9.18.2014

Spektakuler! 10 Pohon Terbesar di Dunia

Spektakuler! 10 Pohon Terbesar di Dunia -
UniksPos -
Pohon atau juga pokok ialah tumbuhan yang berkayu dan terbagi menjadi dua kelompok tumbuhan. Pertama kelompok pohon berakar tunjang (dikotil) terdiri dari batang pohon merupakan batang utama yang tumbuh tegak tajuk pohon, akar dan akar tunjang berfungsi untuk memperkokoh berdirinya pohon. Batang pohon merupakan bagian utama pohon dan menjadi penghubung utama dengan bagian akar sebagai penyerap air dan mineral, Cabang adalah juga batang, tetapi berukuran lebih kecil dari berfungsi memperluas ruang bagi pertumbuhan daun sehingga mendapat lebih banyak cahaya matahari dan juga menekan tumbuhan pesaing di sekitarnya. Batang dibalut dengan kulit yang melindungi batang dari kerusakan, dan cabang yang lebih kecil ialah ranting dan daun untuk ber fotosintesis. Kedua kelompok pohon berakar serabut (monokotil) terdiri dari pohon, akar, pelepah dan daun, pohon berakar serabut tidak bercabang contoh pohon kelapa.
Pohon Jenderal Sherman
Ilustrasi Pohon Jenderal Sherman
Menurut Wikipedia, pohon dibedakan dari semak, Semak juga memiliki batang berkayu, dan bentuknya jauh lebih kecil dibanding dengan bentuk pohon. Demikian juga pisang bukan pohon karena tidak memiliki batang sejati yang berkayu. Jenis-jenis mawar hias lebih tepat disebut semak daripada pohon karena batangnya walaupun berkayu tidak berdiri tegak dan habitusnya cenderung menyebar menutup permukaan tanah. Dalam bahasa sehari-hari, pengertian pohon agak lebih luas, yang dalam botani disebut "pohon semu". Contoh paling umum dari kasus ini adalah "pohon" pisang. Pepohonan merupakan salah satu ekosistem alam yang memiliki peranan besar dalam ekhidupan di bumi ini. Namun, sadarkah anda jika pepohonan yang menjulang tinggi itu awalnya berasal dari biji yang kecil. Berikut ini merupakan 10 pohon terbesar di dunia, dan sebagian besar pohon-pohon raksasa ini dapat kita temukan di hutan Amerika Serikat.

1. General Sherman tree
Jenderal Sherman adalah nama untuk pohon Sequoia Raksasa yang terdapat di Giant Forest, Taman Nasional Sequoia, Amerika Serikat. Pohon ini berumur 2500 - 2700 tahun. Tinggi pohon 83.8 meter, dan volumenya 1487 meter kubik.

2. President tree
Pohon ini berumur 2500 - 3000 tahun dan dapat ditemukan di hutan Giant Fores, Amerika Serikat. Tinggi pohon 73.5 meter, dan volumenya 1278 meter kubik.

3. General Grant tree
Ini adalah pohon sequoia raksasa terbesar (Sequoiadendron giganteum) di bagian General Grant Grove of Kings Canyon National Park di California dan pohon terbesar ketiga di dunia. Pohon ini berumur 2000 tahun, tingginya 81.5 meter, dan volumenya 1320 meter kubik.

4. Lincoln tree
Pohon Lincoln adalah nama dari sebuah sequoia raksasa besar yang terletak di Giant Forest di Sequoia National Park. Saat ini pohon tersebut dianggap oleh banyak orang sebagai pohon terbesar keempat di dunia. Pohon ini berumur 25000 - 30000 tahun, tinggi pohon 80 meter, dan volumenya 1259 meter kubik.

5. Stagg tree
Pohon Stagg, sebelumnya dikenal sebagai Hari Pohon, adalah sequoia raksasa di Alder Creek Grove di pegunungan Sierra Nevada, California. Ini adalah pohon terbesar kelima di dunia dan diyakini berusia lebih dari 3.000 tahun. Tinggi pohon 74.1 meter, volumenya 1205 meter kubik.

6. Boole tree
Boole Tree adalah sequoia raksasa di Converse Basin grove di Sequoia National Forest, di tepi Kings Canyon, 8 km dari General Grant Grove di Kings Canyon National Park di Sierra Nevada di California timur. Pohon ini berumur 2000 tahun, tinggi pohon 81.9 meter, dan volumenya 1204 meter kubik.

7. Franklin tree
Pohon ini berumur 2000 tahun dan dapat ditemukan di hutan Giant Fores, Amerika Serikat. Tinggi pohon 68.3 meter, dan volumenya 1169 meter kubik.

8. King Arthur tree
King Arthur Tree adalah sequoia raksasa yang terletak di Garfield Grove, grove dekat kota Three Rivers di California. Dahulu, pohon ini pernah dikenal sebagai California Tree. Ini adalah sequoia raksasa terbesar kesembilan di dunia dan berumur 2000 tahun. Tinggi pohon 82.4 meter, dan volumenya 1151 meter kubik.

9. Genesis tree
Pohon terbesar di dunia selanjutnya adalah pohon berumur 2000 tahun ini dapat ditemukan di Mountain Home Grove. Tinggi pohon 78.5 meter, dan volumenya 1148 meter kubik.

10. Monroe tree
Monroe adalah pohon sequoia besar di Giant Forest. Ini adalah pohon sequoia terbesar kesepuluh di dunia. Pohon ini telah berumur 2000 tahun, tingginya 75.5 meter, dan volumenya 1183 meter kubik.

Spektakuler! 10 Pohon Terbesar di DuniaTitle : Spektakuler! 10 Pohon Terbesar di Dunia ~ UniksPos
Description : Pohon atau juga pokok ialah tumbuhan yang berkayu dan terbagi menjadi dua kelompok tumbuhan. Pertama kelompok pohon berakar tunjang (dikoti...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|