7.10.2014

Khasiat dan Manfaat Lada bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Lada bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Piper Albi Linn atau lada ialah jenis tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Lada atau yang biasa juga disebut sebagai merica merupakan salah satu rempah-rempah yang paling banyak digunakan dalam masakan untuk menambahkan rasa di setiap makanan. Selain dijadikan sebagai bumbu masakan, rupanya lada juga baik untuk kesehatan dan akan memberikan banyak manfaat apabila dikonsumsi secara teratur.
Khasiat dan Manfaat Lada bagi Kesehatan Tubuh
Khasiat dan Manfaat Lada bagi Kesehatan Tubuh
Di berbagai penjuru dunia, ada beberapa jenis dari lada namun yang paling umum adalah lada hitam dan lada putih. Kedua jenis lada ini tentunya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Seperti pencegah kanker, masalah pencernaan, jerawat dan lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang ragam khasiat dan manfaat mengkonsumsi lada bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah kanker
Manfaat lada hitam yang pertama adalah dapat menyembuhkan kanker. Hal ini dikarenakan di dalam bumbu ini terdapat zat piperine, vitamin C, A dan flavonoid yang berkhasiat untuk menghambat perkembangan sel kanker.

2. Mengurangi nyeri dan gigitan serangga
Selain mencegah kanker, lada hitam juga bermanfaat sebagai pengobatan ketika Anda digigit serangga. Ketika ditambahkan sebagai minyak pijat, lada hitam diketahui dapat mengurangi nyeri sendi.

3. Mengatasi masalah pencernaan
Berbagai masalah pencernaan seperti kembung, susah buang air besar, diare, ataupun mual dapat diatasi dengan mengkonsumsi lada hitam. Cukup menambahkannya pada masakan anda, maka kandungan zat-zat bermanfaat yang terdapat pada lada dapat membantu meredakan masalah pencernaan dalam waktu yang relatif singkat.

4. Mengurangi depresi
Zat Piperine yang terkandung di dalamnya, bermanfaat sebagai antidepresan. Sehingga lada hitam dapat meningkatkan kapasitas kognitif dan mengurangi depresi.

5. Menurunkan berat badan
Selain manfaat di atas, rupanya lada hitam juga bermanfaat untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Kandungan phytonutrient yang terkandung dalam lada hitam dapat membuang sel-sel lemak yang ada di dalam tubuh.

6. Mencegah jerawat
Ternyata bumbu ajaib ini juga dapat digunakan sebagai masker alami untuk mengobati berbagai masalah kulit. Bisa dijadikan scrub yang dapat membuang sisa-sisa sel kulit mati, mempermudah oksigen yang masuk dalam kulit, memberikan nutrisi pada kulit dan menjadi antibakteri penyebab utama jerawat Anda.

7. Mengatasi ketombe
Sebagai antibakteri dan anti peradangan yang tentunya bisa mengusir bakteri yang penyebab infeksi di kulit kepala. Hal ini menjadikannya sebagai pencegah munculnya ketombe di kulit kepala Anda.

8. Meredakan demam dan flu
Apabila Anda mengalami demam dan flu, anda dapat meredakannya dengan semangkuk sup hangat yang dicampur dengan lada hitam. Nikmati selagi masih panas dan tidur Anda akan lebih nyenyak. Sebab lada hitam ini dapat membuat hidung dan tenggorokan menjadi lega.

9. Mengeluarkan toksin dalam tubuh
Selain itu, lada hitam juga dapat menyebabkan seseorang berkeringat dan sering buang air kecil, untuk mengeluarkan toksin yang ada di dalam tubuh. Hal ini juga baik untuk jantung, sebab sangat membantu dalam pembersihan arteri dan memurnikan darah.

10. Tekanan darah tinggi
Pada umumnya lada dan cabai sangat kaya akan flavonoid, vitamin C dan A, yaitu zat yang dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Jadi kesimpulannya, untuk mendapatkan beragam manfaat dari salah satu bumbu masakan ini, Anda hanya perlu menambahkan sedikit lada hitam atau putih kedalam masakan, Dengan begitu Anda akan mendapatkan manfaat dari lada. Sementara untuk pengobatan luar seperti jamur pada kulit atau mengatasi kondisi tertentu, cukup dengan mengoleskan bubuk lada pada daerah yang akan diobati. Sangat mudah dan praktis ya, dan tentu perlu untuk Anda coba dirumah supaya kesehatan dan kecantikan senantiasa terjaga.

Khasiat dan Manfaat Lada bagi Kesehatan TubuhTitle : Khasiat dan Manfaat Lada bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Piper Albi Linn atau lada ialah jenis tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada bersifat s...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->