12.31.2014

Manfaat Khasiat Jus Tomat bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Khasiat Jus Tomat bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Tomat adalah buah kaya manfaat yang warnanya selalu identik dengan merah. Terdapat ratusan kultivar tomat yang dibudidayakan di seluruh dunia. Buah yang lezat ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, salah satunya jus. Bahkan Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan jika minum jus tomat secara teratur. Jus tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena terdapat nutrisi penting di dalamnya. Beberapa mineral yang terdapat pada buah tomat yaitu saponin, asam folat, asam sitrat, asam malat, bioflavonoid, protein, lemak, gula, adenin, trigonelin, kholin, tomatin, dan mineral-mineral penting seperti kalsium, magnesium, posfor, kalium, natrium, zat besi, sulfur, juga chlorine.
Manfaat Khasiat Jus Tomat bagi Kesehatan Tubuh
Buah Tomat
Selain itu tomat merupakan sumber tiamina, riboflavin, vitamin B6, C, dan E, likopen, niasin, juga histamin. Lantas, apa saja khasiat tersembunyi dari jus tomat untuk kesehatan tubuh? Penasaran, simak yang berikut ini.

1. Mencegah penyakit jantung
Penelitian menyebutkan kalau lycopene yang terdapat dalam jus tomat mampu mencegah dan menanggulangi penyakit jantung. Oleh sebab itu, pasien penyakit jantung sangat disarankan minum jus tomat secara teratur.

2. Buah yang kaya antioksidan
Tomat sangat kaya lycopene dan memberikan kontribusi lebih dari 85 persen dari asupan likopen yang diperlukan tubuh sehari-hari. Lycopene merupakan salah satu jenis antioksidan yang punya khasiat untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari, sel tubuh, dan organ penting lainnya.

3. Mengatasi kanker
Lycopene adalah pigment merah dari buaj tomat yang sudah matang. Zat ini memiliki peranan penting untuk melindungi DNA dalam sel darah putih, sehingga sistem imun menjadi lebih kuat untuk menanggulangi kanker.

4. Mengatasi diabetes
Berdasarkan sejumlah penelitian, jus tomat sangat ampuh dalam menghambat penggumpalan pembuluh darah. Karenanya, minuman jus ini sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

5. Menyembuhkan penyakit paru-paru
Jus tomat segar adalah penyembuh alami dari dalam, termasuk meredakan penyakit paru-paru, bronkitis, dan tuberkulosis.

6. Melancarkan pencernaan
Sebelum makan, ada baiknya jika jus tomat dikonsumsi sebagai makanan pembuka. Jus ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan karena kaya akan serat.

7. Sumber energi tubuh
Kandungan kalium dalam jus tomat bisa mengatasi rasa letih dan lesu. Jika ingin mendapatkan energi instan, Anda dianjurkan minum jus tomat segar setelah berolahraga.

8. Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A yang terdapat dalam tomat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, konsumsi jus tomat juga bermanfaat untuk melindungi mata dari berbagai masalah yang dapat mengganggu indera penglihatan, seperti rabun, katarak, dan lain sebagainya.

9. Melindungi kulit
Buah tomat merupakan sumber likopen. Kandungan likopen dalam tomat bermanfaat untuk mencegah kerusakan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar UV yang berasal dari matahari. Mengonsumsi jus tomat secara teratur adalah salah satu cara untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

10. Mencegah sembelit
Jus tomat yang dicampur dengan jus bayam bukan cuma menyehatkan hati, tetapi juga ampuh untuk mencegah sembelit atau buang air besar.

Manfaat Khasiat Jus Tomat bagi Kesehatan TubuhTitle : Manfaat Khasiat Jus Tomat bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Tomat adalah buah kaya manfaat yang warnanya selalu identik dengan merah. Terdapat ratusan kultivar tomat yang dibudidayakan di seluruh dun...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|