5.23.2014

5 Akuarium Terunik dan Menakjubkan di Dunia

5 Akuarium Terunik dan Menakjubkan di Dunia -
UniksPos -
Akuarium adalah sebuah vivarium yang umumnya ditempatkan di sebuah tempat dengan sisi yang transparan, di dalamnya terdapat satwa dan tumbuhan air ditampung, dan digunakan untuk display publik. Dari sejumlah akuarium yang ada di berbagai penjuru dunia ini, beberapa diantaranya ada yang dianggap paling spektakuler. Akuarium apa saja yang dimaksud? ini lima akuarium unik dan menakjubkan di dunia yang mungkin belum Anda ketahui. Mari kita simak bersama-sama!

1. Akuarium Churaumi, Okinawa
5 Akuarium Unik dan Spektakuler di Dunia
By Megapixie (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Akuarium Terbesar Kedua di Dunia, Churaumi Aquarium, bagian dari Ocean Expo Commemorative National Government Park, berlokasi di Motobu, Okinawa, Jepang. Berkapasitas 7.500 meter persegi (1.981.290) air laut. Satu dari beberapa tempat dimana para pengunjung dapat melihat variasi yang menakjubkan dari makhluk-makhluk laut seperti hiu berukuran raksasa. Akuarium ini menghadirkan kehidupan biologi laut di terumbu karang, laut dalam, dan arus Kuroshio yang mengalir melintasi Kepulauan Jepang. 

2. Dubai Aquarium di Dubai Mall
Dubai Mall
By Øyvind Kvamme-Vik (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Dubai, The Impossible City ini punya satu atraksi menarik yang terlalu sayang jika dilewatkan begitu saja. Kota ini punya akuarium dalam mal yang disebut sebagai yang terbesar di dunia. Wah keren! The Dubai Mall di Dubai, Uni Emirat Arab, adalah mal terbesar di dunia. Tidak hanya malnya saja, tapi ada pula yang terbesar lainnya di sana, salah satunya akuarium dalam mal terbesar di dunia. Stingrays (ikan pari) sedang berenang di dalam Akuarium Dubai di Dubai Mall. Mempunyai luas sama dengan 50 X lapangan bola. The Dubai Aquarium - luas, menghibur, dan didesain dengan sempurna. Terdiri dari tiga deck dan terowongan kaca yang menunjukan keeksotisan kehidupan bawah air. 

3. Akuarium Georgia, Atlanta
Male whale shark at Georgia Aquarium
Georgia Aquarium, merupakan rumah bagi 120 ribu hewan yang mewakili 500 spesies. Di area seluas 12 ribu kaki persegi pengunjung dapat menyaksikan 60 habitat hewan. Akuarium terbesar di dunia yang terletak di Atlanta. Sebuah rumah yang menakjubkan bagi lenih dari 100.000 hewan-hewan dan 500 spesies laut yang berbeda. Dengan kapasitas 8,1 juta galon (31.000 meter persegi) air laut yang segar. Akuarium raksasa terdiri dari lima galeri  terpisah yaitu Georgia Explorer, Tropical Diver, Ocean Voyager, Cold-Water Quest dan River Scout. Di sini pengunjung dapat menyaksikan beragam populasi hewan termasuk ikan paus, hiu, penguin, berang-berang, belut listrik, kuda laut, bintang laut, kepiting dan berbagai ikan dari semua ukuran. Jika berkunjung ke Atlanta Georgia tak lengkap rasanya bila belum mampir dan menyaksikan kemegahan akuarium terbesar di dunia. 

4. UShaka Marine World
UShaka Dolphin show
By Amada44 (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Akuarium terbesar di Afrika - UShaka Marine World, berlokasi di sepanjang dataran antara batas pemukiman pantai dan pelabuhan di Durban. KwaZulu-Natal, Afrika Selatan yaitu sebuah taman hiburan yang menawan dan selain itu juga sebagai akuarium terbesar ke-5 dengan 32 tanki air. Hewan-hewan laut yang bisa ditemukan dari kuda laut yang kecil sampai hiu dan lumba-lumba. Akurium tersebut sengaja didesain agar terlihat seperti bagian kabin kapal yang karam. Akuarium ini berbentuk seperti rangka perahu yang sudah tenggelam. Di sana, hidup aneka biota laut dari 7 samudera. Masing-masing memiliki areanya sendiri sehingga pengunjung bisa melihat sendiri biota apa saja yang endemik di kawasannya.

Setidaknya, ada panel sepanjang 500 meter yang bisa dijadikan media para wisatawan untuk menikmati hewan laut tersebut. Tidak hanya melihat-lihat saja, namun pengunjung bisa juga menikmati cerita dari tema Phantom Ship yang dibuat mengelilingi akuarium. Akuarium ini tidak saja bisa dinikmati dari bawah, dengan melihat panel-panelnya, tapi juga dari atas. Dari sana, terlihat kolam-kolam terbuka dengan ampitheatre di sekelilingnya. Pengunjung pun bisa menikmati aneka atraksi seperti lumba-lumba atau anjing laut.

5. AquaDom, Radisson Hotel Aquarium
AquaDom, Jerman
AquaDom, Radisson Hotel Aquarium
AquaDom di Berlin Jerman adalah akuarium setinggi 25 meter dibuat dengan bahan kaca akrilik dengan bentuk silinder yang di buat trasnparant. Lokasinya terletak di Hotel Radisson Blu di Berlin-Mitte. Kompleks DomAquarée juga berisi sebuah hotel, kantor, restoran, dan Sea-Life Center. AquaDom ini resmi dibuka pada tahun 2004 dengan menghabiskan dana sebesar 12,8 juta euro. Pembangunan keseluruhan akuarium ini dirancang dan dibangun oleh International Concept Management, Inc. 

Silinder akrilik sendiri didatangkan dari AS yang diproduksi oleh perusahaan Reynolds Polymer Technology. Sekarang AquaDom menjadi daya tarik utama dari Sea Life Centre di Berlin. Silinder luar dibuat sebanyak empat lapis. Silinder dalam lift itu dibangun dalam satu AquaDom adalah akuarium terbesar silinder akrilik di dunia dengan diameter sekitar 11 meter dibangun di atas pondasi setinggi 9 meter. Dipenuhi dengan 1.000.000 liter air mengandung lebih dari 1.500 ikan dari 50 spesies. Memberi makan ikan dan pembersihan tangki ikan dilakukan setiap hari oleh penyelam sebanyak 3 hingga 4 kali. Ikan-ikan tersebut menghabiskan 8 kilogram makanan ikan setiap harinya.

5 Akuarium Terunik dan Menakjubkan di DuniaTitle : 5 Akuarium Terunik dan Menakjubkan di Dunia ~ UniksPos
Description : Akuarium adalah sebuah vivarium yang umumnya ditempatkan di sebuah tempat dengan sisi yang transparan, di dalamnya terdapat satwa dan tumbu...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews