7.29.2014

7 Peristiwa Koma yang Menggemparkan Dunia

7 Peristiwa Koma yang Menggemparkan Dunia -
UniksPos -
Mungkin anda tahu apa yang dimaksud dengan koma? Koma yang berarti “tidur nyenyak” dalam dunia kedokteran, adalah suatu kondisi hilang sadar yang sangat dalam. Pasien koma tidak dapat dibangunkan, tidak memberikan respons normal terhadap rasa sakit, juga tidak memiliki siklus tidur-bangun, dan tidak dapat melakukan tindakan apapun. Kondisi tidak sadarkan diri dalam jangka waktu yang panjang ini, biasanya terjadi karena sebab yang tergolong ekstrim. Seperti kecelakaan atau penyakit kronis lainnya. 
7 Peristiwa Koma yang Menggemparkan Dunia
7 Peristiwa Koma yang Menggemparkan Dunia
Namun dibalik itu, ada beberapa kisah kejadian yang jarang terjadi ketika orang bangun dari koma. Bahkan perilaku aneh dan tak biasa saat mereka sadar, membuat kita heran dan mungkin tak percaya. Berikut ini ada beberapa kisah unik saat terbangun dari koma. Mari kita simak bersama-sama!

1. Hilang ingatan ketika terbangun dari koma
Liz Sykes, terbaring dalam koma selama berhari-hari dan menderita kerusakan otak. Kejadian bermula saat Liz mengemudi mobil dan melakukan perjalanan dari rumahnya ke tempat kerja. Tiba-tiba ia kehilangan keseimbangan dan mobilnya pun terjungkir. Seminggu setelah kejadian tersebut, Liz mengalami kejang yang berkepanjangan. Untuk menyelamatkan hidupnya, dokter pun mengambil tindakan dengan membuatnya koma. Liz didiagnosis terserang ensefalitis, penyakit menyebabkan peradangan otak. Ketika Liz terbangun dari koma, ingatan tentang hidupnya selama ini hilang begitu saja. Ia tidak bisa lagi melakukan tugas paling sederhana seperti berjalan dan berbicara. Kondisinya saat itu seperti anak bayi yang baru saja lahir. Liz akhirnya menghabiskan waktu 11 bulan di pusat-pusat rehabilitasi di Leeds dan York untuk memulihkan kondisinya.

2. Terbangun dari koma setelah mendengar suara Del Piero
Gadis berusia 12 tahun bernama Giada Scalise sangat mengidolakan sosok Del Piero. Namun, ia mengalami koma di tengah pertandingan Juventus vs Atalanta, setelah sebelumnya mengeluh kesakitan. Tak diketahui apa yang menyebabkan gadis itu koma, yang jelas Giada sudah beberapa malam hilang kesadaran. Orangtuanya yang kebingungan kemudian mencoba menemui sang idola dan memintanya mengirim pesan untuk mendorong kesembuhan Giada. Tanpa ragu Del Piero memenuhi permintaan tersebut. Isi pesan Ale yaitu, “Hallo Giada, Aku Alesandro Del Piero. Aku berharap kamu segera bangun secepat mungkin, supaya kamu bisa menonton pertandingan Juventus sebanyak mungkin dan bertemu dengan kami semua”. Keajaiban pun terjadi. Sejak pertama kali pesan itu diperdengarkan ke telinganya, Giada memberi respon dengan menggerak-gerakkan jari tangan. Dan hanya dalam hitungan beberapa jam kemudian, Giada tersadar dari komanya.

3. Terbangun setelah mendengar lagu Mamma Mia
Layla Towsey didiagnosis menderita meningitis B dan meningococcal septicaemia yang bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. Layla koma selama lima hari, keluarganya tidak berharap banyak karena kondisi Layla yang sangat kritis. Akan tetapi ketika ada yang menyanyikan lagi Mamma Mia dari Abba, tiba-tiba Layla terbangun dan sadar dari koma. Selain itu, ia sering menyanyikan lagu ini sebagai pemulihan dari sakitnya dan ternyata lagu ini berhasil membuatnya sembuh dari penyakit yang akan mengambil nyawanya.

4. Terbangun dari koma setelah 19 tahun
Seorang pria terbangun dari koma yang panjang selama 19 tahun. Mr Wallis baru saja merayakan kelahiran putrinya ketika, pada Jumat 13 Juli 1984, truk yang ia kendarai menabrak pembatas jalan dan terjun ke sungai kecil. Naasnya, truk tersebut baru ditemukan 24 jam kemudian dan Mr Wallis sudah lumpuh dari leher ke bawah dan dengan dalam keadaan koma. Ia tersadar kembali setelah 19 tahun kemudian, Mr Wallis masih merasa berada di tahun 1984. Uniknya, Mr Wallis terbangun dari koma pada tanggal dan hari yang sama pada saat terjadinya kecelakaan.

5. Sengaja dibuat koma untuk menyelamatkan bayi yang dikandung

Valerie Lea (35 tahun) menderita flu babi dengan kondisi buruk dan dirawat di rumah sakit akibat kesulitan bernapas saat ia hamil 27 minggu. Untuk menyelamatkan nyawa ibu dan anak, dokter memutuskan untuk menempatkan ibu dalam keadaan koma dan melakukan operasi caesar. Seminggu kemudian ia baru sadar dan mendapati perutnya sudah rata dan menyadari bahwa bayinya sudah dikeluarkan.

6. Menderita amnesia setelah koma

Liz Skies mengalami koma berminggu-minggu karena menderita kerusakan otak dan kejang berkepanjangan. Untuk menyelamatkan nyawanya, dokter mengambil keputusan untuk membuat Liz menjadi koma. Tapi saat bangun ia kehilangan memori jangka pendek, tidak bisa melakukan tugas-tugas sederhana dan harus kembali belajar berjalan serta berbicara.

7. Fasih berbahasa Jerman setelah koma

Sandra Ralic (13 tahun) membuat dokter bingung, gadis yang sebelumnya berbahasa Krosia berubah menjadi fasih berbahasa Jerman setelah mengalami koma 24 jam. Namun dokter belum dapat mengetahui apa yang menyebabkan ia fasih bahasa Jerman dan lupa bahasa Kroasia setelah koma.

7 Peristiwa Koma yang Menggemparkan DuniaTitle : 7 Peristiwa Koma yang Menggemparkan Dunia ~ UniksPos
Description : Mungkin anda tahu apa yang dimaksud dengan koma? Koma yang berarti “tidur nyenyak” dalam dunia kedokteran, adalah suatu kondisi hilang sada...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|