7.19.2014

Ragam Manfaat Jus Mentimun bagi Kesehatan Tubuh

Ragam Manfaat Jus Mentimun bagi Kesehatan Tubuh -
UniksPos -
Mentimun, timun, ketimun atau cucumber merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Mentimun masih merupakan keluarga dari melon dan semangka. Biasanya, buah mentimun dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. 
Ragam Manfaat Jus Mentimun bagi Kesehatan Tubuh
Jus Mentimun
Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Di pasaran Indonesia, buah sayur yang satu ini harganya relatif murah dan sangat mudah untuk ditemukan baik di pasar tradisional maupun di supermarket ternama. Tak jauh berbeda seperti sayuran lainnya, mentimun juga memiliki nutrisi yang cukup lengkap. Bahkan dengan diolah menjadi jus mentimun, kandungan gizinya tidak akan berkurang. 

Berikut ini ragam manfaat Jus Mentimun bagi kesehatan tubuh
Diketahui bahwa jus mentimun kaya akan Vitamin A dan Vitamin C. Pada daging buah mentimun cukup banyak mengandung Vitamin C, sedangkan Vitamin A banyak terkandung pada kulitnya. Membuat jus mentimun dengan cara mengupasnya terlebih dahulu memang menambah kesegaran rasa jus mentimun, tetapi nutrisi Vitamin A yang terkandung dalam kulitnya banyak yang terbuang.

Mengkonsumsi jus mentimun yang dicampur dengan sedikit madu secara rutin sehari 2 kali dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Jus mentimun juga dipercaya dapat menyembuhkan diabetes karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

Kemudian manfaat jus mentimun yang selanjutnya adalah mampu mengurangi retensi cairan. Diketahui bahwa mentimun memiliki kandungan air hampir 97 persen, yang dapat membantu meringankan retensi cairan. Kandungan asam caffeic yang terdapat pada mentimun dipercaya mampu mengurangi peradangan dan dapat membantu mengurangi kristalisasi asam urat. Jus mentimun yang dicampur dengan wortel dipercaya mampu mengurangi gejala penyakit rematik yang disebabkan oleh tingginya tingkat asam urat dalam tubuh.

Selain itu, jus mentimun juga dapat digunakan sebagai obat penyakit typus. Cukup dengan minum jus mentimun yang disaring sebanyak 3 gelas sehari, dipercaya mampu membantu penyembuhan penyakit typus. Hal ini disebabkan karena jus mentimun memiliki efek pendingin. Oleh karena sifatnya yang memiliki efek pendingin ini, rupanya jus mentimun ini juga sangat efektif untuk meringankan luka bakar ringan dengan cara dikompres di area yang sakit.

Tak hanya itu saja, ternyata jus mentimun juga mampu melancarkan pencernaan. Rutin mengkonsumsi jus mentimun juga dipercaya dapat mengatasi masalah pada pencernaan seperti kembung. Hal ini tidak terlepas dari kandungan serat dan air dari jus mentimun yang cukup tinggi. Disamping itu, jus mentimun juga memiliki asam melonat yang dipercaya mampu menghambat perubahan dari gula menjadi lemak sehingga berat badan tubuh ideal dapat terjaga.

Efek samping mengkonsumsi Jus Mentimun
Meskipun manfaat jus mentimun cukup banyak dan baik kesehatan, namun ada sedikit efek samping yang perlu untuk Anda waspadai. Seandainya Anda seorang gadis yang belum menikah, sebaiknya mengkonsumsi jus mentimun dibatasi. Mengapa demikian? Sebab jika terlalu banyak, maka akan menyebabkan keputihan.

Sebetulnya, mengkonsumsi jus mentimun sangat aman bagi kesehatan sebab mentimun merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak kandungan gizi. Sebaiknya konsumsi sewajarnya saja sesuai dengan dosis yang disarankan dan dapatkan manfaat jus mentimun yang sangat luar biasa setelah Anda mengkonsumsinya.

Jadi itulah berbagai manfaat luar biasa yang akan Anda dapatkan setelah mengkonsumsi jus mentimun. Bagaimana, berminat untuk mencicipinya?

Ragam Manfaat Jus Mentimun bagi Kesehatan TubuhTitle : Ragam Manfaat Jus Mentimun bagi Kesehatan Tubuh ~ UniksPos
Description : Mentimun, timun, ketimun atau cucumber merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Mentimun  masih merupakan keluarga dar...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->