11.15.2014

Wow! Fakta Unik seputar Tidur

Wow! Fakta Unik seputar Tidur -
UniksPos -
Tidur adalah keadaan istirahat alami. Pada umumnya, manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karena faktor kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Namun sudahkah kamu mengetahui bahwa lebih dari 45 persen manusia pernah mendengkur saat tidur? Dan tahukah kamu kalau ternyata 25 persen diantaranya selalu mendengkur setiap tidur?
Wow! Fakta Unik seputar Tidur
Kucing
Kekurangan tidur biasanya disebabkan karena begadang ataupun karena insomnia. Beberapa akibat yang timbul karena kurang tidur yaitu halusinasi, mudah ​​marah, nyeri otot, mudah lupa, dan lain sebagainya. Manusia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Lantas seberapa penting tidur untuk kesehatan, dan apa saja fakta-fakta unik tentang tidur? Simak yang berikut ini dan kamu akan terkejut setelah mengetahui beberapa fakta menarik tentang tidur.

1. Mimpi orang buta
Ternyata orang buta masih dapat melihat gambar saat tidur. Uniknya, manusia yang terlahir buta akan mimpi tentang emosi, suara, bau dan sentuhan. Akan tetapi fakta menarik lain tentang mimpi adalah manusia akan melupakan 50 persen mimpinya lima menit setelah terbangun. 10 Menit kemudian, hanya 10 persen dari mimpi manusia yang masih dapat diingat.

2. Tidur hewan
Dalam dunia hewan tidur adalah hal yang umum walaupun begitu ini tidak universal. Koala merupakan binatang yang paling lama tidur dalam sehari (22 jam), diikuti oleh kelelawar (19,9 jam). Sedangkan trenggiling memanfaatkan waktu selama 18 jam dalam sehari untuk tidur. Sementara itu, jerapah merupakan binatang paling sedikit tidur dalam satu hari (1,9 jam). Rusa berada di tempat kelima (3,09 jam, selisih beberapa menit dibanding gajah Asia (3,1 jam). Khusus lumba-lumba, ketika tertidur, hanya separuh dari otak mereka yang tertidur. Karena otak yang separuh lainnya tetap terjaga untuk membantu sistem pernafasan.

3. Pengaruh televisi
Diperkirakan, 12 persen manusia hanya bisa bermimpi dengan 'layar' hitam putih. Namun angka tersebut terus berkembang hingga akhirnya televisi berwarna ditemukan. Jadi, sejak itulah lebih banyak manusia yang dapat bermimpi dengan 'layar' berwarna.

4. Durasi tidur yang ideal
Berapa jam dalam sehari kamu tidur? Ada baiknya jika kamu memperhatikan durasi jam tidur yang ideal. Bayi membutuhkan 16 jam, umur 3-18 tahun butuh 10 Jam, umur 19-55 tahun perlu 8 jam, sedangkan bagi mereka yang berumur lebih dari 65 tahun setidaknya dibutuhkan waktu 6 jam untuk tidur.

5. Tekanan darah dan detak jantung menurun
Pada saat anda beristirahat, tubuh memang tidak bekerja keras untuk memompa banyak darah, sehingga sistem di dalam tubuh jadi melambat. Tekanan darah memang perlu menurun di malam hari sehingga otot jantung dan sistem sirkulasi darah punya waktu untuk rileks dan memperbaiki diri. Untuk itu, orang dengan tekanan darah tinggi butuh tidur minimal tujuh jam di malam hari supaya terjadi penurunan tekanan darah temporer. Setidaknya ini mengurangi risiko orang yang bersangkutan untuk mengalami penyakit jantung. Akan tetapi jika anda punya sleep apnea, segera obati karena kondisi ini dapat menaikkan tekanan darah di malam hari.

6. Yang terjadi saat tidur
Ada beberapa hal penting yang positif terjadi saat kita tidur. Selama tidur, tubuh akan mengalami kelumpuhan yang hampir total. Meski begitu, otak kita akan kembali segar layaknya smartphone yang baru di-restart. Sebagian sel juga melakukan perbaikan sehingga tubuh menjadi lebih segar ketika bangun.

7. Fakta seputar mimpi
Semua orang pasti bermimpi. Jika kita merasa tidak bermimpi, maka kita salah. Karena kita hanya memiliki masalah dengan ingatan tentang mimpi kita. Sebuah fakta yang diungkap di Situs Reality Pod mengatakan bahwa kita hanya akan memimpikan wajah orang yang pernah kita lihat, terlepas apakah kita mengingat wajah itu atau tidak.

8. Fakta lain tentang mimpi
Masih tentang mimpi, manusia normal sudah sewajarnya bermimpi. Begitu pula sebaliknya, manusia yang jarang bermimpi kemungkinan besar sedang memiliki masalah pribadi. Selain manusia, ternyata hewan juga bermimpi.

9. Kurang tidur
Manusia akan meninggal apabila 14 hari tidak makan. Kematian akan menjemput manusia lebih cepat jika tidak tidur dalam waktu 10 hari. Tentu saja didahului dengan rasa lemas dan tak bertenaga serta beberapa gejala lainnya.

10. Berat badan menurun
Anda akan kehilangan banyak air lewat keringat dan pelepasan udara lembab dari dalam tubuh di malam hari. Sebenarnya kondisi ini juga terjadi di siang hari, namun makan/minum saat anda terjaga tentu menghalangi penurunan berat badan. Untuk itu supaya anda benar-benar efektif, tidurlah minimal tujuh jam.

Wow! Fakta Unik seputar TidurTitle : Wow! Fakta Unik seputar Tidur ~ UniksPos
Description : Tidur adalah keadaan istirahat alami. Pada umumnya, manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karen...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->