9.13.2014

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak bagi Penderita Diabetes

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak bagi Penderita Diabetes -
UniksPos -
Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia dianugerahi tanah yang subur. Salah satu jenis tanaman yang tumbuh subur di negeri kita adalah sirsak. Tanaman ini disebut juga sebagai nangka belanda, atau durian belanda, adalah jenis tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Orang Perancis menyebutnya sebagai Guanábana.
Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak bagi Penderita Diabetes
Buah dan Daun Sirsak
Sirsak (Annona muricata L.) merupakan tanaman buah yang tidak begitu digemari, karena keberadaannya masih kalah pamor dengan buah tropis lainnya di Indonesia seperti apel, jeruk, rambutan dan durian. Buah sirsak jarang dikonsumsi secara langsung dan biasanya diolah menjadi dodol, atau untuk campuran es, jus, dan lain sebagainya.

Selain buahnya, ternyata daun sirsak juga memiliki khasiat sebagai obat Herbal khususnya untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Sirsak merupakan jenis tanaman tahunan yang tumbuh hampir di seluruh wilayah Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, duan sirsak memiliki senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, steroid/ triterpenoid dan asetogenin.

Fungsi utama dari daun sirsak yaitu memberantas sel-sel kanker pada paru-paru, ginjal, pankreas, usus besar, dan leukemia, sedangkan kegunaan lainnya adalah mengeliminasi radikal bebas, mengeringkan sel kanker, dan meningkatkan stamina pasien agar tubuh tidak lemah. Menyembuhkan peradangan, seperti radang tenggorokan, usus, pencernaan, ambeien, dan diabetes. Mencegah dan menyembuhkan asam urat. Mencegah kadar kolesterol jahat. Meningkatkan sistem imun tubuh.

Namun pada kesempatan kali ini yang akan dibahas adalah manfaat daun sirsak bagi penderita diabetes. Seperti yang kita ketahui bahwa diabetes melitus, DM adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Berikut ini cara mengolah daun sirsak untuk mengobati diabetes.

Cara pertama, siapkan 12-15 helai daun sirsak segar yang telah dicuci hingga bersih. Tuang 3 gelas air ukuran gelas 250 cc. Masak air hingga mendidih dan hanya menyisakan satu gelas. Minum air hasil ramuan tersebut 2 kali sehari pada pagi dan sore sampai kadar gula darah kembali normal. Cara kedua, Anda bisa mengolah daun sirsak dalam keadaan kering. Rebus sebanyak 12-15 daun ke dalam 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Setelah dingin, air seduhan bisa langsung diminum setiap pagi dan sore. Untuk mengetahui kadar gula, anda bisa langsung memeriksakan diri ke dokter.

Tidak hanya di dalam negeri, sebab di negara lain daun dan buah sirsak tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pangan, tetapi juga dimanfaatkan sebagai obat dan pestisida alami.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak bagi Penderita DiabetesTitle : Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak bagi Penderita Diabetes ~ UniksPos
Description : Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samud...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|