9.20.2014

10 Laut Terdalam di Bumi

10 Laut Terdalam di Bumi -
UniksPos -
Laut merupakan kumpulan air asin yang luas dan berkaitan dengan samudra. Laut adalah kumpulan air asin yang sangat banyak dan luas di permukaan bumi yang memisahkan atau menghubungkan suatu benua dengan benua lainnya dan suatu pulau dengan pulau lainnya. Air laut, menurut Wikipedia adalah campuran dari 96,5% air murni dan 3,5% material lainnya seperti garam, gas-gas terlarut, bahan-bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut. Sifat-sifat fisis utama air laut ditentukan oleh 96,5% air murni. karbon dioksida. Keasaman air inilah yang menyebabkan tingginya pelapukan dan menyebabkan laut menjadi asin seperti saat ini. Dulu, gelombang tsunami kerap terjadi karena seringnya asteroid menghantam Bumi.
10 Laut Terdalam di Bumi
Ombak di Pantai
Pasang surut laut yang terjadi pada saat itu juga bertipe mamut atau sangat tinggi/besar karena jarak Bulan yang begitu dekat dengan Bumi. Lautan yang terdapat di bumi lebih luas dari pada daratan, setiap lautan berbeda karakteristik dan kedalaman. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, 10 laut terdalam di bumi.

1. Laut Hitam
Laut Hitam adalah sebuah laut dalam antara Eropa tenggara dan Asia Kecil. Dia terhubungkan dengan Laut Tengah oleh Bosporus dan Laut Marmara, dan Laut Azov oleh Selat Kerch. Ada masukan air laut melalui Bosporus, 200km³ per tahun. Laut Hitam memiliki kedalaman rata-rata mencapai 1.190 meter. Laut Hitam melingkupi area dengan luas 436.400 kilometer persegi (tidak termasuk Laut Azov.) Laut Hitam berupa cekungan meromictic terbesar di dunia. Cekungan ini adalah salah satu tempat air yang sangat dalam dan lapisan air atas tidak pernah tercampur. Ada yang meyakini bahwa Laut Hitam merupakan danau air tawar yang terkurung di daratan selama zaman es karena sebagian arkeolog dapat menemukan cangkang siput air tawar dan juga berbagai macam struktur di kedalaman 100 meter.

2. Laut Tiongkok Selatan
Laut Tiongkok Selatan ialah laut tepi, bagian dari Samudra Pasifik, mencakup daerah dari Singapura ke Selat Taiwan 3.500.000 kilometer persegi. Ini merupakan badan laut terbesar setelah kelima samudera. Laut Tiongkok Selatan mempunyai kedalaman rata-rata mencapai 1.463 meter, dan merupakan bagian dari Samudera Pasifik. Disini terdapat hampir 200 buah pulau dan karang telah berhasil di data, dan kepulauan ini disebut sebagai Kepulauan Spratly. Kepulauan Spratly meliputi wilayah diantara 810 km dan 900 km. Pulau terbesar yang diyakini adalah kepulauan Taipin yang jaraknya mencapai 1,3 km. Bank Reed atau Tablemount Reed adalah sebuah gunung bawah laut di Laut Tiongkok Selatan dengan struktur terendam atol yang terbesar di dunia.

3. Laut Bering
Laut Bering adalah bagian dari Samudera Pasifik. Laut ini terdiri dari cekungan air yang dalam, yang kemudian naik melalui lereng sempit ke dalam air dangkal di atas benua Laut Bering, dipisahkan dari Teluk Alaska oleh Semenanjung Alaska. Kedalaman rata-rata mencapai 1.491 meter. Laut Bering dinamai setelah explorer Vitus Bering Denmark menjelajah laut pada tahun 1728. Terdapat 16 buah ngarai kapal selam di laut ini dan Zhemchug Canyon merupakan kapal selam terbesar. Beberapa spesies satwa yang menarik yang terdapat di Laut Bering adalah walrus, orca, Steller, singa laut, dan juga beruang kutub. Selain itu, terdapat juga spesies satwa punah di Laut Bering yaitu Paus Biru, Bowhead paus, Paus Bungkuk, Paus Pasifik Utara kanan, dan Paus Sei.

4. Laut Mediterania
Laut Tengah, kadangkala disebut Laut Mediterania adalah laut antarbenua terletak antara Eropa di utara, Afrika di selatan dan Asia di timur, mencakup wilayah seluas 2,5 juta kilometer persegi. Ini merupakan laut terdalam pada urutan ketujuh dengan kedalaman rata-rata mencapai 1.501 meter. Titik terdalamnya terdapat di Calypso Deep, sedalam 5.627 meter. Laut Mediterania berasal dari kata Latin "mediterraneus." yang berarti "di tengah bumi" atau berarti antara tanah. Dinamakan demikian karena Laut Mediterania berada di antara dua benua, yakni benua Afrika dan Eropa. Laut ini akan mudah dapat dikenali dari warna birunya yang mendalam.

