12.14.2014

Ini 7 Wisata Air Terjun Spektakuler di Indonesia

Ini 7 Wisata Air Terjun Spektakuler di Indonesia -
UniksPos -
Negara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia ini memiliki banyak keindahan alam yang mengagumkan. Negara kita memiliki beragam kekayaan alam yang sulit ditemukan di negara lain. Salah satunya adalah air terjun. Tapi apakah Anda mengenal air terjun menakjubkan yang ada di Indonesia?
Ini 7 Wisata Air Terjun Spektakuler di Indonesia
Air Terjun
Lantas dimana saja air terjun unik dan menakjubkan di Republik Indonesia? Berikut ini kami rangkum untuk Anda, 7 air terjun terindah yang menjadi objek wisata menarik di Indonesia.

1. Air Terjun Dua Warna, Sumatera Utara
Sumatera Utara memiliki banyak objek wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah air terjun dua warna yang terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Air terjun indah yang berwarna biru ini bersumber dari mata air Gunung Sibayak. Adapun keunikan air terjun indah ini adalah airnya yang tercurah ke danau. Air di kolam itu terdiri dari dua gradasi, yaitu putih-kelabu dan biru muda. Warna-warna ini disebabkan oleh kandungan fosor dan belerang di dalamnya. Selain itu, suhu air di sana pun berbeda. Air yang berwarna biru terasa sejuk, sementara air yang berwarna putih sedikit hangat.

2. Air Terjun Mursala, Tapanuli
Salah satu tempat menarik yang wajib dikunjungi di Pulau Mursala yang terletak di Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara ini adalah Air Terjun Mursala. Ini merupakan sebuah objek wisata di Mursala yang menyimpan keunikan tersendiri karena aliran airnya tidak jatuh ke sungai atau kolam, tapi langsung mengarah ke laut biru. Tebing granit berwarna kemerahan tempatnya mengalir pun berbentuk melandai seperti kemiringan bukit, tak seperti umumnya tebing air terjun yang memiliki kemiringan hampir 180 derajat. Fenomena geologi seperti ini memang langka. Di Indonesia sebenarnya hanya ada dua air terjun seperti ini. Selain Mursala yang jadi kebanggaan Tapanuli, ada pula Air Terjun Kahatola di Maluku.

3. Air terjun Madakaripura, Jawa Timur
Terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Air terjun Madakaripura merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dengan ketinggian mencapai 200 meter, air terjun ini dianggap sebagai air terjun tertinggi di pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Keunikan Madakaripura ini adalah airnya yang menetes dari ceruk-ceruk di area bukit hijau, menampilkan kesan seolah hujan menetes dari sana. Beberapa curahannya bahkan mengucur membentuk air terjun lagi. Air terjun yang sudah dikenal sejak zaman Majapahit ini disebut-sebut tempat pertapaan terakhir patih Gajah Mada. Karenanya, sebelum memasuki area air terjun yang bisa dicapai dari Malang atau Probolinggo ini pengunjung akan disambut oleh patung Gajah Mada yang sedang duduk bersila. Konon, ceruk di balik air terjun diyakini sebagai tempat pertapaan sang patih.

4. Air terjun Grojogan Sewu, Jawa Tengah
Terletak di lereng Gunung Lawu, di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Grojogan Sewu (Air terjun seribu) merupakan salah satu air terjun yang berada di Jawa Tengah. Grojogan Sewu terletak 27 kilometer di sebelah timur Kota Karanganyar. Air terjun Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu. Meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu, tapi ada beberapa titik air terjun yang menakjubkan di sini. Air terjun tertinggi mencapai 80 meter. Ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi namun pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang. Ketika musim hujan, area tebing akan dihujani oleh air. Namun saat musim panas, banyak air terjun yang mengering.

5. Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara
Terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara. Air Terjun Moramo merupakan air terjun bertingkat (berundak) yang indah dengan ketinggian mencapai 100 meter. Air terjun yang berjarak 65 kilometer dari kota Kendari ini merupakan objek wisata kebanggaan Sulawesi Tenggara. Airnya mengalir di dataran-dataran serupa terasering, seperti air terjun Baishuitai di Tibet dan Semuc Champey di Guatemala. Oleh karena bentuknya mirip dengan air terjun di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada, sehingga air terjun ini sering disebut Niagara-nya Indonesia. Meski mirip, namun ukurannya jauh lebih kecil dari air terjun Niagara.

6. Air Terjun Lawean, Jawa Timur
Terletak di dusun Turi, desa Geger, kecamatan Sendang, 25 kilometer arah barat daya kota Tulungagung. Dengan ketinggian 1200 mdpl, air terjun Lawean merupakan bagian dari lereng gunung Wilis. Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung harus menempuhnya dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer. Dengan 9 kali menyeberangi sungai, dan melewati hijaunya perbukitan, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini. Tidak jauh dari air terjun Lawean, terdapat pula air terjun lain yang tidak begitu tinggi tapi juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu air terjun Panda Wangi. Sementara di lokasi lain yang juga tidak jauh, terdapat Candi Penampehan. Semua lokasi di area air terjun sangat layak untuk dikunjungi.

7. Air Terjun Gitgit, Bali
Obyek wisata air terjun yang satu ini disebut-sebut sebagai air terjun terindah di pulau dewata, Bali. Terletak di Singaraja, tepatnya di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Air terjun Gitgit memiliki tiga air terjun yang saling berkesinambungan. Di bagian puncak adalah air terjun kembar yaitu air terjun besar dan kecil yang bersilangan. Air terjun kembar mengalir dan membentuk air terjun kedua di bawahnya. Air terjun ini lebih tinggi dan curam. Sementara air terjun ketiga tampak seperti air terjun yang bersusun. Air terjun yang berjarak 11 kilometer ke arah selatan dari Singaraja ini mempunyai ketinggian 35 meter dan merupakan air terjun tertinggi di pulau Bali.

Ini 7 Wisata Air Terjun Spektakuler di IndonesiaTitle : Ini 7 Wisata Air Terjun Spektakuler di Indonesia ~ UniksPos
Description : Negara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|