5.19.2014

Spesies Hewan Punah yang Ditemukan Kembali

Spesies Hewan Punah yang Ditemukan Kembali -
UniksPos -
Dalam sejarah panjang kehidupan makhluk hidup di muka bumi, sudah banyak sekali hewan yang telah punah. Namun, rupanya ada beberapa spesies hewan yang dinyatakan punah tapi ditemukan kembali baik secara tidak sengaja maupun lewat penelusuran oleh peneliti yang memang sedang melakukan riset dengan misi menemukan kembali spesies hewan yang telah dinyatakan punah.
Spesies Hewan Punah yang Ditemukan Kembali
By Margo226 (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Hewan-hewan ini memang sangat unik. Berikut ada lima spesies hewan yang dinyatakan telah punah namun akhirnya berhasil ditemukan kembali. Mari kita simak bersama-sama!

1. New Caledonian Crested Gecko
Gecko (2010)
By Margo226 (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Tokek jambul awalnya digambarkan pada tahun 1866 dan takut lama punah, gecko yang tidak biasa ini ditemukan kembali pada tahun 1994 sebagai akibat badai tropis. New Caledonian crested gecko adalah spesies tokek asli Kaledonia Baru selatan. Fitur yang paling aneh adalah rambut seperti proyeksi ditemukan di atas mata dan sebuah puncak yang membentang dari masing-masing mata ke ekor. Thespecies saat ini sedang dinilai untuk perlindungan CITES dan status terancam.

2. Lord Howe Island stick insect
Lord Howe Island stick insect Dryococelus australis 10June2011 PalmNursery
By Granitethighs (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Dryococelus australis, kadang-kadang disebut sebagai “udang tanah” atau “sosis berjalan,” the Lord Howe stick adalah serangga yang dianggap paling langka di dunia serangga. Punah sejak 1930 setelah menghapus satu-satunya yang diketahui habitat asli di Pulau Lord Howe, serangga yang besar ditemukan kembali pada 2001 ketika kurang dari 30 individu yang ditemukan hidup di bawah semak-semak di satu pulau kecil dari Bola Piramid, daerah tertinggi dan paling terpencil laut stack.

3. Monito del Monte
Monito del Monte ps6
By José Luis Bartheld from Valdivia, Chile, via Wikimedia Commons
Monito del Monte adalah luar biasa ajaib, bertubuh kecil berkantung yang diyakini telah punah selama 11 juta tahun hingga satu ditemukan di rumpun bambu Chili di selatan Andes. Makhluk yang lebih erat kaitannya dengan marsupial Australia daripada Amerika Selatan yang lain, dan kemungkinan berkaitan dengan marsupial Australia yang dikenal paling awal yang hidup 55 juta tahun yang lalu.

4. Takahe
Takahe Te Anau 1
By Harald Selke (Flickr: Takahe), via Wikimedia Commons
Merupakan burung yang tidak bisa terbang asli Selandia Baru dari keluarga Rallidae. Takahe adalah pribumi burung terbang ke Selandia Baru dianggap punah setelah empat diketahui spesimen terakhir yang diambil pada 1898. Namun, setelah upaya pencarian direncanakan dengan hati-hati, burung itu ditemukan kembali pada tahun 1948 di dekat Danau Anau. Ini sangat langka, burung aneh tetap terancam hari ini, dengan hanya 225 individu yang tersisa.

5. Cuban Solenodon
Dixi-Solenodon cubanus
By Monika Betley (Grafika:Almik kubanski1.png), via Wikimedia Commons
Disebut juga sebagai Almiqui di Kuba, adalah soricomorph yang endemik pada Kuba. Spesies ini masuk kedalam famili Solenodontidae bersama spesies lainnya yang mirip, Solenodon Hispaniola. Ini makhluk aneh yang tampak begitu langka yang hanya 37 spesimen yang pernah ditangkap. Pada awalnya ditemukan pada tahun 1861, tetapi tidak ada individu yang ditemukan 1890-1974. Biasa di antara mamalia dalam bahwa air liur berbisa, Solenodon Kuba terlihat paling baru pada tahun 2003, sebuah peristiwa sehingga merayakan bahwa individu diberi nama: Alejandrito.

Spesies Hewan Punah yang Ditemukan KembaliTitle : Spesies Hewan Punah yang Ditemukan Kembali ~ UniksPos
Description : Dalam sejarah panjang kehidupan makhluk hidup di muka bumi, sudah banyak sekali hewan yang telah punah. Namun, rupanya ada beberapa spesies...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews