11.05.2014

Insomnia, Penyebab dan Ragam Tips untuk Mengatasinya

Insomnia, Penyebab dan Ragam Tips untuk Mengatasinya -
UniksPos -
Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Ini adalah suatu gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur meski ada kesempatan untuk tidur. Pada umumnya, gejala tersebut diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia ini meliputi gejala sulit ketika mau tidur atau tidak bisa mempertahankan tidur (tidur tidak nyenyak). Sebenarnya insomnia bukan suatu penyakit, melainkan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, kelainan fisik, dan pemakaian obat tidur.
Insomnia, Penyebab dan Ragam Tips untuk Mengatasinya
Ilustrasi Jam
Bila anda mengatasi sulit tidur dengan cara minum obat tidur, maka anda akan semakin sulit terlepas dari masalah sulit tidur. Karena obat justru akan membuat ketergantungan, yaitu semakin tak bisa tidur jika tidak minum obat tidur. Untuk itu, jika ingin mengatasi susah tidur sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebabnya, dan tanpa harus mengunakan obat tidur.

1. Mengatur waktu tidur
Salah satu cara untuk mengatasi insomnia yaitu membiasakan tidur sesuai dengan periode waktu yang teratur. Waktu tidur yang berantakan akan mengacaukan waktu tidur selanjutnya. Sebagai contohnya, jika hari ini anda tidur pada jam 20:50, lalu besoknya tidur pada jam 23:45, dan lusa tidur pada jam 01 :25 dinihari. Jadi waktu tidur seperti inilah yang disebut dengan berantakan. Karenanya, penting bagi anda untuk mengatur jam tidur agar memperoleh tidur yang nyenyak.

2. Rutin berolahraga
Tahukah anda, berolahraga tidak hanya untuk mengencangkan otot dan meningkatkan stamina tubuh. Ada banyak manfaat lain, salah satunya adalah mengatasi insomnia. Beberapa penelitian menyebutkan berolahraga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Namun olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Jika rutin berolahraga, maka metabolisme tubuh akan menjadi lebih lancar dan kesehatan menjadi lebih optimal. Sehingga tubuh akan lebih mudah untuk mengatasi stress.

3. Menjernihkan atau mengosongkan pikiran
Jika anda mengalami susah tidur, ada baiknya segera menghilangkan segala kekhawatiran dengan cara menjernihkan pikiran. Segera pecahkan permasalahan anda supaya tidak menimbulkan stress dan pemikiran tanpa ujung. Karena, pikiran yang kosong akan mempermudah tidur.

4. Hindari makan dan minum yang berlebih menjelang tidur
Makan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi kembung, akibatnya akan mengganggu tubuh sehingga akan mengalami susah tidur. Sementara kebanyakan minum sebelum tidur, akan menyebabkan sering merasa ingin buang air kecil. Jika ingin tidur sebaiknya makan dan minum secukupnya saja.

5. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman
Sebelum tidur, sebaiknya matikan lampu, matikan peralatan yang dapat menimbulkan kebisingan suara, dan pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur.

6. Rutin melakukan aktivitas relaksasi
Salah satu hal yang dapat membuat anda rileks yaitu mendengar musik. Faktanya, musik bisa membuat rileks. Selain itu, melatih pernafasan atau meditasi juga bisa membantu untuk memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh, sehingga tubuh anda bisa menjadi lebih santai. Karena, keadaan seperti inilah yang akan mempermudah Anda untuk tidur.

7. Menjauhkan jam dari pandangan
Jam meja adalah salah satu penyebab susah tidur. Karenanya, sebelum tidur, jauhkan jam meja dari pandangan anda. Menaruh jam dekat dengan pandangan justru dapat membuat anda cemas dan panik, karena anda merasa masih juga belum terlelap padahal jarum jam telah larut malam. Kecemasan seperti ini pada akhirnya akan membuat anda semakin susah tidur.

8. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan
Cara selanjutnya untuk mengatasi susah tidur yaitu batasi minuman yang bersifat stimulan. Jangan mengkonsumsi minuman yang bisa membuat anda terjaga, seperti teh dan kopi. Minum berlebih akan menyebabkan anda terjaga, dan akan sulit untuk tidur.

9. Mandi air hangat
Air hangat akan menyebabkan efek meningkatkan tidur. Selain itu, air hangat juga dapat merelaksasi otot tubuh, dan dapat melancarkan sistem peredaran darah. Mandi air hangat ini sangat dianjurkan sebagai salah satu cara terbaik untuk mengatasi susah tidur. Karena, mandi air hangat dapat menyembuhkan insomnia.

10. Minum secangkir susu hangat
Secangkir susu memiliki banyak fungsi dan manfaat, salah satunya adalah untuk mengatasi susah tidur. Minum secangkir susu hangat sebelum tidur bisa membuat tubuh lebih rileks sehingga anda akan lebih mudah tidur.

Penderita mengalami kesulitan untuk tidur atau sering terjaga di malam hari dan sepanjang hari merasakan kelelahan. Awal proses tidur pada pasien insomnia mengacu pada latensi yang berkepanjangan dari waktu akan tidur sampai tertidur. Penyebab susah tidur ini bisa bermacam macam, baik karena masalah fisik dan psikologis, sebagai contohnya yaitu stress. Kebiasaan tidur yang tidak teratur juga dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur. Berikut ini ada beberapa faktor penyebab susah tidur.

Tubuh terlalu banyak energi
Bila pada siang hari energi tidak banyak yang dikeluarkan, maka bisa jadi pada malam hari anda akan merasa kesulitan tidur. Jadi jangan terlalu banyak tidur pada siang hari, jika tak ingin kesulitan tidur pada malam harinya. Selain itu, hindari konsumsi gula dan minuman berenergi pada malam hari sebelum tidur.

Perut kembung
Salah satu faktor penyebab susah tidur adalah perut kembung. Karenanya, hindari makan yang terlalu banyak pada malam hari sebelum tidur. Ketika tidur, organ pencernaan anda juga perlu beristirahat.

Kafein
Kafein adalah suatu senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat untuk meningkatkan psikoaktif dan diuretik ringan. Ini merupakan zat yang bisa membuat anda akan selalu terjaga. Kafein yang umumnya diperoleh dari minum kopi dan beberapa minuman energi/ringan ini adalah faktor pemicu susah tidur.

Stress
Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat. Ini merupakan gangguan perilaku yang disebabkan oleh permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang mengalami stress biasanya akan gelisah dan depresi, sehingga pada saat mau tidur ia terus memikirkan apa saja yang harus dikerjakan besok.

Meski banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur, namun cara terbaik untuk mengatasi susah tidur adalah tips-tips alami seperti yang telah disebutkan diatas. Semoga bermanfaat!

Insomnia, Penyebab dan Ragam Tips untuk MengatasinyaTitle : Insomnia, Penyebab dan Ragam Tips untuk Mengatasinya ~ UniksPos
Description : Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Ini adalah suatu gejala kelainan dalam ti...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|