9.02.2014

Spektakuler! Pantai Berwarna Pink di Pulau Harbour

Spektakuler! Pantai Berwarna Pink di Pulau Harbour -
UniksPos -
Warna pasir pantai memang beraneka ragam. Mungkin yang sering kita temukan adalah pantai berpasir putih dan hitam. Namun ternyata ada juga, pantai yang pasirnya berwarna merah jambu seperti warna pasir di pantai Harbour. Kenapa ya, warna pasir pantai bisa seperti itu? Pasir merupakan material berupa butiran halus yang berukuran 0,0625-2 mm.
Pasir Pantai
Pasir berasal dari berbagai macam benda, biasanya berupa batuan yang mengalami berbagai macam proses dan akhirnya berubah menjadi butiran-butiran kecil. Pantai yang ada di pulau Harbour ini tampak unik bukan, pasirnya yang berwarna pink adalah pemandangan yang menjadi daya tarik utama pantai Harbour Island atau Pulau Harbour. Pantai yang ada di Kepulauan Bahama ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik di dunia. Letaknya di lepas pantai timur laut dari Pulau Eleuthera.
Sand dunes at Southwold harbour - geograph.org.uk - 1074595
Pantai merah jambu atau pink ini sebenarnya tidak terlalu luas, hanya terbentang sejauh 3 mil. Meski begitu wisatawan yang berkunjung ke Pulau Harbour hampir selalu mencari sisi pantai yang berpasir unik ini. Pantai spektakuler ini memang terkenal karena pasir pantainya yang berwarna pink lembut seperti susu stroberi. Komposisi pasir terdiri dari koral, cangkang kerang, dan kalsium karbonat yang dihasilkan oleh jutaan invertebrata renik. Warna pink pasir pantai ini berasal dari foraminifera, hewan bersel satu mikroskopis yang berukuran sangat kecil. Hewan ini memiliki cangkang berwarna merah atau merah muda yang berguna untuk melindungi diri dan mencari makan. Jumlah kerang ini memang sangat berlimpah di pantai tersebut. Cangkang dari foraminifera yang sudah mati terseret hingga ke pantai, mengalami pelapukan selama bertahun-tahun dan akhirnya berubah menjadi butiran pasir.
Harbour Beach, Elie. - geograph.org.uk - 624519
Selain di Harbour Island, pantai berpasir pink ini juga ada di Pulau Komodo, Flores, NTT. Pantai yang berpasir hijau bahkan juga ada di Papakolea, Hawaii. Pasir pantai berwarna hijau tua surealis seperti rumput karena mengandung mineral olivin, unsur utama yang dihasilkan endapan lava gunung berapi di Hawaii. Sementara itu, pasir pantai berwarna ungu dapat kita jumpai di pantai Pfeiffer, California. Rahasia warna ungu pada pasir pantai ini adalah kandungan mineral mangan pada pasirnya. Jika ditempa sinar matahari atau bulan, semakin menambah keindahan warna ungu di pantai tersebut.

Spektakuler! Pantai Berwarna Pink di Pulau HarbourTitle : Spektakuler! Pantai Berwarna Pink di Pulau Harbour ~ UniksPos
Description : Warna pasir pantai memang beraneka ragam. Mungkin yang sering kita temukan adalah pantai berpasir putih dan hitam. Namun ternyata ada juga, ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|