12.18.2014

Ini 10 Air Terjun Unik dan Spektakuler Di Dunia

Ini 10 Air Terjun Unik dan Spektakuler Di Dunia -
UniksPos -
Bagi sebagian orang, air terjun merupakan hal yang mengagumkan dan sulit diungkapkan. Meski demikian, hal tersebut dapat memberikan inspirasi. Seperti yang kita ketahui bahwa air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi batuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Meski air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Namun, beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi. Dari banyaknya air terjun, sedikitnya ada sepuluh air terjun unik dengan pemandangan spektakuler yang dapat memberikan inspirasi.

1. Kaieteur
Kaieteur-falls
By Not home di Wikipedia bahasa Inggris (Transferred from en.wikipedia to Commons.) [Public domain], via Wikimedia Commons
Terletak di Taman Nasional Kaieteur, air terjun Kaieteur adalah air terjun bervolume tinggi di Sungai Potaro di pusat Guyana, wilayah Potaro-Siparuni. Air terjun ini mengalir dari Sungai Potaro dan memiliki ketinggian 226 meter. Lebar air terjun yaitu 100 meter dan mengalir melalui serangkaian cascades curam. Air terjun Kaieteur empat kali lebih tinggi dari air terjun Niagara. Sehingga Kaieteur Falls disebut sebagai air terjun tertinggi di dunia. Deras air terjun Kaieteur tercatat memiliki laju air mencapai 663 meter kubik per detik. Keindahan alam yang masih terjaga membuat air terjun Kaieteur menjadi salah satu air terjun terindah di dunia. Tak heran jika Air terjun yang terletak di Taman Nasional Kaieteur dan di tengah hutan hujan Guyana ini menjadi daya tarik wisata utama di Guyana. Ada penerbangan sering antara air terjun landasan terbang Ogle Airport dan Bandar Udara Internasional Cheddi Jagan di Georgetown.

2. Detian
DeTianPuBu
By Emit Chan (Taken by myself during my traveling to Nanning.) [Public domain], via Wikimedia Commons
Ini adalah salah satu air terjun terindah dan spektakuler di dunia. Air terjun Detian merupakan pemandangan yang cukup berkesan dan menjadi salah satu pembatas antara Republik Rakyat Tiongkok dan Vietnam. Tinggi air terjun ini 50 meter dan memiliki tiga anak tangga dan lebar 80 meter, sehingga menjadikan tempat ini sebagai salah satu pemandangan yang spektakuler di dunia. Air terjun yang berlokasi di Sungai Guising di antara provinsi dua negara dan memiliki lingkungan tersubur di antara air terjun yang ada di dalam daftar air terjun di artikel ini. Air terjun ini merupakan aliran dari sungai yang bernama Sungai Guising yang juga letaknya berada di propinsi dua negara. Selain warna airnya yang terlihat putih, hutan dan gunung yang berwarna hijau membuat tempat ini mampu memanjakan pemandangan para pengunjungnya. Tak heran jika tempat wisata yang satu ini menjadi sangat terkenal.

3. Kalandula
Kalandula waterfalls of the Lucala-River in Malange, Angola (2)
By Paulo César Santos (Paulo César Santos) [CC0], via Wikimedia Commons
Kalandula Falls, atau air terjun Calendula, adalah air terjun di Sungai Lucala yang terletak di Kotamadya calendula, Provinsi Malanje, Angola. Tinggi air terjun 105 meter dan lebar 400 meter. Ini merupakan salah satu air terjun dengan volume terbesar di Afrika. Air terjun Calendula memiliki ketinggian 104 meter dan lebar 400 sampai 600 meter tergantung arus airnya. Air terjun ini merupakan air terjun terbesar kedua milik Afrika setelah Air Terjun Victoria. Harta kaum Angola ini hampir sama dengan Air Terjun Tis Issat dengan arus yang terdiri dari air terjun panjang membenang yang membentuk sebuah hamparan air terjun, dengan bubung cokelat di antaranya. Namun, air terjun ini memiliki ketinggian dua kali lipat dari Tis Issat di Etiopia.

4. Duden
DüdenWaterfalls01
By داود مجتهدی (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Air Terjun Duden adalah kelompok air terjun di provinsi Antalya, Turki. Air terjun unik ini berawal dari Sungai Duden yang mengalir dari tengah kota, air kemudian melompat ke laut. Sungai Duden membentang dari pegunungan Taurus sepanjang jalan ke Mediterania, dan menciptakan dua kaskade dikenal sebagai air terjun Hulu dan Hilir Duden. Tinggi air terjun Duden 15 meter dan lebar 20 meter. Sebuah gua alam yang terbentuk di belakang air terjun adalah daya tarik utama sebagai salah satu tempat untuk menyaksikan air terjun. Ada restoran, trotoar dan meja piknik di taman air terjun. Di bagian bawah Air Terjun Duden membentuk cascade spektakuler dan suara gemuruh seperti tumpahan Sungai Duden dari tebing Kota Antalya ke Laut Mediterania.

