9.01.2014

Ragam Manfaat Kulit Jeruk bagi Kesehatan Tubuh

Ragam Manfaat Kulit Jeruk bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Banyak jenis jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daun jeruk juga digunakan sebagai rempah-rempah. Selain itu, buah dan daun jeruk dimanfaatkan sebagai penyedap atau komponen kue/puding. Aroma yang khas berasal dari sejumlah flavonoid dan beberapa terpenoid.
IMG_10382400
Ilustrasi Kulit Jeruk
Daging Buah Jeruk mengandung banyak asam sitrat (asam jeruk) yang memberikan rasa yang sangat asam namun segar. Namun tahukah Anda, tidak hanya buah dan daun jeruk saja yang bisa dimanfaatkan. Kulit jeruk bahkan mempunyai banyak manfaat untuk meringankan berbagai gejala penyakit. Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut ini ada beberapa manfaat menakjubkan dari kulit jeruk bagi kesehatan tubuh.

1. Mengobati bronchitis kronis
Taruhlah 5 sampai 15 gram kulit jeruk kedalam sebuah gelas, lalu tambahkan air yang mendidih untuk membuat segelas “teh kulit jeruk”. Minumlah secara rutin untuk mengobati radang pada saluran paru-paru.

2. Mengobati batuk
Taruhlah 5 gram kulit jeruk kering kedalam 2 gelas air dan rebus selama 10 sampai 15 menit kemudian tambahkan beberapa jahe dan gula merah. Minumlah selagi hangat.

3. Mencegah frostbite (radang dingin)
Bakarlah beberapa kulit jeruk dan giling sampai menjadi bubuk, campurkan dengan minyak sayur dan oleskan ke bagian yang bengkak karena cuaca dingin tersebut.

4. Mengobati radang pankreas
Rebus 30 gram kulit jeruk dan 10 gram licorice (akar manis) dengan air hingga mendidih. Setelah dingin, air rebusan ini dapat diminum untuk mengobati radang pankreas, dan lakukan secara rutin.

5. Mengobati sembelit
Rebus 12 gram kulit jeruk segar atau 6 gram kulit jeruk kering dengan air untuk 10 sampai 15 menit. Minumlah 2 kali sehari untuk mencegah sembelit.

6. Mengobati sakit geraham
Taruhlah sepotong kecil kulit jeruk yang segar ke dalam mulut anda selama 10 menit sebelum anda tidur. Tetaplah biarkan di dalam sampai anda merasa kurang nyaman.

7. Merawat dan mengobati gigi yang sensitif
Apakah gigi anda menjadi terasa sensitif setelah makan jeruk? Taruhlah kulit ke dalam gelas dan tambahkan air mendidih, tutup gelas selama 5 sampai 10 menit kemudian minum air tersebut.

8. Mencegah sesak napas
Tambahkan air mendidih ke dalam gelas yang berisi kulit jeruk segar, tutuplah selama 10 menit, sebelum diminum tambahkan gula, air ini bermanfaat untuk menghentikan rasa sesak di dada dan radang tenggorokan.

9. Menghilangkan bau mulut
Mengunyah sepotong kecil kulit jeruk yang masih segar dapat menghilangkan bau mulut secara alami.

10. Menghentikan muntah dan mengobati perut yang sakit
Rebus beberapa potong kulit jeruk dan jahe yang segar hingga mendidih. Air rebusan tersebut diminum setelah dingin untuk mengobati sakit perut dan menghentikan muntah.

11. Menghilangkan gejala alergi sehabis makan ikan dan kepiting
Rebus beberapa potong kulit jeruk segar dengan air hingga mendidih. Setelah dingin, minum air rebusan dari kulit jeruk untuk menghilangkan gejala alergi sehabis makan ikan atau kepiting.

12. Mengatasi kedinginan
Rebus beberapa kulit jeruk dan jahe segar di dalam air untuk kurang lebih 15 sampai 20 menit, tambahkan gula merah, dan minumlah seperti teh. Cara ini dapat mengobati kedinginan, flu, muntah dan batuk.

Ragam Manfaat Kulit Jeruk bagi Kesehatan TubuhTitle : Ragam Manfaat Kulit Jeruk bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Banyak jenis jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|