12.14.2014

15 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Tubuh

15 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Air putih atau air mineral memiliki berbagai manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Bila dikonsumsi setiap hari, maka dapat menyembuhkan hampir semua masalah kesehatan. Air dapat membantu tubuh supaya tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, air mineral juga dapat membantu untuk melangsingkan tubuh, mengeluarkan toksin dari dalam tubuh, memperlancar pencernaan hingga mencegah berbagai penyakit kronis. Ketika berkeringat, kita kehilangan banyak cairan. Berkeringat merupakan proses alami tubuh yang membantu menurunkan suhu tubuh, sehingga tubuh tidak terlalu panas. Ketika berada di luar dan berkeringat berlebih, sebaiknya Anda minum air mineral untuk membantu mencegah dehidrasi.
15 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Tubuh
Air Mineral
Tubuh mengandung 90 persen air. Untuk melindungi keadaan tubuh supaya tetap sehat, minum air mineral minimal 8 gelas per hari secara teratur. Semua bagian dari tubuh seperti kulit, jantung, hingga otak memerlukan asupan cairan. Adapun manfaat air meneral untuk program diet yaitu dengan mengkonsumsi air putih 4 gelas di pagi hari setelah bangun tidur. Sebelum mandi dan sikat gigi. Hal itu sudah teruji dan kerap dilakukan oleh masyarakat di negeri matahari terbit, Jepang. Ingin tahu manfaat air mineral lainnya bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasan berikut ini.

1. Melancarkan sistem pencernaan
Masalah umum yang paling banyak dialami oleh masyarakat adalah yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Jika kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi, maka akan terhindar dari konstipasi. Cairan dalam proses pencernaan dapat membantu penyerapan nutrisi yang juga berfungsi untuk membentuk massa tinja atau feses.

2. Berpikir lebih baik
Otak adalah pusat sistem saraf yang terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Sebagian besar otak terdiri dari air. Oleh sebab itu, minum air mineral dapat membantu cara berpikir yang lebih baik, lebih terkonsentrasi dan lebih waspada.

3. Mencegah penuaan
Pada umumnya, penuaan dini kerap terjadi pada mereka yang memiliki jenis kulit kering. Air putih mampu untuk membuat kulit menjadi lebih segar dan bugar setiap harinya. Sehingga selalu tampak lebih elastis dan terhindar dari kulit kusam.

4. Meminimalisir risiko kanker
Kebanyakan orang berpikir bahwa genetika adalah faktor utama penyebab kanker, tetapi sejarah keluarga dan DNA hanyalah salah satu faktor. Terkait sistem pencernaan, beberapa studi menunjukkan bahwa mereka yang rutin minum air putih dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Karena air putih dapat melebur konsentrasi gen penyebab kanker dalam usus.

5. Mencegah penyakit jantung
Penyakit jantung merupakan momok menakutkan bagi masyarakat dunia. Minum air mineral adalah salah satu solusi untuk mencegah penyakit jantung. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology, mereka yang sudah terbiasa minum air putih lebih dari 8 gelas pada setiap harinya akan mengalami penurunan risiko sebesar 41 persen akibat penyakit jantung.

6. Mencegah sakit kepala
Minum air mineral dapat membantu meredakan sakit kepala yang disebabkan karena dehidrasi. Banyak sakit kepala yang faktor utamanya disebabkan oleh dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka otak akan berhenti bekerja dan menyebabkan migrain dan sakit kepala akibat dehidrasi.

7. Mengeluarkan toksin dalam tubuh
Air mineral merupakan salah satu cairan yang berkualitas dan dapat membersihkan sistem pencernaan. Mengonsumsi air mineral sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh perhari, maka toksin yang terdapat di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat ataupun urin. Selain itu, air putih juga dapat melarutkan unsur-unsur kimia dalam darah dan membantu memperbaiki jaringan tubuh.

8. Melancarkan buang air besar
Mereka yang sedang mengalami sembelit atau susah buang air besar dianjurkan untuk minum air mineral. Karena air putih merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi susah buang air besar. Air mineral sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan buang air besar.

9. Penyeimbang kelenjar getah bening
Tubuh kita memiliki 600 kelenjar getah bening. Ini adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh. Saat sistem getah bening bekerja dengan optimal, maka tubuh memiliki kekuatan lebih untuk mengatasi infeksi atau juga Infeksi Tiroid yang dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda.

10. Mengurangi kram
Kram ialah kejang otot yang bersifat mendadak dan terasa sangat sakit. Nyeri kram biasanya dapat berlangsung dari beberapa detik hingga menit dengan tingkat keparahan yang bervariasi. Hidrasi yang tepat dapat membantu menjaga sendi dan otot untuk dilumasi, sehingga cenderung tidak mudah untuk terkena kram dan terkilir, terutama ketika sedang berolahraga.

11. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Salah satu cara untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat adalah minum air mineral. Didalam rongga mulut terdapat yang namanya air ludah yang berfungsi sebagai self cleansing. Mengonsumsi asupan air mineral yang cukup dapat memelihara produksi air ludah, sehingga mengurangi risiko penyakit gigi dan mulut.

12. Menjaga berat badan ideal
Memiliki berat badan tubuh yang ideal merupakan impian bagi setiap orang. Bagi yang ingin menyesuaikan berat badan yang ideal, maka mulailah untuk mencukupi kebutuhan asupan air mineral setiap hari. Karena air mineral merupakan solusi alami dan mudah untuk mengatasi berat badan berlebih.

13. Mencegah dehidrasi
Tubuh terdiri dari 60 persen air. Karenanya, air penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Cairan tubuh yang terdiri dari air akan membantu pencernaan, sirkulasi darah, penyerapan, produksi air liur, serta transportasi nutrisi ke seluruh tubuh. Selain itu, air juga dapat membantu untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal.

14. Mencegah batu ginjal
Secara umum, penyakit batu ginjal disebabkan oleh garam dan garam menurut teori larut dalam air. Dengan mencukupi kebutuhan air mineral dalam tubuh, maka batu ginjal pada tubuh akan larut dan ikut keluar melalui urin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih dari 2 1/2 liter air putih setiap hari akan mengalami penurunan risiko batu ginjal sebanyak 40 persen.

15. Menjaga suasana hati
Mereka yang sedang dehidrasi akan mengalami suasana hati yang sedang memburuk, sakit kepala, kelelahan, sulita berkonsentrasi. Karenanya, minum air putih yang cukup setiap hari sangat bermanfaat untuk mencegah suasana hati yang memburuk.

15 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan TubuhTitle : 15 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Air putih atau air mineral memiliki berbagai manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita. Bila dikonsumsi setiap hari, maka dapat menyembuhkan ...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|