5. Gokak
Gokak Falls
By Shishirmk at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Berjarak 60 km dari Kabupaten Belgaum dan 10 km dari bandar Gokak. Air terjun Gokak adalah air terjun yang terkenal dengan keindahannya. Air terjun yang terletak di Propinsi Karnataka, India ini tak diragukan lagi sebgai provinsi air terjun terbaik Asia Selatan dengan jumlah air terjun terbanyak. Air terjun ini jatuh ke bawah dari banyak jurang dan menciptakan halimun dalam jumlah banyak. Air dari Gokak berwarna cokelat yang menandai perbedaan dengan air terjun besar lainnya. Air terjun ini memiliki tinggi 50 meter, dan berbentuk ladam kuda. Pembangunan bendungan hidroelektrik telah membatasi arus air terjun ini. Saat musim panas, debit air di air terjun ini berkurang dan kering. Namun pada musim hujan, debit airnya bertambah dan aliran air terjun menakutkan ini menjadi sangat deras.

6. Twin
Twin Falls, Rock Island State Park, TN
By Michael W. Neu (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Terletak di Amerika Serikat Tenggara, sebuah taman negara di Warren dan White County, Tennessee. Twin Falls adalah air terjun kaskade yang tumpah turun dari sebuah gua bawah tanah ke Caney Fork, hanya di luar pembangkit tenaga listrik. Air terjun diciptakan oleh Great Falls Dam, yang menyebabkan Sungai Collins meningkat. Aliran air mulai merembes ke gua-gua bawah tanah di Rock Island di pantai selatan dan keluar di air terjun di pantai utara.

7. Skogarfoss
Skogarfoss12
By TommyBee (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Terletak di Sungai Skógá di selatan Islandia di tebing garis pantai. Skógafoss adalah salah satu air terjun terbesar di negara ini dengan lebar 25 meter dan tinggi 60 meter. Karena jumlah aliran air terjun konsisten, kemudian menghasilkan pelangi tunggal atau ganda yang biasanya terlihat pada hari-hari cerah. Air terjun ini mengalir dengan sempurna dan memiliki bentuk segi empat yang bersudut sempurna yaitu lebar 25 meter dan tinggi 60 meter. Tidak ada batuan atau bukit yang memisahkan dan menghasilkan arus air yang bermacam-macam yang akhirnya bercampur dan menciptakan air terjun yang besar.

8. Rhine
Rhine falls
By Phter (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Rhein falls adalah air terjun tertinggi di Eropa, yang mengalir sepanjang tahun sebagai air terjun terbesar dan memiliki peranan penting di Swiss. Tingginya mencapai 25 meter dan panjangnya 150 meter. Air terjun ini memiliki pemandangan yang unik. Anda bisa melihat pemandangan buram yang dihasilkan oleh alam di area air terjun ini. Membutuhkan waktu untuk memastikan darimana air terjun ini berasal dan berujung karena air terjun ini mengaburkan mata Anda dengan sungai Rhine dan tidak tampak medan yang ada pada puncaknya karena isi keseluruhan air tersebut menutupnya. Ada juga beberapa daratan pemandangan dimana Anda dapat mengamati air terjun ini dari jarak dekat, sehingga pemandangan ini semakin terlihat mengagumkan. Selain itu, air terjun ini merupakan penyumbang supply listrik dengan kekuatan mulai dari 10 hingga 80 watt.

9. Montmorency
ChutesMtMorency
By self (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Bila bepergian ke Quebec, luangkan waktu Anda untuk tidak melewatkan atraksi Air Terjun Montmorency. Air terjun Montmorency dapat disebut sebagai air terjun terbaik di Kanada setelah Nigeria dengan air terjun yang berketinggian 275 kaki dan lebar 150 kaki. Hal yang berlaku juga sama dengan pemandangan yang mengagumkan dari air terjun yang berada di Sungai Montmorency di Quebec. Taman yang dibuat area air terjun ini membuatnya mudah diakses, lengkap dengan fasilitas-fasilitas yang dapat membuat pengunjung lebih mudah untuk melihat pemandangan tersebut. Fasilitasnya juga mencakup jembatan kecil di seberang air terjun dan sebuah mobil kabel yang membawa Anda naik turun di air terjun tersebut. Pendekatan ramah pengunjung ini mengurangi beberapa pengunjung yang lebih menyukai tantangan dari keindahan pemandangan yang hampir tidak bisa diakses dan tersembunyi di lokasi yang jauh.

10. Tis Issat
Blue Nile Falls, by CT Snow
By CT Snow from Hsinchu, Taiwan stitched by Marku1988This panoramic image was created with Panorama PerfectStitched images may differ from reality. [CC BY 2.0], via Wikimedia Commons
Air terjun Tis Issat di Etiopia juga dikenal sebagai Blue Nile Falls dan merupakan sebuah contoh kekuatan dari sungai Nil, yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Karena dibangunnya sebuah bendungan hidroelektrik, air terjun disana benar-benar mengering di musim kering dan hanya menyediakan sedikit pemandangan meek – sebuah fenomena biasa di seluruh dunia dimana bendungan-bendungan dibuat. Namun pada musim hujan, air terjun tersebut benar-benar menakjubkan dan menciptakan air terjun dengan lebar 400 meter. Tinggi air terjun tersebut antara 37 sampai 45 meter dan ada beberapa wedge (ganjal) medan yang membelah hamparan air terjun tersebut. Selain menjadi objek wisata, air terjun ini juga digunakan sebagai pembangkit energi listrik. Air terjun ini terletak di aliran Blue Nile River, Ethiopia.

Ini 10 Air Terjun Unik dan Spektakuler Di DuniaTitle : Ini 10 Air Terjun Unik dan Spektakuler Di Dunia ~ UniksPos
Description : Bagi sebagian orang, air terjun merupakan hal yang mengagumkan dan sulit diungkapkan. Meski demikian, hal tersebut dapat memberikan inspir...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|