9.09.2014

Wat Rong Khun, Kuil Unik dan Spektakuler di Chiang Rai Thailand

Wat Rong Khun, Kuil Unik dan Spektakuler di Chiang Rai Thailand -
UniksPos -
Wat Rong Khun atau yang lebih dikenal di kalangan orang asing sebagai Kuil Putih, adalah candi Buddha konvensional kontemporer di provinsi Chiang Rai, Thailand. Kuil ini dirancang oleh Chalermchai Kositpipat pada tahun 1997. Wat Rong Khun sepenuhnya berwarna putih, untuk melambangkan kemurnian Sang Buddha, dan cermin yang digunakan untuk menandakan kearifan yang "bersinar terang di seluruh bumi dan alam semesta."
Wat Rong Khun - Chiang Rai
By JJ Harrison (jjharrison89@facebook.com) (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Bored Panda melaporkan, pada 5 Mei 2014, candi ini rusak berat akibat gempa di Mae Lao yang melanda provinsi ini. Untunglah sebagian besar bangunan kuil masih selamat. Dilaporkan Bored Panda, Kositpipat berniat untuk merenovasi kuil tersebut. Sementara itu sampai saat ini para wisatawan hanya boleh menikmati keindahan kuil dari luar sampai proses renovasi selesai. Bangunan galeri akan dibuka dalam beberapa hari. Tapi untuk beberapa bangunan, pengunjung hanya diizinkan untuk mengambil gambar dari luar.

Kuil unik ini terkenal karena gaya arsitekturnya yang aneh, bernuansa surealis yang bercampur dengan detail arsitektur tradisional Thailand. Kuil yang berwarna serba putih dan dipenuhi patung dengan detail ukiran rumit ini bagi banyak orang menimbulkan kesan megah namun juga menakutkan di saat yang bersamaan. Tapi mungkin hal yang paling menarik tentang candi yang unik ini adalah karya seni interiornya. Citra yang dicat berwarna emas menggambarkan hewan suci dan pesawat ruang angkasa.

Selain itu, masih ada simbolis unik pada bangunan kuil ini, yakni bagian dimana ada sekumpulan tangan yang menggapai-gapai keatas yang merupakan gambaran siksa neraka, ada pula kolam yang berisi keindahan ikan simbol dari kedamaian surga. Ketika berkunjung kesini ada aturan yang sebaiknya Anda patuhi, yakni jangan berbaik arah atau berjalan mundur. Ini merupakan simbol bahwa kehidupan harus terus melangkah kedepan.

Wat Rong Khun dirancang pada tahun 1997 oleh pelukis terkenal Thailand, Chalermchai Kositpipat. Bangunan utamanya dicat serba putih untuk menggambarkan kesucian Buddha. Meski demikian keseluruhan kompleks bangunan kuil dirancang dengan tema kehancuran dan kekacauan. Karena itulah di seluruh kompleks ditemui banyak patung setan, tengkorak, dan kepala terpenggal yang tergantung di pepohonan.

Simbol kehancuran sendiri ditampilkan dalam wujud bangunan dan patung-patung di depannya yang disertai dengan ukiran bara api berwarna putih yang rumit dan indah. Anehnya lagi, jika memasuki bagian dalam bangunan utama kuil, Anda tidak akan menemukan lukisan bertema Buddha. Sebab di dalamnya terdapat berbagai lukisan ikon budaya populer seperti Superman, Ultraman, Neo dari The Matrix, dan Predator yang dilukis dengan warna-warni yang mencolok.

Sepertinya Kositpipat lebih memilih superhero dalam budaya modern untuk menggambarkan pertarungan antara baik dan jahat daripada menampilkan tokoh-tokoh terkenal dalam sejarah agama Buddha. Kiamat sendiri digambarkan seperti adegan kiamat yang ditampilkan dalam film-film fiksi ilmiah buatan Hollywood.

Wat Rong Khun, Kuil Unik dan Spektakuler di Chiang Rai ThailandTitle : Wat Rong Khun, Kuil Unik dan Spektakuler di Chiang Rai Thailand ~ UniksPos
Description : Wat Rong Khun  atau yang lebih dikenal di kalangan orang asing sebagai Kuil Putih, adalah candi Buddha konvensional kontemporer di provinsi...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|