5.24.2014

5 Gurun Terunik Terindah dan Menakjubkan di Dunia

5 Gurun Terunik Terindah dan Menakjubkan di Dunia -
UniksPos -
Gurun pasir juga disebut padang pasir, pahala, ganjaran, adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit, kurang dari 250 milimeter per tahun. Gurun dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan. Jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah hal ini mungkin benar. Namun, gurun juga sering kali memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi. Kurang lebih sepertiga wilayah bumi adalah berbentuk gurun. Dari berbagai gurun pasir yang ada di berbagai penjuru dunia ini, ternyata ada gurun pasir yang dianggap terindah. Tak sebatas itu saja, tapi juga menakjubkan. Berikut ini 5 gurun terunik, terindah dan menakjubkan di dunia. Mari kita simak bersama-sama!

1. Salar De Uyuni, Bolivia
5 Gurun Terunik Terindah dan Menakjubkan di Dunia
Salar De Uyuni, Bolivia
Disebut juga sebagai Salar de Tunupa yaitu dataran garam terluas di dunia. Salar de Uyuni terletak di Departemen Potosi dan Oruro, Bolivia bagian tenggara, dekat puncak Andes, pada ketinggian 3650 meter. Ini merupakan gurun garam, karena gurun ini dipenuhi dengan garam hasil kristalisasi. Diperkirakan, Salar de Uyuni mengandung 10 miliar ton garam, dan kurang dari sekitar 25.000 ton garam diperoleh tiap tahun. Setiap bulan November, Salar de Uyuni menjadi daerah hunian bagi 3 spesies burung flamingo di Amerika Selatan: burung flamingo chili, andes, dan James. Salar de Uyuni adalah daerah tujuan wisata terkenal. Danau garam yang mengering ini menjadi salah satu keajaiban alam paling indah. Salar de Uyuni adalah kerak garam di permukaan bumi, yang mengandung cadangan besar lithium. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat musim hujan. Hal itu dikarenakan permukaan danau secara keseluruhan membentuk cermin bening.

2. Taklamakan, Asia Tengah
5 Gurun Terunik Terindah dan Menakjubkan di Dunia
By Emilfaro at en.wikipedia (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Gurun yang juga disebut Taklamakan dan Taklimakan, adalah gurun di Asia Tengah, lebih tepatnya di Republik Rakyat Tiongkok. Gurun ini berbatasan dengan Pegunungan Kunlun di selatan dan Pegunungan Pamir dan Tian Shan di barat dan utara. Ini adalah gurun pasir unik yang dilapisi oleh salju. Pada 2008 silam, sesuatu yang unik terjadi di Taklamakan, yakni ketika turun salju hebat dengan temperatur paling rendah selama 11 hari. Padahal salju sangat jarang sekali turun di kawasan Taklamakan, akan tetapi saat itu salju bahkan menutupi gurun seluas 337.600 kilometer persegi hingga akhirnya menutupi seluruh kawasan gurun.

3. Lencois Maranhenses, Brazil
Lencois Maranhenses 5
By cigh_66 (Rio preguiça) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Terletak di negara bagian Maranhão, di timur laut Brazil, di timur Baia de São José. Lençóis Maranhenses National Park adalah daerah rendah, dataran tanah dan bukit berpasir putih yang kadang-kadang banjir. Ini meliputi sekitar 1.500 kilometer persegi, dan meskipun hujan berlimpah, tapi hampir tidak ada vegetasi. Taman ini dibuat pada tanggal 2 Juni 1981. Gurun pasir dengan laguna yang indah.

4. Farafra, Mesir
El Alaska egipcio
By Silviapef (originally posted to Flickr as El Alaska egipcio) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Gurun pasir biasanya berwarna krem, tapi ada yang beda saat Anda datang ke Kota Farafra di Mesir. Percaya tak percaya, di sana terdapat gurun pasir yang terlihat berwarna putih. Warna putih dari gurun tersebut berasal dari gugusan batu kapur. Bebatuan kapur di sana membentang sepanjang 20 kilometer dan berwarna putih, sehingga gurun pasirnya pun terlihat putih bersih! Tak hanya itu, bentuk-bentuk bebatuan kapurnya pun sungguh aneh. Bentuk-bentuk aneh pada bebatuannya diyakini sudah terjadi berabad-abad akibat erosi dan badai. Ada yang berbentuk jamur hingga berbentuk es krim. bentuk batu yang aneh dan warna putihnya, jadi daya tarik traveler untuk menjelajahi gurun pasir putih ini.

5. Atacama, Chile
Sonnenuntergang im Salar de Atacama
By Simon Prisner (owm photo) [Public domain], via Wikimedia Commons
Merupakan dataran tinggi yang ada di Amerika Selatan, meliputi sebidang tanah seluas 600-mil di pantai Pasifik Amerika Selatan, sebelah barat pegunungan Andes. Gurun ini berada 610 meter di atas permukaan laut dan merupakan gurun terkering yang dikenal di dunia. Gurun unik yang memiliki luas 105.000 kilometer persegi ini terbentuk oleh danau garam, aliran lava dan pasir. Diperkirakan curah hujan rata-rata hanya 1 milimeter setiap tahunnya, bahkan hampir tidak terjadi hujan sekalipun. Saking keringnya, puncak tertingginya saja 6.500 meter yang bahkan tidak memiliki glasier. Adapun keunikan lainnya adalah meskipun kering, namun gurun Atacama paling asri, penuh dengan bunga-bunga indah. Mungkin hal ini sulit dipercaya.

5 Gurun Terunik Terindah dan Menakjubkan di DuniaTitle : 5 Gurun Terunik Terindah dan Menakjubkan di Dunia ~ UniksPos
Description : Gurun pasir juga disebut padang pasir, pahala, ganjaran, adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit, kurang dari 250 milime...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews