5.12.2014

10 Spesies Hewan Paling Cerdas di Bumi

10 Spesies Hewan Paling Cerdas di Bumi -
UniksPos -
Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna, tentu dibekali dengan akal serta pikiran yang hidup dan maju sehingga manusia bisa mengelola bumi ini. Karenanya tak salah jika kemudian mengatakan bahwa manusia adalah makhluk tercerdas dan terpintar di dunia. Namun jika bicara mengenai kecerdasan, rupanya bukan manusia saja yang dibekali kecerdasan. Ternyata binatang juga dibekali dengan kecerdasan oleh sang pencipta.
10 Spesies Hewan Paling Cerdas di Bumi

Meski bersifat naluriah, namun kecerdasan-kecerdasan binatang ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Dan berdasarkan suatu penelitian independen, ada beberapa spesies binatang yang dianggap paling cerdas menurut para ahli. Sebetulnya penentuan tingkat kecerdasan binatang ini didasarkan pada perilaku serta pola berfikir binatang tersebut. Berikut ini ada 10 spesies hewan tercerdas di muka bumi. Mari kita simak bersama-sama.

1. Simpanse
Simpanse adalah salah satu dari jenis primata tidak berekor. Hewan yang sering dijadikan sebagai artis hollywood ini memiliki otak yang hampir sama dengan manusia. Hewan ini bisa bersosialisasi dengan sesama, bahkan berorganisasi. Mereka adalah makhluk yang menunjukkan aktivitas menyerupai manusia purba. Mereka dapat membuat tombak untuk berburu kelinci dalam lubang, memetik buah dengan galah, memecahkan kacang dengan batu, dan bahkan memancing ikan dengan cabang pohon.

2. Lumba-lumba Hidung Botol
Ini adalah spesies lumba-lumba yang paling umum dan paling dikenal orang. Habitatnya berada di perairan hangat di seluruh dunia dan dapat ditemui di hampir seluruh perairan kecuali Samudra Arktik dan Samudra Selatan. Dari semua spesies lumba-lumba, mereka inilah yang memiliki kecerdasan paling tinggi, Lumba-lumba ini bisa mengetahui berbagai jenis sonar bunyi yang dipancarkan di lautan lepas sehingga sering digunakan sebagai hewan pengintai angkatan laut, selain itu hewan ini juga memiliki kecenderungan komunikasi sosial yang tinggi bila dibandingkan dengan hewan lainnya.

3. Monyet Rhesus
Merupakan salah satu spesies monyet Dunia Lama yang paling terkenal. Monyet ini banyak terdapat di Afganistan hingga ke India utara dan Tiongkok selatan. Monyet rhesus dikenal di dunia ilmu pengetahuan karena mereka mudah dipelihara di penangkaran dan telah banyak dimanfaatkan dalam penelitian medis dan biologis. Hewan ini memiliki pola pikir dan daya ingat yang hebat, Selain memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, Monyet Rhesus juga memiliki kecenderungan psikologis yang mirip dengan manusia.

4. Gajah
Jenis mamalia besar dari familia Elephantidae dan ordo Proboscidea. Secara tradisional, terdapat dua spesies yang diakui, yaitu gajah afrika (Loxodonta africana) dan gajah asia (Elephas maximus), walaupun beberapa bukti menunjukkan bahwa gajah semak afrika dan gajah hutan afrika merupakan spesies yang berbeda (L. africana dan L. cyclotis). Hewan ini memiliki volume otak yang terbesar bila dibandingkan dengan semua hewan yang ada di bumi ini. Gajah memiliki indra penciuman serta daya ingat memori yang luar biasa. Uniknya, gajah bisa menghafal objek suatu benda yang dilihatnya, bahkan kemudian bisa melukiskannya. Kecerdasan hewan ini membuat gajah sering dipakai sebagai subyek pertunjukan di sirkus.

