7.02.2014

5 Bangunan Menakjubkan di Kota Beijing

5 Bangunan Menakjubkan di Kota Beijing -
UniksPos -
Seperti yang kita ketahui bahwa Beijing memang kaya akan bangunan bersejarah, bahkan bangunan satu ini masuk dalam kategori tujuh keajaiban dunia. Apalagi kalau bukan tembok besar Cina atau Tembok Raksasa Tiongkok, merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia. Tembok ini telah terkenal hingga ke seluruh dunia. Tembok ini panjangnya 21,196,18 meter. Selain tembok besar Cina, Beijing juga memiliki lima bangunan unik dan menakjubkan. Bangunan apa sajakah yang dimaksud? Penasaran, mari kita simak yang berikut!

1. Stadion Nasional, Sarang Burung Raksasa di Beijing
5 Bangunan Menakjubkan di Kota Beijing
By Steveny5997 at zh.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Stadion Nasional Beijing, yang juga dikenal sebagai Stadion Nasional atau "Sarang Burung" berdasarkan arsitekturnya, adalah sebuah stadion yang dibangun khusus untuk menyambut olimpiade di kawasan zona hijau Olimpiade (Olympic Green) Beijing, Republik Rakyat Tiongkok dan telah dibuka pada bulan Maret 2008. Stadion ini pernah dijadikan tempat olimipiade di beijing pada tahun 2008 lalu. Selain bentuknya yang unik, yang paling penting bagi sebuah stadion adalah lapangannya. Lapangan di stadion ini dibuat dengan mempertimbangkan aspek keindahan serta tetap memperhatikan kualitas tanah dan rumputnya. Masyarakat setempat juga memanfaatkan area stadion ini untuk berbagai macam kegiatan, seperti berolahraga dan berjalan-jalan. 

2. Kantor pusat CCTV, Ikon modern Kota Beijing
Cctv 2009
By Dmitry Fironov.Castelfranco at ru.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Kantor pusat CCTV atau China Central Television Headquarters adalah bangunan pencakar langit 44 lantai di Distrik Pusat Bisnis Beijing dan menjadi kantor pusat China Central Television. Luas bangunan ini mencapai 4 kilometer persegi, dengan desain ruangan yang rumit namun terlihat megah dan elegan. Pada dasarnya bangunan ini berbentuk balok berdiri, dengan bagian tengah yang dihilangkan, namun pada bagian atasnya tersambung, sehingga bangunan ini terlihat seperti dua gedung, dengan atap yang bersambung. Karena bangunan ini merupakan bangunan yang sangat tinggi, sehingga dapat terlihat dari radius 1 kilometer. 

1. Kuil Tiantan, Kuil surga tempat persembahyangan sakral
11 Temple of Heaven
By Philip Larson (Beijing, China) [CC-BY-SA-2.0], via Wikimedia Commons
Temple of Heaven, secara harfiah Altar of Heaven, Tiantan, Abkai Mukden atau Kuil Surga, adalah kompleks bangunan keagamaan yang terletak di bagian tenggara dari pusat kota Beijing. Kompleks dipergunakan oleh Kaisar dari dinasti Ming dan Qing untuk upacara tahunan doa ke Surga untuk panen yang baik. Dibangun pada abad 15 M, dan dibuat di atas lahan seluas 2.700 kilometer persegi. Arsitekturnya menyimbolkan kaitan bumi dan langit yaitu manusia dan Tuhannya. Menurut mitologi Cina, ini berkaitan dengan kaisar sebagai anak langit dalam kepercayaan mereka. 

Kuil Tiantan dikelilingi tembok yang panjang. Di bagian utara dibuat agak bulat menyimbolkan langit dan selatan persegi menyimbolkan bumi. Hal ini selaras dengan pemikiran Tiongkok kuno yang berbunyi Surga itu bulat dan bumi itu persegi. Bagian utara juga dibuat lebih tinggi dari bagian selatannya. Kuil tiantan, merupakan salah satu situs warisan dunia, dimana taman ini dijuluki Temple of Heaven atau Kuil Surga, karena merupakan tempat bersembahyang kepada dewa langit oleh masyarakat Cina.

3. National Grand Theatre, Bangunan telur raksasa di Beijing
National Grand Theatre
By Flickr user Hui Lan from Beijing, China (national theatre at Flickr) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons
National Grand Theater berdiri diatas lahan seluas 26 hektar, mulai dibangun sejak tahun 2001, dan pada bulan Juli 2007 telah selesai dengan sempurna. Dirancang oleh seorang seniman juga sebagai seorang teknokrat dan ilmuwan, Paul Andreu. Bangunan ini menggunakan bahan-bahan yang terbaik, dinding yang dilapisi kayu merah dari Brazil, dan ceiling dari kulit kayu yang didatangkan dari Afrika, granit lokal terbaik, interior opera house dindingnya dilapisi dengan kain sutera terbaik yang tahan api. Semua perusahaan yang menjadi penyedia bahan untuk National Grand Theater, entah itu construction company, dan macam-macam supplier, mereka semua terangkat reputasinya karena andil mereka untuk pembangunan Gedung Teater Nasional ini. Gedung ini menampilkan karya-karya seni 30% import dan 70% lokal, dan bukan hanya sebagai tempat pertunjukan pentas seni Opera, tetapi juga sebagai pusat kajian. 

5. Water Cube, Gelembung air raksasa yang spektakuler
Beijing National Aquatics Centre 20110510
By 颐园新居 (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Pusat Akuatika Nasional Beijing, yang juga dikenal sebagai Water Cube, adalah sebuah pusat akuatika yang dibangun di samping Stadion Nasional Beijing untuk Olimpiade Beijing 2008 dengan kapasitas 17.000 orang. Water Cube adalah pusat kegiatan olahraga air di Beijing juga sebagai salah satu bangunan unik yang didirikan oleh pemerintah, sebagai daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Beijing. Masyarakat biasa menyebutnya dengan istilah “Water Cube”. Dibangun di atas tanah seluas 65 ribu meter persegi oleh perusahaan arsitektur PWE asal Australia, dengan desain dari CSCEC, serta konstruksi oleh perusahaan berbasis di London, Arup. Beijing National Aquatics Center mengambil model kubus air berwarna biru. Tak jauh dari sini terdapat Stadion Nasional Beijing yang menyerupai arang burung raksasa.

5 Bangunan Menakjubkan di Kota BeijingTitle : 5 Bangunan Menakjubkan di Kota Beijing ~ UniksPos
Description : Seperti yang kita ketahui bahwa Beijing memang kaya akan bangunan bersejarah, bahkan bangunan satu ini masuk dalam kategori tujuh keajaiba...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->