5.10.2014

Ini Jenis-Jenis Tanaman Paling Aneh dan Langka di Dunia

Ini Jenis-Jenis Tanaman Paling Aneh dan Langka di Dunia -
UniksPos -
Pada umumnya tanaman 'sengaja' ditanam, sementara tumbuhan yaitu organisme yang muncul atau tumbuh di permukaan bumi. Di berbagai penjuru dunia ini, rupanya ada beberapa jenis tumbuhan yang sangat unik dan aneh. Sebagai contohnya, tanaman aneh yang dapat memangsa serangga, ada pula yang memancarkan bau menyengat seperti bangkai dan lain sebagainya. Seperti apa sajakah keunikan dan keanehan tanaman yang dimaksud? Ini diantaranya jenis-jenis tanaman paling aneh dan langka di dunia yang patut Anda ketahui.

1. Hydnora africana
fff
Hydnora africana
Hydnora africana merupakan tanaman parasit asli achlorophyllous di Afrika selatan yang masih berkerabat dengan anggota keluarga Euphorbiaceae. Tanaman ini tumbuh di bawah tanah, kecuali bunganya yang muncul di atas tanah dan memancarkan bau menyengat untuk menarik kumbang bangkai, dan kumbang kotoran sebagai penyerbuk alami. Selain bau menyengat, bunganya juga bertindak sebagai perangkap sementara, yaitu mempertahankan kumbang yang masuk mengambil serbuk sari terperangkap lama di dalamnya. Tanaman ini tidak hanya menarik, memiliki bentuk seperti ular yang membuka rahang nya. Baunya seperti kotoran, mereka menempel pada akar spesies lain.

2. Welwitschia Mirabilis
Welwitschia mirabilis0425
By Nanosanchez (Own work), via Wikimedia Commons
Ini adalah gymnosperm genus monotypic, terdiri semata-mata mirabilis Welwitschia sangat berbeda. Pada umumnya tanaman ini dikenal hanya sebagai Welwitschia, dan memiliki berbagai nama-nama umum dalam bahasa lokal, misalnya kharos atau khurub di Nama, tweeblaarkanniedood di Afrika, nyanka di Damara, dan onyanga di Herero. Welwitschia merupakan satu-satunya genus dari keluarga Welwitschiaceae dan ketertiban Welwitschiales, di divisi Gnetophyta. Sumber informal biasanya merujuk ke pabrik sebagai "fosil hidup". Mirabilis Welwitschia endemik gurun Namib dalam Namibia dan Angola. Sepintas, tanaman gurun ini terlihat seperti itu datang langsung dari zaman purbakala. Dua daun tumbuh dari batang pendek tebal, pemisahan dari waktu ke waktu menjadi beberapa bagian berbentuk tali. Daun bisa mencapai dua belas meter panjangnya. Tanaman ini dianggap fosil hidup dan dapat hidup hingga 2000 tahun.

3. Raflesia Arnoldi
Rafflesia arnoldi 2013-12-31 21-48
By User:Rendra Regen Rais (Own work), via Wikimedia Commons
Sejenis tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, juga sebagai bunga terbesar di dunia. Pada umumnya mereka tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana) Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis. Tumbuhan ini endemik Pulau Sumatera, terutama bagian selatan yaitu Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan. Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan daerah konservasi utama spesies ini. Jenis ini, bersama-sama dengan anggota genus Rafflesia yang lainnya, terancam statusnya akibat penggundulan hutan yang dahsyat. Di Pulau Jawa tumbuh hanya satu jenis patma parasit, Rafflesia patma.

4. Flypaper Plant (Pinguicula gigantea)
Pinguicula gigantea ne
By Photograph by: Noah Elhardt (Own work), via Wikimedia Commons
Ini adalah spesies tropis tanaman karnivora dalam keluarga Lentibulariaceae. Flypaper Plant merupakan tumbuhan asli dari Meksiko. Bunganya berwarna ungu dengan biru muda juga kadang terlihat. Flypaper pernah diklasifikasikan sebagai Pinguicula ayutla. Mereka memiliki bentuk yang berbeda, seperti bentuk 'bunga putih' atau 'bunga biru'. Pinguicula gigantea, juga dikenal sebagai tanaman kertas terbang akan menangkap apa pun yang mendarat di daun mereka dan mulai mencernanya. Permukaan atas ditutupi oleh enzim pencernaan untuk membuat korban lengket, sebagai perangkap nyamuk dan serangga, tetapi juga dapat menyerap nutrisi dari serbuk sari.

5. Cycad (Encephalartos woodii)
Encephalartos woodii (1)
Di Andrew massyn (Opera propria), attraverso Wikimedia Commons
Cycad atau yang lazim kita sebut Sikas, merupakan salah satu jenis tanaman paling langka di dunia. Mereka adalah jenis tumbuhan berbiji yang primitif, hidup di daerah tropis dan subtropis. Dengan ciri-ciri seperti sawit tinggi berwarna gelap, daun mengkilap, hanya ditemukan di lereng selatan yang menghadap Ngoye tunggal di pinggir hutan di Afrika Selatan. Sikas bervariasi dalam ukuran. Mereka biasanya tumbuh sangat lambat dan hidup sangat lama, beberapa spesimen diketahui dapat hidup selama 1.000 tahun.

Ini Jenis-Jenis Tanaman Paling Aneh dan Langka di DuniaTitle : Ini Jenis-Jenis Tanaman Paling Aneh dan Langka di Dunia ~ UniksPos
Description : Pada umumnya tanaman 'sengaja' ditanam, sementara tumbuhan yaitu organisme yang muncul atau tumbuh di permukaan bumi. Di berbagai p...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews