahun ke-75 perusahaan yang menyandang nama keluarganya.

3. Buzludzha Monument – Bulgaria
Buzludzha
By Romel (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Buzludzha adalah sebuah monumen di Central Balkan Mountains, Bulgaria yang berada di ketinggian 1.441 meter. Pada tahun 1868, ini adalah tempat pertempuran terakhir antara pemberontak Bulgaria yang dipimpin oleh Hadji Dimitar dan Stefan Karadzha dan Kekaisaran Ottoman. Monument ini dibangun oleh rezim komunis Bulgaria untuk memperingati peristiwa tahun 1891 ketika kaum sosialis yang dipimpin oleh Dimitar Blagoev berkumpul diam-diam di daerah untuk membentuk sebuah gerakan sosialis diselenggarakan dengan berdirinya Partai Demokrat Sosial Bulgaria, kedepannya pelari Partai Komunis Bulgaria. Monumen ini dibuka pada tahun 1981. Tidak lagi diurus oleh pemerintah Bulgaria, telah tidak digunakan.

4. Spodek, Katowice - Polandia
Spodek in Katowice
By Paweł from Poland (Spodek) [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Dalam bahasa Polandia Spodek yang berarti "cawan", adalah kompleks arena serbaguna di Katowice, Polandia, dibuka pada tahun 1971 dan secara resmi difungsikan sampai 1997. Selain kubah utama, kompleks termasuk gym, gelanggang es, sebuah hotel dan tiga taman mobil besar. Ini adalah ruangan yang terbesar dari jenisnya di Polandia. Spodek dapat menampung 11.500 orang, meskipun angka ini dalam praktek terbatas pada 10.000 atau bahkan 8.000 karena tahap set-up menutupi pandangan. Namanya mengacu pada piring terbang sebab bentuknya menyerupai UFO. Spodek merupakan kontribusi yang besar terhadap signifikansi budaya Katowice di Polandia, terutama bagi generasi muda. Hal ini juga telah digunakan sebagai logo resmi untuk kota di poster mempromosikan pembangunan kembali di Katowice. Spodek adalah rumah bagi HC GKS Katowice klub hoki es di musim dingin.

5. Niteroi Contemporary Art Museum, Rio de Janeiro - Brasil
Niterói Contemporary Art Museum
By Rodrigo Soldon [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Terletak di kota Niteroi, Rio de Janeiro, Brazil, dan merupakan salah satu landmark utama kota. Niteroi Contemporary Art Museum selesai pada tahun 1996. Dirancang oleh Oscar Niemeyer dengan bantuan insinyur struktur Bruno Contarini, yang telah bekerja dengan Niemeyer pada proyek-proyek sebelumnya, tingginya mencapai 16 meter, sementara kubahnya memiliki diameter 50 meter dengan tiga lantai.

5 Gedung Fenomenal Mirip UFOTitle : 5 Gedung Fenomenal Mirip UFO ~ UniksPos
Description : Saat ini banyak bangunan menakjubkan dunia yang memiliki arsitektur modern. Bentuk unik, desain futuristik dan gaya yang beragam telah dite...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews