9.13.2014

10 Ciri dan Tips Kulit Sehat

10 Ciri dan Tips Kulit Sehat -
UniksPos -
Kulit adalah lapisan luar dari tubuh. Kulit memiliki sel mesodermal, pigmentasi, atau melanin yang disediakan oleh melanosit, yang menyerap sebagian radiasi ultraviolet. Kulit merupakan bagian berharga dari tubuh kita. Bagaimana kita merawat kulit bisa menggambarkan tentang bagaimana kita menghargai diri sendiri. Ini sebabnya banyak orang sangat sadar akan pentingnya memiliki kulit yang sehat untuk menunjang penampilan. Setelah melakukan berbagai perawatan, mungkin kita merasa bahwa kulit kita sudah sehat, namun benarkah itu?
10 Ciri dan Tips Kulit Sehat
Ilustrasi Kulit Kering
Untuk mengetahui apakah perawatan yang kita lakukan berhasil atau tidak, tentunya tolak ukurnya adalah kesehatan kulit. Yang menjadi permasalahannya, bagaimana cara mengetahui apakah kulitmu sehat atau tidak. Berikut ini kami rangkum 10 tanda dan tips agar kulit sehat.

1. Tidak terdapat garis halus
Garis kerutan merupakan salah satu hal alami yang pasti dialami oleh setiap orang. Garis halus atau biasa disebut fine line terjadi pada bagian permukaan kulit, sehingga cenderung hilang saat kulit direnggangkan. Fine line adalah awal dari munculnya kerutan. Kulit yang sehat, tidak memiliki fine line baik yang terlihat ataupun tidak terlalu jelas terlihat. Untuk mencegah garis kerutan lakukan pola hidup sehat, rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayur, memakai masker wajah dari buah-buahan, rutin melakukan senam wajah, hindari stress, mencuci wajah, dan berolahraga.

2. Tekstur kulit halus dan kencang
Kebanyakan kulit orang cocok dengan satu dari empat kategori, berminyak, normal, kering dan kombinasi. Kulit berminyak sering memiliki tekstur yang licin atau lengket, sementara kulit kering dapat menjadi bersisik dan kasar. Orang dengan kulit kombinasi biasanya memiliki kulit berminyak pada dahi, hidung dan dagu, dikenal sebagai T-zona, dan kulit kering atau normal pada pipi. Di semua jenis kulit, sel-sel mati dapat membangun lapisan pada luar kulit, disebut epidermis, membuat tekstur kasar dan penampilan menjadi kusam. Kulit sehat memiliki tekstur yang halus. Tidak masalah apa warna asli kulitnya, selama teksturnya halus, berarti kulit tersebut sudah selangkah lebih sehat dibanding kulit yang teksturnya kasar. Kulit yang sehat tentu masih kencang. Elastisitas kulit akan terjaga baik jika kamu rajin merawat kulit.

3. Kulit berwarna cerah
Kulit yang sehat tidak rusak karena sinar matahari sehingga memiliki warna yang cerah. Kulit yang cerah tidak selalu berarti putih. Kulit cerah berarti, kulitmu tidak menjadi gelap karena rusak oleh paparan sinar matahari. Biasanya, kulit di bagian yang selalu tertutup bisa jadi standar kamu dalam menentukan, sampai seberapa cerah kulit yang bisa kamu miliki. Untuk menjaga agar kulit tampak cerah, anda bisa mengkonsumsi jeruk, sayuran berwarna merah dan hijau, Ikan, alpukat, gandum dan minyak zaitun. Makanan paling sehat untuk kulit adalah salad, buah dan sayuran yang diperciki minyak zaitun sebagai penyedap. Minyak zaitun mengandung asam lemak yang esensial untuk membuat kulit tampak cerah, bercahaya, dan sehat.

4. Bebas dari efek negatif sinar ultra violet
Sinar matahari atau radiasi matahari adalah sinar yang berasal dari matahari. Tanaman menggunakan cahaya matahari untuk berfotosintesis dan membuat makanan. Tanpa cahaya matahari, takkan ada kehidupan di bumi. Sinar matahari bisa berakibat baik maupun buruk kepada kesehatan seseorang. Seperti yang mungkin kamu ketahui, sinar ultra violet A dan B punya efek buruk bagi kulit kita. Kedua sinar ultraviolet ini dapat membakar lapisan luar kulit sampai membuat kulit menjadi kemerahan, belang, warna kulit menjadi lebih gelap, kulit menjadi keriput, dan lain-lain. Kulit yang sehat tentunya terhindar dari efek-efek buruk yang disebabkan oleh sinar ultra violet A dan B.

5. Memiliki kelembapan yang tepat
Maksudnya, kulit tidak terlalu kering atau tidak terlalu berminyak. Untuk mengetahui kulitmu kering atau tidak, coba gores kulit dengan kuku. Jika garis putih terlihat dengan jelas pada kulit, maka kulitmu tergolong kering. Tips bagi anda yang berkulit kering, untuk menjaga kesegaran dan kelembapan kulit, lakukan beberapa hal seperti selalu jaga kelembapan udara, biasakan ketika sesudah mandi untuk mengurangi gosokan handuk ke kulit, biasakan mengoleskan pelembap pada kulit sesudah mandi, gunakan pelembap yang mengandung SPF dan UV filter untuk kegiatan sehari-hari, tidur yang cukup dan lakukan olahraga.

6. Tidak terdapat bintik hitam
Terlalu lama terkena paparan sinar menyebabkan munculnya dark spot, yaitu bintik hitam di kulit. Bintik hitam merupakan masalah yang bisa membuat penampilan kita menjadi kurang percaya diri. Karenanya sebelum mencari solusi tentang bagaimana cara menghilangkan bintik hitam maupun flek hitam perlu anda ketahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan terjadinya bintik hitam atau flek hitam. Salah satu penyebabnya adalah paparan sinar matahari. Kulit yang sehat tentu tidak rusak karena paparan sinar matahari.

7. Mendapat nutrisi yang tepat
Kondisi kulit tubuh mencerminkan kondisi kesehatan dan kecukupan nutrisi kita. Apa yang kita makan atau tidak kita makan akan memberikan pengaruh kepada kesehatan dan terlihat pada kondisi kulit kita. Kulit juga butuh nutrisi, jika nutrisi yang didapat kulitmu seimbang dan tepat, maka kulitmu tentu akan memancarkan keindahan yang dimilikinya. Untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kulit, minumlah suplemen dan gunakan pelembab. Selain itu, konsumsi buah dan sayur yang kaya akan betakarotene/ vitamin A, antioksidan (vitamin A, C, E, zinc, selenium), lemak esensial.

8. Kulit tidak belang
Belang pada kulit biasanya terjadi karena hyperpigmentasi yang menyebabkan pigmen kulit berubah warna dan menjadi berbeda. Pada umumnya hal ini disebabkan karena sinar matahari. Kulit belang biasa terjadi pada kulit tangan atau lengan. Untuk kulit sehat, jika kamu cek daerah seperti batas di mana lenganmu tertutup baju atau tidak, maka tidak ada belang. Begitu juga area seperti pada lengan bagian dalam dan luar yang sewarna, serta warna kulit badan dan wajah tidak terlalu berbeda jauh.

9. Tetap lentur dan memancarkan kemilau alami
Kulit yang sehat dan terhidrasi dengan baik akan memancarkan kemilau alami, membuat pemiliknya tampak muda. Selain itu, kulit terasa lembut. Tips agar kulit terhidrasi gunakan baju rangkap, sesuaikan minum dengan durasi kesehatan, minuman hangat, makan buah, makan sup dan asupan asin, dan minum cokelat panas. Sedangkan yang dimaksud kulit tetap lentur adalah kulit yang masih fleksibel. Untuk mengetahuinya, coba cubit kulitmu, jika kulit sehat yang masih lentur dan fleksibel akan segera kembali ke bentuk semula setelah dicubit.

10. Kulit tampak bercahaya
Apa yang terjadi dalam internal tubuh kita terefleksi pada kulit kita, jadi apabila kulit kita tampak cerah, itu berarti kita benar-benar merawat dan menutrisi diri kita. Sebab membersihkan kulit berawal dari dalam tubuh. Ketika kulit tidak terawat, sel kulit mati akan menumpuk sehingga menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak bercahaya. Kulit yang sehat adalah kulit yang terawat, makanya salah satu tanda kulit sehat adalah kulit yang tampak bercahaya. Untuk membuat kulit sehat bersinar seperti yang kita impikan, konsumsi suplemen untuk rambut, kulit dan kuku. Hindari makan berlemak. Sering berolahraga. Kurangi gula dan ganti kopi dengan teh hijau, ini akan membuat kulit anda segar.

10 Ciri dan Tips Kulit SehatTitle : 10 Ciri dan Tips Kulit Sehat ~ UniksPos
Description : Kulit adalah lapisan luar dari tubuh. Kulit memiliki sel mesodermal, pigmentasi, atau melanin yang disediakan oleh melanosit, yang menyerap...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|