9.09.2014

Wow! 10 Air Terjun Spektakuler di Dunia

Wow! 10 Air Terjun Spektakuler di Dunia -
UniksPos -
Air terjun merupakan sebuah formasi geologi dari arus yang mengalir melalui suatu formasi batuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat diartikan sebagai salah satu ciptaan Sang Maha Kuasa yang memberikan kehidupan bagi berbagai makhluk. Selain menjadi sumber penghidupan, air terjun juga selalu membuat kehidupan terasa lebih sejuk, segar dan tenang. Selain itu, air terjun juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Pahatan tebing dan batuan yang ada di sekitar air terjun kerap kali sangat unik sehingga membuatnya terlihat lebih indah. Air terjun ini, selain dijadikan obyek wisata alamnya, ada juga beberapa air terjun yang dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air karena memiliki kekuatan yang cukup besar atas aliran air yang dijatuhkannya. Berikut 10 air terjun paling menakjubkan di seluruh dunia yang perlu anda ketahui.

1. Angel Falls, Venezuela
Angel falls-distant view
By :en:User:(WT-en) Kebes [Public domain], via Wikimedia Commons
Terletak di Venezuela dan merupakan air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 979 meter. National Geographic meresmikannya sebagai air terjun tertinggi di dunia sejak 1949. Membayangkan kedahsyatan akan air terjun Niagara dengan tinggi 54 meter saja sudah luar biasa, apalagi dihadapkan dengan ketinggian air terjun Angel 979 meter ini. Pertama ditemukan oleh penjelajah bernama Ernesto de Santa Cruz di awal abad ke 20 yang pada saat itu belum terlalu mendunia hingga ditemukan kembali oleh penerbang asal Amerika, James Crawford Angel. James mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun untuk mencari tambang emas, namanya kemudian diabadikan sebagai nama air terjun ini, Angel Falls.

2. Yosemite Falls, Amerika Serikat

Yosemite Falls from bridge

By Intothewoods29 (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Air terjun Yosemite ialah salah satu air terjun tertinggi di Amerika Utara. Air terjun ini terletak di Taman Nasional Yosemite, Amerika Serikat. Air terjun Yosemite juga memiliki ketinggian yang tak kalah luar biasa dengan air terjun Angel. Yosemite ini menjatuhkan debit air dari ketinggian 739 meter. Air terjun ini menampilkan pemandangan yang dinamis dan spektakuler.

3. Puente de Dios Falls, Meksiko

Tamasopo

By Psau (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Berjarak dua mil dari utara kota, Puente de dios terletak di kota Tamosopo, Meksiko. Warna biru turquoise nya sangatlah indah, didukung dengan air terjun berjejer nan cantik serta pepohonan dan aneka ragam jenis tanaman yang menambah sejuknya daerah air terjun ini. Tidak hanya berenang saja, liburan anda juga akan semakin sempurna dengan mengekplorasi jurang dan gua bawah air yang melengkung di atas sungai Gallinas tersebut.

4. Huangguoshu Waterfall, China

Huangguoshu dapubu

By Mrspaceman at en.wikipedia (Transferred from en.wikipedia) [Public domain], from Wikimedia Commons
Huangguoshu Waterfall, adalah salah satu air terjun terbesar di Cina dan Asia Timur yang terletak di Sungai Baishui di Anshun, provinsi Guizhou.  Ini merupakan air terjun paling terkenal di China. Huangguoshu menjadi istimewa karena letaknya dikelilingi oleh tanaman hijau yang sangat luas. Huangguoshu memiliki lebar 81 meter dan tinggi 74 meter membuatnya menjadi air terjun paling besar di benua Asia.

5. Iguazu Falls, Perbatasan Brasil dan Argentina

Iguazu Falls with Rainbow

By Tabetabe (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Iguazu Falls terletak di Sungai Iguazu di Taman Nasional Iguazu, di perbatasan antara Brazil dan Argentina. Air terjun ini membelah sungai menjadi dua bagian yakni sungai atas dan sungai bawah sehingga air terjun terlihat seperti dua susun yang jarang ditemui di Amerika. Iguazu Falls mempunyai lebar keseluruhan 2,7 km. Air terjun utama terletak di kompleks Iguazu, sering disebut Devil’s Throat (juga dinamai “Garganta del Diablo” dalam bahasa Spanyol) , juga merupakan garis perbatasan antara kedua negara. Nama Iguazu sendiri diambil dari bahasa Portugis dan Spanyol dan pada tahun 2011, Iguazu dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.

