7.08.2014

Khasiat Buah Jambu Biji yang Belum Anda Ketahui (Psidium Guajava)

Khasiat Buah Jambu Biji yang Belum Anda Ketahui (Psidium Guajava) -
UniksPos -
Usut punya usut, ternyata Jambu Biji merupakan buah yang berasal dari Brazil dan disebarluaskan melalui Negara Thailand. Terkadang buah ini di kenal juga dengan nama Jambu Batu atau Jambu Kelutuk. Sementara nama ilmiahnya adalah Psidium Guajava. Pada umumnya, orang menganggap jambu biji hanya dapat  membantu mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah saja. Akan tetapi, buah jambu ini selain kaya akan vitamin C dan juga memiliki banyak khasiat kesehatan yang belum banyak diketahui.
Khasiat Buah Jambu Biji yang Belum Anda Ketahui (Psidium Guajava)
Khasiat Buah Jambu Biji yang Belum Anda Ketahui (Psidium Guajava)
Jambu biji mengandung berbagai zat gizi yang dapat digunakan sebagai obat untuk kesehatan. Sebetulnya, kandungan vitamin C pada jambu biji dua kali lipat dari jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 gr buah. Vitamin C itu terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal. Kandungan vitamin C pada jambu biji akan memuncak saat menjelang matang.

Menurut beberapa ahli kesehatan, jambu mempunyai banyak manfaat. Mulai dari penyakit yang sederhana hingga penyakit yang berat seperti kanker. Untuk mengetahui ragam khasiat mengkonsumsi buah jambu biji bagi kesehatan, mari kita simak bersama-sama yang berikut ini!

1. Mencegah kanker
Jambu biji mengandung antioksidan anti kanker, likopen. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh jika dibanding yang berasal dari tomat sebab perbedaan dalam struktur selnya. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama pada jambu biji berdaging merah.

2. Merawat kulit
Berkat adanya kandungan astringet di dalam jambu biji, maka dapat meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Tak hanya itu, jambu biji juga mengandung vitamin A, C dan potasium yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.

3. Melindungi sel-sel tubuh
Jambu biji akan melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu jambu biji juga bermanfaat untuk perawatan kulit. Tentu saja hal ini dikarenakan kandungan zat antioksidan dan vitamin C yang tinggi di dalam jambu biji.

4. Mengatasi hipertensi
Jika ingin terhindar dari serangan jantung, maka sebaiknya harus rutin mengkonsumsi jambu biji. Sebab, buah ini menjadi hipoglikemik di alam dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, jambu biji berukuran sedang bisa mencukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian juga menunjukkan rutin mengkonsumsi potasium dapat menurunkan tekanan darah.

5. Menstabilan tekanan darah
Kandungan kalium di dalam buah jambu biji bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan juga mengontrol kestabilan tekanan darah Anda.

6. Mengobati diare
Tanaman jambu biji memiliki astringen, zat kimia yang dapat menyusutkan jaringan tubuh. Oleh karenanya, gusi akan terasa lebih keras dan segar setelah kita mengunyah jambu biji. Selain itu daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena diare atau disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C dan potasium.

7. Sebagai desinfektan dan antibakteri
Zat astringent yang terdapat pada jambu biji bersifat alkali dan memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare atau disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba.

8. Mengatasi batuk dan flu
Telah sejak dulu kala, daun jambu biji yang dimakan mentah ataupun jus buahnya yang masih mentah sebagai obat untuk mengatasi batuk dan flu. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas infeksi. Selain itu, buah jambu biji juga kaya akan vitamin C dan zat besi yang efektif untuk menghambat infeksi virus flu.

9. Memperbaiki penglihatan
Tingginya kandungan vitamin A yang terdapat di dalam jambu biji sangat ampuh untuk mengembalikan atau memperbaiki penglihatan mata anda. Oleh karenanya, sesering mungkin untuk mengkonsumsi jambu biji.

10. Mencegah sembelit
Akibat tingginya kandungan serat pada jambu biji, sehingga sangat efektif untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Buah jambu biji ukuran sedang mengandung 36 persen kebutuhan serat yang disarankan. Disamping itu, biji buah ini juga menjadi laksatif yang ampuh yang berguna untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus.

11. Menurunkan berat badan
Dengan adanya komponen serat, protein dan vitamin pada jambu biji maka sangat berguna untuk menurunkan berat badan. Buah ini juga membuat perut terasa lebih kenyang. Jambu biji berukuran sedang yang dikonsumsi ketika makan siang sudah cukup untuk mengganjal perut hingga makan malam tiba.

12. Mengatasi sariawan
Vitamin C yang terkandung dalam jambu biji empat kali lebih tinggi dibanding dengan vitamin C yang terdapat dalam jeruk. Selain itu, buah ini juga menjadi obat yang ampuh untuk sariawan, penyakit yang ditandai dengan gusi bengkak dan berdarah.

13. Mengatasi masalah pernapasan
Jus dari jambu biji juga memiliki khasiat sebagai obat alami karena dapat menyembuhkan masalah pernapasan.

14. Merawat gusi
Perbanyak mengkonsumsi jus jambu biji, maka gusi akan senantiasa sehat. Sehingga anda akan terbebas dari masalah gusi bengkak dan berdarah.

15. Mengobati diabetes melitus
Bagi anda yang sedang bingung mencari cara untuk mengobati Diabetes Melitus. Tak ada salahnya mencoba untuk merebus jambu biji dan diambil airnya untuk diminum, sebab sangat berguna untuk mengatasi Diabetes Melitus.

16. Mengatasi Diabetes
Berkat adanya serat pektin pada jambu biji, sehingga mampu berperan untuk menurunkan kadar glukosa darah. Oleh karenanya sangat cocok jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

17. Menyembuhkan diabetes pada anak
Pada anak-anak dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah jambu biji karena dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah. Sehingga diabetes yang di derita akan segera sembuh.

18. Mencerdaskan otak
Selain bermanfaat untuk kanker, diabetes, dan hipertensi, ternyata Jambu biji juga dapat meningkatkan fungsi otak. Hal initak terlepas dengan adanya kandungan vitamin B yang penting untuk sirkulasi darah.

Jadi setelah mengetahui beragam khasiat atau manfaat jambu biji, tentu anda tak perlu ragu untuk mengkonsumsi buah kaya manfaat ini.

Khasiat Buah Jambu Biji yang Belum Anda Ketahui (Psidium Guajava)Title : Khasiat Buah Jambu Biji yang Belum Anda Ketahui (Psidium Guajava) ~ UniksPos
Description : Usut punya usut, ternyata Jambu Biji merupakan buah yang berasal dari Brazil dan disebarluaskan melalui Negara Thailand. Terkadang buah ini...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->