7.15.2014

Khasiat dan Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Kunyit atau kunir, adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Kunyit adalah tanaman obat yang cukup populer di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa kesehatan pun dapat ditingkatkan dengan terus mengkonsumsi tanaman obat nan alami. Pada umumnya, kunyit merupakan bahan rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam masakan, namun kini kunyit banyak digunakan untuk pembuatan jamu, karena memang kunyit sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat kunyit untuk kesehatan mungkin jarang diketahui. Karena memang kunyit lebih dikenal hanya sebagai bumbu masakan. 
Khasiat dan Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh
Khasiat dan Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh
Diketahui bahwa ada banyak kandungan senyawa dalam kunyit yang bermanfaat sebagai obat herbal, Adapun salah satu kandungan tersebut yaitu kurkuminoid, dimana kandungan ini terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10 persen, dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1 hingga 5 persen. Selain itu, ternyata kunyit juga mengandung zat besi, zat fosfor, garam-garam mineral, minyak atsiri, lemak, protein, dan masih banyak lagi. Akibat kandungan tersebut sehingga banyak manfaat kunyit bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat kunyit bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui.

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Kandungan berbagai macam vitamin dan mineral seperti potasium dan zat besi di dalam kunyit sangat diperlukan untuk membangun sel darah merah. Sedangkan kalium di dalamnya mampu untuk mengontrol tekanan darah dan denyut jantung.

2. Melancarkan pencernaan
Kandungan minyak atsiri dan kurkumin yang terdapat di dalam kunyit bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan.

3. Mencegah alzheimer
Di dalam kunyit terdapat zat yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Dengan mengkonsumsinya secara rutin maka anda dapat terhindar dari penyakit Alzheimer, yaitu sejenis penyakit yang akan bermasalah dengan ingatan dan cara berpikir.

4. Mencegah anemia
Anemia merupakan penyakit kurangnya sel darah merah. Salah satu penyebab anemia yaitu kurangnya zat besi, karena zat besi merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah tersebut. Maka untuk menghindari anemia anda bisa mengkonsumsi kunyit secara rutin.

5. Mengobati tifus
Anda bisa membuat obat tifus dengan kunyit, adapun caranya yaitu dengan menumbuk 2 rimpang kunyit yang dicampurkan dengan 1 bonggol serai dan 1 lembar daun sambiloto. Setelah halus tambahkan 1 gelas air matang, saring dan minum ramuan tersebut selagi masih hangat.

6. Mengurangi resiko diabetes
Kandungan kurkumin dalam kunyit juga sangat bermanfaat untuk mengurangi resistansi insulin. Sehingga membuat kandungan kadar glukosa dalam darah anda dapat dikendalikan, dengan begitu anda akan terhindar dari diabetes.

7. Mencegah kanker
Antioksidan yang terkandung dalam kunyit bermanfaat untuk mencegah kerusakan dan mutasi sel. Selain itu terdapat pula kandungan kurkumin, dimana kandungan ini bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan kanker seperti kanker perut, kanker usus, dan kanker kulit.

8. Meningkatkan sistem imun tubuh
Kurkumin yang ada di dalam kunyit adalah salah satu zat anti oksidan yang kuat. Zat ini mampu mencegah radikal bebas yang mengganggu sistem DNA.

9. Mengobati asma
Satu sendok bubuk kunyit yang dicampur dengan segelas susu hangat sangat efektif untuk mengobati asma, flu, pilek, dan batuk.

10. Menurunkan kolesterol
Selain kaya akan zat anti oksidan, kunyit juga efektif untuk menurunkan LDL atau kolesterol buruk dalam darah

Wah, ternyata lumayan banyak juga ya manfaat kunyit ini. Perlu juga untuk diketahui bahwa, meski kunyit yang ajaib ini mempunyai banyak manfaat akan tetapi tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit empedu. Sebab nantinya akan memperburuk kondisi penderita.

Khasiat dan Manfaat Kunyit bagi Kesehatan TubuhTitle : Khasiat dan Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Kunyit atau kunir, adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penye...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->