9.08.2014

Makanan yang Berkhasiat untuk Mencegah dan Mengatasi Uban

Makanan yang Berkhasiat untuk Mencegah dan Mengatasi Uban -
UniksPos -
Uban adalah tanda penuaan yang muncul seiring dengan bertambahnya usia. Berkurangnya produksi pigmen rambut sehingga menimbulkan ubanan adalah hal yang wajar saat usia tiga atau empat puluh tahun. Namun, bagaimana jika uban muncul pada usia muda? Hal ini terkadang membuat penampilan terlihat kusam dan tidak segar. Alhasil, wajah terkesan lebih tua dari usia sebenarnya. Perubahan gaya hidup dan asupan makan menjadi faktor yang menyebabkan rambut beruban lebih cepat.
Sunflower -a close up view
By Reji Jacob at ml.wikipedia [Public domain], via Wikimedia Commons
Akan tetapi, sebagian orang juga mengalami uban karena faktor genetika. Rambut putih identik dengan usia tua. Namun, tidak hanya orang tua yang bisa punya uban, uban juga bisa ditemukan pada remaja dan dewasa muda. Mau tahu cara mencegah uban prematur di usia muda? Berikut adalah sepuluh jenis makanan yang bisa mencegah dan mengatasi uban di usia muda.

1. Biji bunga matahari
Bunga matahari merupakan tumbuhan satu musim yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini berukuran besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar. Biji bunga matahari memiliki kandungan mineral yang tinggi dan memainkan peran penting dalam menyehatkan fungsi tubuh.Mineral ini juga dipercaya dapat membantu memproduksi dan mempertahankan kandungan melanin.

2. Bayam
Bayam adalah jenis tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tanaman ini berasal dari Amerika tropik namun telah tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting. Bayam dapat membantu menghasilkan pigmen yang dapat mempertahankan warna asli rambut Anda. Itu sebabnya Anda harus menyertakan sayuran hijau ini di dalam menu harian Anda.

3. Cokelat
Cokelat ialah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Cokelat kaya akan tembaga. Tembaga dapat menghasilkan melanin dirambut Anda. Sel melanin bertanggung jawab untuk memproduksi warna, sehingga dapat mencegah munculnya uban.

4. Buncis
Buncis merupakan sejenis polong-polongan yang dapat dimakan. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Tanaman ini dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buncis mengandung banyak protein yang dapat menyuburkan rambut. Perlu diingat bahwa rambut juga terdiri dari protein, jadi Anda perlu menjaga asupan protein Anda setiap hari.

5. Salmon
Salmon adalah sejenis ikan laut dari famili Salmonidae. Ikan lain yang satu famili dengan salmon yaitu ikan Trout. Perbedaannya terletak pada migrasi hidup salmon dibandingkan dengan ikan trout yang menetap. Ikan jenis ini dikenal sebagai makanan laut yang ampuh dalam melawan uban. Salmon merupakan sumber alami selenium, yang mengatur produksi hormon yang mempertahankan warna hitam dari rambut Anda.

6. Telur
Selain kaya akan protein, ternyata telur mengandung banyak Vitamin B12 yang diperlukan rambut untuk mempertahankan warnanya. Vitamin B12 membuat darah Anda terbebas dari radikal bebas yang dapat menyebabkan rambut cepat beruban.

7. Almond
Badam, Amandel atau Almond merupakan bagian dari subkeluarga Prunoidae dari keluarga Rosaceae. Tumbuhan ini berada di klasifikasi yang sama dengan persik dalam subgenus Amygdalus di dalam Prunus. Almond bukan hanya baik untuk kulit, tetapi juga rambut. Selain itu, almond juga kaya akan VitaminE dan tembaga, yang baik untuk merawat warna asli rambut.

8. Tiram
Tiram adalah kelompok kerang-kerangan dengan cangkang berkapur dan relatif pipih. Tiram sejati adalah semua bivalvia yang termasuk keluarga Ostreidae. Namun, nama tiram dipakai pula untuk beberapa hewan lain di luar kelompok itu. Diketahui bahwa tiram kaya akan unsur mineral seng. Anda bisa mengkonsumsi makanan laut ini untuk mempertahankan warna rambut Anda. Unsur seng adalah mineral yang dibutuhkan untuk menjaga rambut tetap kuat dan mempertahankan warna asli rambut Anda. Kekurangan seng dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan munculnya uban prematur.

9. Hati
Hati merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Kekurangan zat besi atau anemia merupakan penyebab utama dari uban prematur. Itu sebabnya, Anda harus menyertakan hati dalam menu harian Anda untuk menjaga kadar zat besi.

10. Berries
Berries atau buah buni adalah buah berdaging yang terbentuk dari bakal buah tunggal. Buah ini mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Itu berarti rambut Anda akan mendapat pasokan darah segar yang akan membuatnya tetap sehat. Berries merupakan salah satu sumber terbaik dari vitamin C.

Makanan yang Berkhasiat untuk Mencegah dan Mengatasi UbanTitle : Makanan yang Berkhasiat untuk Mencegah dan Mengatasi Uban ~ UniksPos
Description : Uban adalah tanda penuaan yang muncul seiring dengan bertambahnya usia. Berkurangnya produksi pigmen rambut sehingga menimbulkan ubanan ada...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|