7.29.2014

Tips-Tips Mudah untuk Membersihkan Plak (Karang Gigi)

Tips-Tips Mudah untuk Membersihkan Plak (Karang Gigi) -
UniksPos -
Gigi yang putih dan bersih serta dan berkilau tanpa karang gigi adalah idaman bagi semua orang. Karang gigi banyak memberikan efek kurang baik, selain meyebabkan gigi nampak jelek juga memberikan efek gusi berdarah serta memberikan bau tidak sedap pada mulut anda. Sebab karang gigi merupakan sarang kuman. Dari hal tersebut dapat membuat kepercayaan diri anda berkurang, terutama bagi anda yang bekerja dengan orang banyak. Diperkirakan hampir sebagian besar orang memiliki karang gigi di mulutnya dengan tingkat keparahan yang berbeda. Sampai saat ini karang gigi merupakan penyebab kedua terbesar hilangnya gigi setelah karies (gigi berlubang). Karang gigi menjadi tempat melekatnya bakteri.
Wisdom teeth 2
By Steven Fruitsmaak (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Karenanya banyak orang yang ingin mengetahui cara menghilangkan karang gigi dengan cepat dan tanpa rasa sakit. Pada karang gigi yang semakin menebal akan menjadi sarang kuman. Menurut penelitian oleh beberapa pakar kesehatan dunia, masalah karang gigi ini dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan plak atau karang gigi.
  1. Menyikat gigi dengan benar minimal dua kali sehari. Bagian gusi juga harus kita bersihkan. Gusi bagian atas dengan menggosoknya ke arah atas ke bawah, sedangkan untuk gusi rahang bawah dari arah bawah ke atas.
  2. Rutin mengkonsumsi buah dan atau sayur karena seratnya dapat membantu menghilangkan sisa makanan di gigi dan gusi kita.
  3. Mengkonsumsi buah apel. Mengonsumsi buah apel tanpa dikupas kulitnya juga akan membantu membersihkan gigi dari karang gigi. Selain manfaat dari kandungan gizinya, juga menjaga gigi dari plak. Tentu saja ini harus kita lakukan secara rutin.
  4. Rutin membersihkan bekas sisa makanan yang ada di sudut dan sela-sela gigi dengan benang gigi. Benang gigi dapat anda manfaatkan supaya sisa makanan tidak tertinggal pada gigi. Sebab hal itulah yang menyebabkan karang gigi terbentuk jika tinggal dalam waktu yang lama.
  5. Biji asam kawak bisa kita gunakan untuk menghilangkan karang gigi. Adapun caranya yaitu sangrai biji asam kawak, kemudian haluskan dengan cara diblender atau ditumbuk. Setelah itu bubuk dari biji asam kawak bisa kita gunakan untuk menggosok karang gigi dengan bantuan sikat gigi atau kapas.
  6. Cengkeh juga bisa kita gunakan untuk membersihkan karang gigi. Pertama-tama siapkan cengkeh sebanyak 7 buah. Kemudian tumbuk halus dan hasilnya kita gunakan untuk menggosok karang gigi. Bubuk cengkeh ini bisa pula kita gunakan untuk berkumur.
  7. Menggunakan serbuk batu merah. Pertama-tama batu merah dihaluskan hingga berbentuk bubuk dan kemudian gosokkan pada bagian gigi yang ingin dibersihkan dari karang. Setelah itu bersihkan dan ulangi hingga tiga kali.
  8. Rutin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur dengan pasta gigi yang mencegah plak. Rutin menggosok gigi dengan pasta gigi yang mencegah plak dapat membantu anda membersihkan karang gigi.
  9. Rutin berkumur-kumur dengan cairan pembersih mulut atau dental floss yang dapat mencegah plak karang gigi.
  10. Rutin minum air putih yang bersih sambil berkumur-kumur.
Jadi itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan karang gigi. Semoga bermanfaat!

Tips-Tips Mudah untuk Membersihkan Plak (Karang Gigi)Title : Tips-Tips Mudah untuk Membersihkan Plak (Karang Gigi) ~ UniksPos
Description : Gigi yang putih dan bersih serta dan berkilau tanpa karang gigi adalah idaman bagi semua orang. Karang gigi banyak memberikan efek kurang b...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->