7.01.2014

Nutrisi dan Manfaat serta Khasiat Wortel

Nutrisi dan Manfaat serta Khasiat Wortel -
UniksPos -
Carrot atau yang biasa kita sebut Wortel, merupakan jenis tumbuhan biennial yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut dan berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 meter, dengan siklus hidup 12 hingga 24 bulan, bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Wortel atau yang memiliki nama ilmiah Daucus carota ini di percaya memiliki kandungan Vitamin A yang sangat tinggi sehingga baik untuk Kesehatan mata anda, Banyak orang yang Mengkonsumsi wortel ini selagi mentah dan ada pula yang mengkonsumsinya setelah di Masak terlebih dahulu.
Nutrisi dan Manfaat serta Khasiat Wortel
Nutrisi dan Manfaat serta Khasiat Wortel
Wortel adalah salah satu sayuran akar paling populer di Amerika Serikat dan secara luas dinikmati di banyak negara lain juga. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya seperti halnya ubi jalar. Sebenarnya wortel mengandung kombinasi menarik dari fitonutrien, termasuk karotenoid lain (terutama alpha-karoten dan lutein), asam hydroxycinnamic (termasuk caffeic, coumaric, ferulat), anthocyanin (yaitu wortel ungu dan merah), dan polyacetylenes (terutama falcarinol dan falcarindiol). Wortel merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A (dalam bentuk karotenoid). 

Selain itu, wortel adalah sumber yang sangat baik dari biotin, vitamin K, serat makanan, molibdenum, kalium, vitamin B6, dan vitamin C. Mereka adalah sumber yang baik mangan, niasin, vitamin B1, asam panthothenic, fosfor, folat, tembaga , vitamin E, dan vitamin B2. Namun kandungan nutrisi wortel yang paling dikenal adalah beta-karoten. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai khasiat wortel yang bermanfaat bagi tubuh adalah sebagai berikut :

1. Mengurangi risiko stroke
Mereka yang setiap harinya rutin mengkonsumsi wortel, 68 persen punya kesempatan terhindar dari stroke. Apabila tidak bisa mengkonsumsinya secara rutin, Anda disarankan untuk mengkonsumsi sebanyak 5 buah saja dalam seminggu.

2. Mencegah infeksi
Wortel mentah atau wortel yang di kukus bisa digunakan untuk membersihkan luka. Adapun caranya yaitu, cukup berikan irisan wortel, baik masih mentah atau yang telah di kukus pada luka untuk mencegah infeksi. Cara kerja wortel dalam hal ini tak jauh berbeda dengan anti-septik.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Dengan mengkonsumsi 200 gram wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterol dapat turun sebanyak 11 persen. Sedangkan vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, yaitu jenis serat larut.

4. Mengatasi sembelit
Serat yang terkandung pada wortel dapat meningkatkan volume feses hingga 25 persen sehingga urusan ke belakang menjadi lebih lancar. Anda yang punya masalah dengan sembelit tentunya tak perlu ragu untuk mengkonsumsi wortel.

5. Melawan kanker
Bagi mereka yang tubuhnya rendah kadar beta karoten-nya, dapat dipastikan akan berisiko terkena kanker paru-paru. Ternyata, selain kanker paru, beta karoten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, dan pankreas. Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karoten-nya lepas. Dengan dimasak, kadar karoten-nya naik 2 hingga 5 kali lipat.

6. Menjaga kesehatan gigi
Konsumsi wortel bisa meningkatkan kesehatan gigi dan membersihkan plak. Menggigit wortel akan meningkatkan produksi air liur sehingga dapat menyeimbangkan tingkat asam dan pH dalam mulut. Dengan begitu, bakteri tak akan mudah muncul dan berkembang biak di dalam mulut.

7. Menyehatkan mata
Wortel sangat kaya akan beta karoten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, akan tetapi dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat pula mencegah katarak dan degenerasi makula yang acap kali menimpa para lansia.

8. Menyehatkan kulit
Mereka yang rajin makan wortel, kulitnya yang semula kering dan mengeras secara perlahan akan tampak sehat dan cemerlang.

9. Menyehatkan jantung
Wortel mengandung karoten dan alfa karoten, serta lutein yang ampuh melawan kolesterol. Selain itu, wortel juga mengandung banyak serat dan dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat. Jadi, sayuran ini bisa membantu mengurangi timbunan kolesterol pada pembuluh darah sehingga menyehatkan jantung.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan dalam wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, sebab bisa mempercepat penyembuhan luka dan peradangan yang disebabkan oleh virus.

11. Melindungi tubuh dari polusi
Besar kemungkinan jika selama ini orang hanya mempercayai bahwa teh hijau sebagai satu-satunya antioksidan untuk melawan radikal bebas. Namun ternyata tidak hanya itu, pasalnya wortel juga mengandung antioksidan yang sanggup untuk melawan radikal bebas akibat polusi udara.

12. Memperlambat penuaan dini
Wortel merupakan salah satu sayur yang sangat kaya akan antioksidan. Selain itu, wortel juga mengandung banyak beta karoten yang ampuh melawan radikal bebas. Dengan begitu, wortel bisa membantu untuk menjaga kesehatan kulit dan menunda proses penuaan.

13. Melancarkan ASI
Berkat adanya senyawa kalsium yang terkandung pada wortel, sehingga secara otomatis akan dapat meningkatkan produksi ASI. Konsumsi wortel secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Sebagai tambahan, wortel juga bisa anda manfaatkan untuk menyembuhkan batuk. Adapun caranya yaitu dengan menghaluskan sebatang wortel yang telah di cuci bersih dengan cara diparut/blender. Kemudian beri beberapa sendok air panas dan peras. Air perasannya ditambahkan sedikit gula aren, aduk hingga merata. Cukup diminum 2 kali sehari. Buah yang satu ini adalah jenis yang mudah Busuk jadi ada baiknya jika anda menyimpannya di tempat yang Steril agar tidak mudah busuk untuk Jangka waktu beberapa hari, namun akan lebih baik lagi jika di makan selagi masih segar.

Nutrisi dan Manfaat serta Khasiat WortelTitle : Nutrisi dan Manfaat serta Khasiat Wortel ~ UniksPos
Description : Carrot atau yang biasa kita sebut Wortel, merupakan jenis tumbuhan biennial yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan te...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->