12.24.2014

Ini 10 Cara Terbaik Agar Mata tetap Sehat

Ini 10 Cara Terbaik Agar Mata tetap Sehat -
UniksPos -
Mata merupakan indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak dapat melihat. Sebagai organ berharga dan berperan penting, kehadiran mata sangat berarti bagi sang pemiliknya. Menurut para ahli, 83 persen jalur informasi dilakukan melalui mata.
Ini 10 Cara Terbaik Agar Mata tetap Sehat
Ilustrasi Mata
Supaya fungsinya tidak menurun seiring dengan bertambahnya usia, ada baiknya mata harus senantiasa terjaga. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Karenanya, cek beberapa tips penting berikut ini untuk menjaga kesehatan mata Anda.

1. Rutin memeriksa mata
Meski tidak ada keluhan, usahakan untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan mata ke dokter spesialis mata. Selain dapat mengetahui kondisi rabun jauh, rabun dekat, maupun silinder pemeriksaan mata juga dapat untuk mengetahui lebih awal penyakit mata glukoma yang tidak memiliki gejala supaya bisa lebih cepat diobati.

2. Istirahat yang cukup
Tidak hanya tubuh yang perlu istirahat, mata juga perlu istirahat. Ketika terlalu lama di depan layar komputer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apapun, mata anda akan lelah. Jika demikian anda perlu meluangkan waktu untuk mengistirahatkan mata dengan cara bersantai.

3. Mengatur jarak baca
Ketika anda sedang membaca, usahakan membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal membaca buku adalah 40 sentimeter dengan sudut 40-70 derajat dari permukaan meja. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit mata miopi ataupun rabun dekat.

4. Kurang waktu menatap layar komputer
Menatap layar komputer atau perangkat pintar dalam waktu lama dapat membuat pandangan kabur, mata kering, mata sulit fokus hingga nyeri punggung, leher dan bahu. Untuk menjaga mata supaya tetap sehat, pastikan jarak 35 cm dari layar komputer, duduk di kursi nyaman, istirahatkan mata setiap 20 menit dengan melihat sejauh 20 meter ke depan selama 20 detik. Beristirahatlah selama 15 menit setiap dua jam.

5. Menggunakan kacamata anti ultraviolet
Menggunakan kacamata hitam ketika beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari merupakan salah satu cara untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet. Mata yang terlalu banyak mendapat paparan sinar UV bisa meningkatkan risiko degenerasi makula dan katarak. Karenanya, pilih kacamata yang dapat menahan UVB dan UVA.

6. Mengonsumsi makanan sehat
Melindungi mata dimulai dengan memilih makanan yang sehat untuk mata. Makanan yang kaya kandungan Omega-3, vitamin C, vitamin E, lutein, dan zinc, dapat membantu dan mengatasi masalah yang terkait dengan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Oleh sebab itu, mengonsumsi sayuran hijau, ikan, telur, kacang-kacangan, jeruk, lemon, dan sitrus sangat disarankan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, usahakan juga untuk selalu menerapkan pola makan bergizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari obesitas yang bisa menyebabkan diabetes tipe 2. Diabetes adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kebutaan.

7. Kurangi penggunaan tetes mata
Mengurangi penggunaan obat tetes mata merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, tapi jangan terlalu sering. Jika berlebih, hal ini justru akan merusak kesehatan mata Anda.

8. Menggunakan pelindung mata
Jika Anda seorang welder, usahakan untuk mengenakan pelindung mata seperti Welding Goggles. Hal ini bertujuan untuk melindungi mata dari pijaran cahaya dan percikan material berbahaya dari alat las di tempat anda bekerja.

9. Gunakan pencahayaan yang cukup
Ketika sedang belajar atau membaca buku, usahakan tidak menggunakan penerangan yang terlalu redup. Karena penerangan yang kurang dapat mengganggu kesehatan mata anda.

10. Jangan mengucek mata
Agar mata tetap sehat, usahakan tidak mengucek mata. Karena ketika tangan dalam keadaan kotor, maka dapat menginfeksi organ mata yang nantinya akan berakibat buruk bagi kesehatan mata anda.

Ini 10 Cara Terbaik Agar Mata tetap SehatTitle : Ini 10 Cara Terbaik Agar Mata tetap Sehat ~ UniksPos
Description : Mata merupakan indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak dapat melihat. Sebagai organ berharga dan berperan penting, ke...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|