12.07.2014

Ini 10 Makanan untuk Kesehatan Paru-Paru

Ini 10 Makanan untuk Kesehatan Paru-Paru -
UniksPos -
Polusi udara yang meningkat akan berisiko bagi kesehatan paru-paru. Paru-paru merupakan tempat untuk sirkulasi udara yang penting untuk bernapas. Ini adalah organ pada sistem pernapasan yang berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.
Ini 10 Makanan untuk Kesehatan Paru-Paru
Ilustrasi Buah Anggur
Selain itu, paru-paru adalah organ penting untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga kesehatan paru-paru. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru.

1. Kunyit
Kunyit atau kunir sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan ini memiliki kandungan utama yaitu kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi sebagai anti tumor. Kurkumin juga dapat menghambat sel kanker dan mencegah pertumbuhan tumor dalam paru-paru. Selain itu, kunyit juga memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat mencegah infeksi paru-paru.

2. Buah delima
Buah delima kaya akan senyawa polifenol, seperti resveratrol, ellagitannins, dan catechin. Senyawa ini dapat mencegah dan mengobati penyakit kronis seperti kanker paru-paru. Selain itu, buah yang memiliki nama ilmiah Punica granatum ini kaya akan zat antioksidan yang mampu mencegah munculnya tumor pada paru-paru. Mengkonsumsi delima juga baik untuk mengatasi masalah pernapasan.

3. Kacang kenari
Camilan sehat yang satu ini kaya akan antioksidan dan asam lemak omega 3 serta protein. Sehingga menjadikan kacang kenari sebagai makanan sehat yang mampu membersihkan paru-paru secara alami. Selain itu, kacang yang memiliki rasa gurih dan lezat ini juga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Bawang merah
Bawang merah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh meski hanya dengan menghirup aromanya saja. Bawang merah kaya senyawa sulfur. Belerang atau sulfur yang terdapat pada bawang merah bermanfaat untuk melindungi paru-paru dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Selain itu, bawang merah juga ampuh untuk mengobati radang paru-paru.

5. Kacang panjang
Selain sebagai masakan, ternyata Kacang Panjang juga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati beberapa penyakit. Kacang panjang memiliki sifat antikanker, dan kaya akan magnesium. Mineral ini sangat penting untuk menjaga kesehatan paru-paru. Magnesium juga berfungsi untuk membantu merelaksasi otot-otot bronkus dan menormalkan pernapasan.

6. Wortel
Wortel merupakan makanan sehat yang juga berkhasiat untuk mendukung kesehatan paru-paru karena kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Selain itu, umbi tanaman yang dalam bahasa ilmiah disebut Daucus carota ini juga mengandung lycopene dan antioksidan, yang baik untuk kesehatan jantung. Betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker paru-paru.

7. Buah jeruk
Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang memicu radang paru-paru. Buah jeruk secara alami memiliki anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan jaringan paru-paru seperti asma. Selain itu, vitamin C juga berperan baik untuk meningkatkan kesehatan paru-paru.

8. Buah anggur
Buah anggur mengandung zat falvainoid penting yang disebut dengan narigin. Zat ini bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya tumor di paru-paru. Buah ini juga kaya senyawa polifenol dan resveratol yang berperan penting dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker, termasuk kanker paru-paru. Mengkonsumsi buah anggur juga merupakan cara yang efektif untuk membersihkan paru-paru.

9. Buah apel
Buah yang memiliki nama ilmiah Malus domestica ini kaya akan flavonid dan vitamin B, C, E yang semuanya penting untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Selain itu kandungan flavonoid, naringin, dan quercetin yang terdapat pada buah apel sangat bermanfaat untuk mencegah kanker paru-paru.

10. Brokoli
Sayuran hijau ini adalah salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Brokoli diketahui dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Karena sayuran tersebut mengandung klorofil yang dapat membersihkan dan membuat darah kaya akan antioksidan.

Ini 10 Makanan untuk Kesehatan Paru-ParuTitle : Ini 10 Makanan untuk Kesehatan Paru-Paru ~ UniksPos
Description : Polusi udara yang meningkat akan berisiko bagi kesehatan paru-paru. Paru-paru merupakan tempat untuk sirkulasi udara yang penting untuk ber...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->