6. Niagara Falls, Perbatasan Ontario dan Kanada

Niagara Falls Canadian Side03

By Share Bear (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Air terjun ini sangat terkenal bukan hanya karena lebarnya yang mampu menjatuhkan 6 juta kubik air per menit, tapi juga karena merupakan air terjun paling kuat yang ada di Amerika Utara. Terletak di tengah perbatasan antara Ontario dan Kanada, air terjun ini merupakan gabungan dari tiga air terjun yakni Horseshoe karena bentuknya yang mirip tapal kuda (kadang disebut dengan air terjun kanada), air terjun Amerika dan yang lebih kecil bernama air terjun Bridal Veil yang dipisahkan oleh sebuah pulau bernama Luna dari air terjun utamanya. Karena keindahan dan kemegahannya, air terjun ini mampu menarik jutaan orang dari berbagai belahan dunia untuk mengunjunginya tiap hari, hal ini tentu saja menambah pundi-pundi uang untuk devisa kedua negara tersebut. Air terjun maha megah ini akan dengan mudah membuat anda merasa kecil dan tidak ada apa-apanya dibanding ciptaan kekuasaan yang Maha Kuasa. Tampilan air terjun yang sangat mengesankan adalah ditinjau dari sisi Kanada dari Rainbow Bridge.

7. Triple Falls, Amerika Serikat

Triple Falls DuPont State Forest

By Gary Stevens from Asheville NC (Flickr) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
Tripple Falls adalah air terjun setinggi 38 meter yang terletak di DuPont State Forest, tenggara dari Brevard, North Carolina. Air terjun ini berada di kawasan Glacier National Park, Amerika Serikat. Taman ini memiliki luas 1 juta hektar yang juga mencakup dua bagian gunung di sub-pegunungan rocky, memiliki sedikitnya 130 jumlah danau, 1.000 spesies tanaman dan ratusan spesies hewan. Bentuknya sangat unik yakni tiga air terjun bias disaksikan langsung dalam satu pemandangan, inilah sebabnya mengapa air terjun ini dinamakan Triple Falls.

8. Victoria Falls, Zimbabwe

Victoria Falls

By Ferdinand Reus ([1]) [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Meskipun berpredikat sebagai salah satu negara termiskin di dunia, Zimbabwe tetap memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Victoria Falls, atau Mosi-oa-Tunya “asap menggelegar”, terletak di Afrika bagian selatan antara negara Zimbabwe dan Zambia. Air terjun ini dinamai setelah kedatangan Ratu Victoria pada tahun 1855 oleh David Livingstone, seorang penjelajah dari Skotlandia. Sebelumnya air terjun ini dinamai “The Mist That Thunders.” yang diambil dari tempat dalam Tujuh Keajaiban Alam Dunia. Meskipun bukan yang tertinggi ataupun yang terlebar di dunia, air terjun ini adalah salah satu yang terbesar dan paling menarik. Dengan lebar 1.708 meter dan tinggi dari 108 meter. Air terjun Victoria adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di dunia karena keindahannya yang menakjubkan. Memiliki lebar sepanjang satu mil atau 1,6 kilometer dengan ketinggian 128 meter, menjadikan Victoria sebagai salah satu air terjun paling spektakuler di dunia. Hingga saat ini, Victoria Falls National Park menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

9. Calf Creek Falls, Utah

Lower Calf Creek Falls (4080891798)

By Greg Willis from Denver, CO, usa (Lower Calf Creek FallsUploaded by russavia) [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Berbeda dengan air terjun kebanyakan yang warna tebingnya hijau dan basah karena ditumbuhi lumut, air terjun Calf Creek memiliki tebing berwarna cokelat yang tampak seperti tebing yang kering. Selain itu, air terjun ini juga dikenal sebagai air terjun abadi. Pembentukan geologi dominan di daerah ini adalah bentuk tebing batu pasir Navajo. Ketika melihat dinding ngarai, Anda dapat melihat krim khas untuk lapisan batu pasir berwarna merah terbentuk jutaan tahun yang lalu oleh bukit pasir kuno. Perubahan warna vertikal tercipta oleh air hujan yang mengalir di tebing. Calf creek terletak di Grand Staircase Escalante Monumen Nasional di Utah. Tingginya 214 kaki dan 126 kaki, karena tidak terlalu tinggi, untuk mencapai ke atasnya biasa dicapai dengan berjalan kaki.

10. Gullfoss Waterfall, Islandia

Gullfoss Waterfall September

By Leon Petrosyan (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Islandia bisa dianggap sebagai negara yang memiliki ukuran air terjun besar dan menakjubkan. Salah satunya adalah air terjun Gullfoss. Gullfoss ialah air terjun yang terletak di Sungai Putih di Islandia selatan-tengah. Namanya berarti Air Terjun Emas. Air terjun ini merupakan salah satu pemandangan spektakuler di bumi dan sebagai salah satu keajaiban dunia alami di dunia. Tinggi air terjun ini mencapai 32 meter dan lebar 20 meter. Alirannya yang tenang dan begitu 'galak' di bagian ujung air jatuh membuat Gullfoss menarik.

Wow! 10 Air Terjun Spektakuler di DuniaTitle : Wow! 10 Air Terjun Spektakuler di Dunia ~ UniksPos
Description : Air terjun merupakan sebuah formasi geologi dari arus yang mengalir melalui suatu formasi batuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dar...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|