9.23.2014

Ini 7 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari bagi Kesehatan Tubuh

Ini 7 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi. Menurut Wikipedia, Air dapat berwujud padat (es), cairan (air) dan gas (uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan Bumi dalam ketiga wujudnya tersebut. Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Pada kondisi standar yaitu pada tekanan 100 kPa, dan pada suhu 0 °C; air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau. Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara 1 - 7 liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi, namun jumlah ini tergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya. Air putih merupakan salah satu minuman segar dan sangat menyehatkan bagi seluruh anggota tubuh. Karena faktanya, seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan.
Air putih di dalam gelas
Air putih di dalam gelas
Jika tubuh kekurangan cairan atau air putih dalam jangka waktu yang relatif lama, maka kita akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum). Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh. Selain mengganggu keseimbangan tubuh, pada tingkat yang sudah sangat berat, dehidrasi bisa pula berujung pada penurunan kesadaran, koma, bahkan bisa saja meninggal dunia. Haus adalah salah satu respon tubuh yang membutuhkan asupan cairan dalam waktu segera. Idealnya seseorang membutuhkan tujuh gelas air putih setiap hari. Apabila kebutuhan air putih tidak terpenuhi, maka akan mengakibatkan seseorang menjadi lebih cepat capek dan kurang produktif. Namun tahukah Anda, waktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih yaitu di pagi hari. Lantas, apa saja manfaat minum air putih di pagi hari bagi kesehatan tubuh? Berikut ini kami rangkum untuk Anda, 7 manfaat sehat minum air putih di pagi hari.

1. Awet muda
Meskipun Anda sudah tua, namun jika memiliki wajah kencang dan awet muda hidup terasa lebih percaya diri. Air putih adalah salah satu minuman sehat yang bermanfaat untuk membuat awet muda secara alami. Mengapa bisa demikian, karena minum air putih di pagi hari sangat efektif membuang dan membersihkan toksin yang berada di darah. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.

2. Menyehatkan usus besar
Usus besar atau kolon dalam anatomi adalah bagian usus antara usus buntu dan rektum. Fungsi utama organ ini adalah menyerap air dari kotoran. Usus besar merupakan salah satu organ di sistem pencernaan kita. Rutin minum air putih di pagi hari akan berdampak positif untuk kesehatan usus besar. Sehingga penyerapan nutrisi makanan dapat berjalan dengan baik pula.

3. Melancarkan buang air besar
Manusia dapat melakukan buang air besar beberapa kali dalam satu hari atau satu kali dalam beberapa hari. Tetapi bahkan dapat mengalami gangguan yaitu hingga hanya beberapa kali saja dalam satu minggu. Jika Anda mengalami sembelit atau susah air besar di pagi hari, cobalah minum air putih secara rutin di pagi hari. Hal ini bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar.

4. Menyehatkan ginjal
Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah. Tahukah Anda, mencukupi kebutuhan asupan air putih di pagi hari dapat membantu meringankan kerja organ ginjal juga menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.

5. Mengontrol berat badan
Memiliki berat badan yang ideal adalah salah satu impian bagi setiap orang. Bagi anda yang ingin menyesuaikan berat badan yang proporsional, maka mulailah mencukupi kebutuhan air putih di pagi hari.

6. Meremajakan otot dan sel darah
Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Sementara, sel darah adalah semua sel dalam segala bentuk yang secara normal ditemukan dalam darah. Untuk meremajakan otot dan sel darah salah satunya adalah dengan cara minum air putih. Karena minum air putih di pagi hari juga sangat bermanfaat dan penting untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh.

7. Menyeimbangkan sistem kelenjar getah bening
Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh. Jika sistem kelenjar getah bening dapat bekerja dengan maksimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat mengganggu kualitas kesehatan tubuh yang kita miliki.

Ini 7 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari bagi Kesehatan TubuhTitle : Ini 7 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi. Menurut Wikipedia , Air dapat berwujud ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|