5. Teluk Meksiko
Teluk Meksiko adalah bagian dari Laut Karibia yang dibatasi oleh Meksiko di sebelah barat dan selatan serta Amerika Serikat di sebelah utara dan barat. New Orleans dan Houston merupakan kota pelabuhan utama di teluk ini. Teluk ini mempunyai kedalaman rata-rata 1.614 meter. Fakta tentang Teluk Meksiko adalah Gulf Meksiko. Ini merupakan badan air kesembilan terbesar di dunia. Titik terdalamnya adalah 4.384 meter di "Sigsbee Deep", sebuah ngarai yang tidak teratur sepanjang lebih dari 560 km. Diperkirakan terbentuk kurang lebih 300 juta tahun lalu karena pergerakan tektonika lempeng. Bagian utama Teluk Meksiko adalah timur laut Teluk Meksiko, Teluk Meksiko Basin, Campeche Bank, Florida Selatan Landas Kontinen dan Lereng, Barat Teluk Meksiko, Teluk Campeche, dan Northwest Teluk Meksiko.

6. Laut Jepang
Laut Jepang juga dikenal sebagai Laut Timur, adalah laut tepi di sebelah barat Samudra Pasifik yang mempunyai ombak sedikit karena dikelilingi oleh daratan. Laut ini mempunyai kedalaman rata-rata 1.666 meter. Uniknya, laut jepang tidak mempunyai pasang surut laut, dan karakteristik laut ini sangat mirip dengan Laut Mediterania. Laut Jepang terhubung dengan laut lainnya dengan lima selat dangkal yaitu, Selat Tartary, Selat La Perouse, Selat Kanmon, Selat Tsugaru dan Selat Korea. Laut Timur memiliki tiga bagian utama, yaitu cekungan Tsushima, cekungan Yamato dan cekungan Jepang.

7. Laut Karibia
Laut Karibia adalah sebuah laut tropis bersebelahan dengan Samudra Atlantik dan tenggara Teluk Meksiko. Laut ini memiliki kedalaman rata-rata 2.575 meter, dan merupakan pecahan dari Samudra Atlantik. Beberapa fakta unik dan menarik mengenai Laut Karibia, yaitu laut ini memiliki kadar garam terbesar dengan luas mencapai 2.754.000 kilometer persegi. Cayman Way adalah titik terdalam dengan kedalaman mencapai 7.686 meter. Ada dua palung yang terdapat di Laut Karibia, yang terkenal yaitu Palung Hispaniola dan The Puerto Rico Trench.

8. Samudra Atlantik
Samudra Atlantik ialah samudra terbesar kedua di dunia, meliputi seperlima permukaan Bumi. Kata Atlantik berasal dari mitologi Yunani yang berarti "Laut Atlas". Samudera ini memiliki kedalaman rata-rata 3.575 meter. Beberapa fakta unik dan menarik seputar Samudera Atlantik yaitu lautan terbesar kedua yang memiliki luas 106.400 ribu kilometer persegi. Titik terdalamnya berada di Palung Puerto Rico yang memiliki kedalaman 8.605 meter. Samudra Atlantik merupakan lautan termuda kedua setelah Samudera Hindia yang berada diantara lautan utama di dunia.

9. Samudera Hindia
Samudra Hindia, juga disebut Samudra Indonesia atau Samudra India adalah laut terbesar ketiga di dunia, yang meliputi 20% permukaan air Bumi. Kedalaman rata-rata adalah 3.840 meter. Fakta unik dan menarik tentang Samudera Hindia yaitu jumlah volume dari Samudera Hindia adalah 292.13 ribu kilometer kubik. Lautan yang paling hangat di dunia adalah Samudra Hindia. Samudra Hindia merupakan laut muda diantara lautan utama yang lainnya di dunia.

10. Samudera Pasifik
Samudra Pasifik atau Lautan Teduh adalah kumpulan air terbesar di dunia. Ini mencakup kira-kira sepertiga permukaan Bumi, dengan luas mencapai 179,7 juta kilometer persegi. Samudera Pasifik merupakan lautan terdalam di bumi yang memiliki kedalaman rata-rata 3.939 meter. Beberapa fakta unik dan menarik seputar lautan Samudera Pasifik yaitu lautan terluas di dunia. Palung Mariana adalah titik terdalam di Samudera Pasifik yang berjarak 10.911 meter dari permukaan laut. Gunung Chains yang berada di dasar laut disebut sebagai rantai gunung bawah laut. Samudra Pasifik memiliki banyak rantai gunung bawah laut yang terbentuk oleh pusat vulkanik, yang terkenal dengan Cincin Api di Samudra Pasifik.

10 Laut Terdalam di BumiTitle : 10 Laut Terdalam di Bumi ~ UniksPos
Description : Laut merupakan kumpulan air asin yang luas dan berkaitan dengan samudra. Laut adalah kumpulan air asin yang sangat banyak dan luas di permu...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|