5. Kakatua Abu-abu Afrika
Burung kakaktua memang merupakan salah satu jenis burung yang dapat dilatih untuk berbicara. Namun diantara burung kakaktua ini ada jenis yang dikatakan kakaktua terpintar,  yaitu kakaktua abu-abu afrika. Kakaktua ini sangat pandai berbicara dan dipercaya dapat menghafal banyak kata melebihi jenis kakaktua lainnya. Bahkan penelitian di Amerika membuktikan burung ini benar-benar bisa bicara. Hewan ini bisa menirukan suara manusia secara lafal dan bunyi. Selain itu, hewan ini juga bisa menghafalkan beberapa pola kalimat serta memahami beberapa kata singkat yang sering diucapkan oleh manusia.

6. Gurita
Hewan moluska dari kelas Cephalopoda, ordo Octopoda dengan terumbu karang di samudra sebagai habitat utama. Gurita terdiri dari 289 spesies yang mencakup sepertiga dari total spesies kelas Cephalopoda. Hewan laut ini memiliki sensor syaraf yang luar biasa yang memungkinkan dirinya untuk dapat berfikir secara sepat. Selain itu, mereka bisa mengerti bagaimana caranya untuk membuka botol dengan memutar tutupnya, dan bukan dengan menarik tutup botol.

7. Anjing Border Collie
Diantara semua jenis anjing yang berasal dari kegunaannya sebagai anjing gembala ataupun penggiring ternak, Border Collie termasuk ke salah satu jenis yang masih memiliki insting sangat kuat. Jika anjing gembala jenis lainnya bekerja dengan berlari kesana kemari, menggonggong dan menggigit domba yang keluar dari kelompoknya, sedangkan Border Collie bekerja dengan sebagian besar waktunya memperhatikan dari jarak yang tidak dekat, bukan dengan menggonggong melainkan dengan pandangan mata yang menakutkan agar domba-domba tetap berada dalam kelompoknya selama digembalakan. Selain itu, anjing ini bisa dengan mudah memahami dan menirukan pola hidup manusia dan bahkan sering digunakan sebagai hewan tim penolong yang biasanya ditugaskan di daerah pegunungan.

8. Gagak
Merupakan anggota burung pengicau yang termasuk dalam marga Corvus, suku Corvidae. Hampir semua jenis burung ini berukuran relatif besar dan berwarna dominan hitam. Bagi banyak orang, gagak mungkin hanyalah burung biasa yang tak mempunyai keistimewaan apa-apa, namun ternyata gagak mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Burung gagak bisa mengetahui pola dan irama kedatangan manusia dengan memperkirakan waktunya. Bahkan gagak bisa membuat pisau sederhana dari rerumputan yang keras yang kemudian digunakan untuk memetik buah.

9. Tikus
Jenis mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Tikus memang memiliki kecerdasan yang mengagumkan. Hewan ini memiliki pola psikologi yang hampir sama dengan manusia. Mereka bisa merasa senang, sedih, kecewa, dan sebagainya. Hewan ini bisa mengenali berbagai jenis makanan dari bentuk dan baunya.

10. Laba-Laba Pelompat
Portia labiata adalah laba-laba pelompat keluarga Salticidae yang ditemukan di Sri Lanka, India, Burma (Myanmar), Malaysia, Singapura, Jawa, Sumatra dan Filipina. Laba-laba ini memiliki ciri-ciri bagian depan orange-coklat dan bagian belakang kecoklatan. Mata utama mencolok memberikan kemampuan yang lebih akut daripada mata kucing di siang hari dan 10 kali lebih akut daripada mata capung, hal ini sangat penting dalam navigasi dan berburu. Hewan ini memang sangat intelligent. Berdasarkan peneliatian, laba-laba pelompat bisa mengenali secara obyektif target mangsa yang diberikan. Selain itu, mereka juga bisa menghafalkan ritme target mangsa secara tepat. Tak heran jika hewan ini disebut sebagai serangga terpintar.

10 Spesies Hewan Paling Cerdas di BumiTitle : 10 Spesies Hewan Paling Cerdas di Bumi ~ UniksPos
Description : Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna, tentu dibekali dengan akal serta pikiran yang hidup dan maju sehingga manusia bisa mengelola ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews