9.29.2014

Ini 5 Buah Terbaik untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Ini 5 Buah Terbaik untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes -
UniksPos -
Diabetes adalah suatu kondisi di mana kadar gula dalam darah tidak seimbang, pasien yang menderita penyakit ini harus selalu menjaga dengan baik pola makannya, pastikan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar gula. Penderita diabetes tidak boleh sembarang makan terlebih lagi jika makanan yang dikonsumsi berasa manis dan mengandung gula, sebab bisa memperburuk kondisi penyakit diabetes. Begitu juga dengan makan buah tidak semua buah bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Menjaga kesehatan dan selalu berhati-hati perlu dilakukan oleh penderita diabetes. Karena penyakit ini bisa memicu berbagai komplikasi dan penyakit baru yang jauh lebih buruk. Mengobati diabetes sebaiknya dilakukan dari diri sendiri, menjaga pola makan, rajin berolahraga ringan, tidur cukup dan mengkonsumsi secara teratur buah untuk diabetes yang sehat dan alami. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi buah yang memiliki kandungan glukosa seimbang tidak akan merusak keseimbangan gula darah.
Buah_nanas
Buah Nanas
Mengkonsumsi buah untuk diabetes merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Konsumsi buah dinilai lebih baik dan bijaksana jika dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan. Karenanya, sediakan selalu buah-buahan di rumah Anda, karena meskipun Anda bukan keturunan penyakit diabetes, tidak menutup kemungkinan penyakit diabetes mengganggu kesehatan Anda. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa jenis buah alami yang baik untuk dikonsumsi oleh pasien penderita penyakit diabetes.

1. Buah apel
Apel adalah salah satu buah yang identik dengan warna kulit buah yang merah, meskipun ada apel yang berwarna hijau dan kuning. Hampir semua orang tak asing lagi dengan bentuk dan rasa apel. Buah yang berasal dari pohon yang memiliki nama ilmiah Malus domestica ini banyak tersedia di pasar, supermarket atau tempat perbelanjaan yang lebih besar. Kebanyakan apel bagus dimakan mentah, dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta. Apel dimasak sampai lembek untuk dibuat saus apel. Apel juga dibuat untuk menjadi minuman sari buah apel. Namun tahukah Anda, mengkonsumsi buah apel memang baik bagi kesehatan bahkan untuk penderita diabetes, karena apel mengandung pektin yang dapat mengurangi tingkat insulin yang tinggi.

2. Buah anggur
Anggur adalah tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah anggur dipercaya mampu menangkal penyakit diabetes. Konsumsi buah anggur, seharusnya dianggap sebagai hal wajib terutama jika Anda memiliki catatan keluarga yang pernah memiliki riwayat penyakit diabetes. Kandungan gula di dalam anggur merupakan jenis gula alami yang mana mampu mencegah penyerapan glukosa terjadi dengan cepat di dalam tubuh. Sementara kandungan seratnya juga dianggap baik untuk menjaga kesehatan. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Jenis anggur yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah jenis anggur yang mengandung vitamin C serta beta karoten, yakni anggur merah dan anggur hitam jika keduanya tidak ada, Anda dapat mengkonsumsi anggur hijau. Hasil penelitian mengatakan bahwa konsumsi buah anggur setiap hari akan mengurangi risiko atau memperlambat tubuh untuk terkena penyakit diabetes tipe 1. Selain itu, bisa juga mengurangi tekanan darah pada pasien diabetes tipe 2.

3. Buah jambu biji
Jambu batu atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Buah untuk diabetes ini merupakan jenis buah tropis yang cukup populer akan khasiat alaminya, termasuk untuk mengobati penyakit diabetes. Buah jambu biji merupakan buah kaya nutrisi dengan harga terjangkau, dapat dikembangbiakan dengan mudah dan terkadang tumbuh di kebun. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang dimiliki oleh buah jambu biji sangat bermanfaat untuk mencegah masuknya radikan bebas ke dalam tubuh. Menurut kabar yang beredar, buah yang memiliki nama ilmiah Psidium guajava ini mampu membantu pengobatan penyakit kanker. Sedangkan kandungan potassium yang ada di dalam buah jambu biji mampu untuk membantu melancarkan peredaran darah serta menyeimbangkan tekanan darah, penderita penyakit diabetes diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah jambu biji setelah mengupas kulitnya terlebih dahulu, alasannya karena kulit jambu biji memiliki kandungan glukosa yang dapat mempengaruhi keseimbangan kadar gula darah.

4. Buah nanas
Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Selain bermanfaat sebagai makanan, buah nanas juga berkhasiat sebagai obat tradisional. Selain itu, kandungan vitamin seperti vitamin C dan mineralnya sangat baik untuk kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli termasuk peneliti dari Fakultas Ilmu Keperawatan di UI, Debie Dahlia, mengatakan jika pemberian zat bromelin tropikal yang terdapat di dalam buah nanas bersifat menyembuhkan pada tikus yang dideteksi memiliki riwayat penyakit diabetes mellitus. Pernyataan yang dikeluarkan oleh Debie Dahlia merupakan pernyataan pertama kali dari hasil penelitian di Indonesia. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dahlia telah menunjukkan bahwa terjadi suatu perubahan yang cukup signifikan pada proses penyembuhan luka yang diuji secara langsung pada tikus positif diabetes mellitus, hasil yang didapat dari 3 kelompok tikus berbeda, hanya kelompok tikus bromelin tropikal sajalah yang menunjukkan hasil penyembuhan luka yang diperoleh ketika terjadinya luka disaat tikus terkena diabetes mellitus.

5. Buah Alpukat
Buah alpukat memang memiliki sejuta manfaat bagi manusia, mulai dari manfaat kesehatan, kecantikan kulit dan manfaatnya sebagai makanan. Alpukat sendiri mempunyai nama latin Persea americana dan termasuk dalam keluarga Lauraceae. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Selain enak dimakan dan dibuat jus, buah alpukat juga mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang mampu mengembalikan resistensi insulin, sehingga membantu tubuh untuk mengatur gula darah secara teratur. Selain itu, serat makanan di dalamnya juga membantu mempertahankan tingkat gula darah. Buah alpukat dapat meningkatkan kadar HDL. Kolesterol HDL dapat membantu melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Jenis kolesterol tipe ini bahkan juga dapat membantu mengatur kadar trigliserida serta mencegah diabetes.

Ini 5 Buah Terbaik untuk Dikonsumsi Penderita DiabetesTitle : Ini 5 Buah Terbaik untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes ~ UniksPos
Description : Diabetes adalah suatu kondisi di mana kadar gula dalam darah tidak seimbang, pasien yang menderita penyakit ini harus selalu menjaga dengan...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|