7.14.2014

7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di Dunia

7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di Dunia -
UniksPos -
Berbagai jenis Ikan hias cukup dikenal oleh masyarakat sebagai hiasan aquarium. Saat ini, perkembangan ikan hias di Indonesia mengalami kemajuan yang terus meningkat terutama jenis ikan hias air tawar asli Indonesia. Dari beberapa jenis ikan hias, tidak semuanya telah dapat dibudidayakan. Dalam menternakkan ikan hias harus diperhatikan bahwa masing-masing jenis mempunyai sifat dan kebiasaan hidup yang berbeda-beda, misalnya dalam cara pemijahan, bertelur ataupun menyusun sarangnya. Berikut ini ada tujuh ikan hias air tawar yang paling terkenal di dunia. Mari kita simak bersama-sama!

1. Arwana Asia
7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di Dunia
Arwana Asia, 7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di Dunia
Arwana Asia (Scleropages formosus), adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut "Ikan Naga" karena sering dikaitkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa. Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ada empat varietas warna yang terdapat di lokasi: Hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia. Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia. Emas, ditemukan di Malaysia. Merah, ditemukan di Indonesia. Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus "terancam punah" oleh IUCN tahun 2004. Seiring perkembangan zaman, jumlah spesies ini yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh masyarakat Asia.

2. Ikan Koi
7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di Dunia
Ikan Koi, 7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di Dunia
Koi adalah jenis ikan karper Cyprinus carpio yang dipelihara untuk menghias rumah, berasal dari Tiongkok dan banyak tersebar di Jepang. Ikan koi berkerabat dekat dengan ikan mas, dan karena itu banyak orang menyebutnya sebagai ikan mas koi yang sebenarnya adalah misnomer. Telah sejak lama, ikan koi dianggap sebagai salah satu ikan yang membawa keberuntungan bagi pemiliknya. 

3. Ikan Cupang
7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di Dunia
Ikan Cupang, 7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di Dunia
Cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang habitat asalnya yaitu beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan cupang mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat cupang asli, salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur. Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

4. Ikan Mas Koki

7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di Dunia
Ikan Mas Koki, 7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di Dunia
Ikan mas hias (Carassius auratus auratus) adalah jenis ikan air tawar dari familia Cyprinidae dan ordo Cypriniformes. Saat ini, ikan mas koki merupakan salah satu ikan hias akuarium yang paling populer. Berdasarkan riwayatnya, jenis ikan hias mas koki merupakan salah satu ikan hasil domestikasi tertua di dunia. Ikan bernama latin Catassius auratus mulai dipelihara di rumah-rumah pada zaman Dinasti Sung di China pada sekitar 960 Masehi. Lalu, mulai dikomersialkan pada Dinasti Ming pada 1368-1644 Masehi. Ikan mas koki kemudian merambah ke Jepang sekitar 1500 Masehi dan masuk ke benua Eropa sekitar dua abad kemudian. 

Di Negeri Matahari Terbit, perkembangan varietas mas koki semakin pesat. Dihasilkan varietas baru dengan bentuk yang variatif seperti yang ada saat ini. Ikan mas koki yang dihasilkan antara lain berbentuk bulat, pendek, benjol-benjol, dan bersirip panjang. Varietas ikan mas koki dari Jepang tersebut kemudian memiliki nama Latin catassius auratus var japonicus. Dari Jepang, ikan mas koki menyebar ke wilayah Eropa maupun Amerika. Kemudian, menjadi populer karena dapat dijumpai di toko-toko ikan hias di seluruh dunia. 

5. Ikan Lou Han
7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di Dunia
Ikan Lou Han, 7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di Dunia
Ikan Lou Han (Flowerhorn), adalah salah satu jenis ikan hias terkenal yang dipelihara di dalam akuarium karena warna sisik mereka yang hidup serta benjolan kepala mereka yang berbentuk khas berjuluk "benjol kelam". Aslinya mereka hanya berhabitat di Malaysia dan Taiwan, namun saat ini banyak dipelihara oleh penggemar ikan di seluruh dunia. Namun, beberapa kritikus telah mempertanyakan dampak dari program-program penyempurnaan ikan ini. 

6. Ikan Gupi
Poecilia reticulata (male)
Agamitsudo, Wikimedia Commons, Cc-by-sa-3.0 [CC-BY-3.0 or CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Gupi (Poecilia reticulata), ikan seribu, ikan cere, atau suwadakar, adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. Karena mudahnya menyesuaikan diri dan beranak-pinak, di banyak tempat di Indonesia ikan ini telah menjadi ikan liar yang memenuhi parit-parit dan selokan. Dalam perdagangan ikan hias dikenal sebagai guppy atau juga millionfish, di berbagai daerah ikan ini juga dikenal dengan aneka nama lokal seperti gepi (Btw.), bungkreung (Sd.), cethul atau cithul (Jw.), klataw (Bjn), dan lain-lain. Gupi adalah jenis ikan yang memiliki ekor paling indah. Gupi memiliki corak ekor yang indah dan berbeda-beda berdasarkan spesiesnya.

Tiap spesies memiliki corak ekor yang menjadi penanda kepada spesies tersebut. Kelebihan gdpi ialah selain corak ekor yang indah dan beragam yaitu pemeliharaan ikan ini cukup mudah dan mudah dikembangbiakkan. Spesies ikan ini ditemukan pada tahun 1856 oleh ilmuwan Jerman bernama Wilhelm Peters. Namun pada tahun 1866, gupi telah ditemukan dengan warna yang lebih bervariasi dibandingkan dengan yang sebelumnya yaitu oleh R.J.L. Guppy. Setelah diperiksa, ikan ini ternyata merupakan spesies baru dan diberi nama “Girardinus guppyi” sebagai penghormatan bagi R.J.L. Guppy yang telah mengirimnya.

7. Ikan Oscar (Astronotus)
Astronotus sp.
By Sphaerichthys (Karya sendiri) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons
Astronotus adalah sebuah genus ikan dari familia Cichlidae. Ada dua spesies dalam genus ini, keduanya ditemukan di Amerika Selatan. Mereka adalah omnivora dan memakan ikan kecil, moluska, dan binatang tidak bertulang belakang. Salah satu spesies, Astronotus ocellatus, terkenal sebagai ikan hias dan sering dipelihara di aquarium, dan dikenal dengan nama ikan Oscar. A. crassipinnis jarang diekspor dan dijual sebagai ikan hias. Ikan Oscar merupakan jenis ikan hias air tawar yang di sukai oleh konsumen baik didalam negeri maupun luar negeri adalah ikan oscar. 

Selain karena penampilannya yang cantik, ikan oscar juga termasuk yang tidak sulit pemeliharaannya. Berasal dari sungai-sungai di Amerika Selatan, ikan oscar mempunyai bentuk hampir sama dengan Gurame, pergerakannya lamban dan tenang, tetapi mempunyai kombinasi warna yang cantik. Warna dasarnya coklat tua atau coklat muda dan sedikit kuning bercampur merah tua. Di pangkal ekornya terdapat warna merah tua yang menutupi sepertiga badannya dan tampak seperti lukisan, sehingga oscar tampak anggun. 

7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di DuniaTitle : 7 Ikan Hias Air Tawar Paling Terkenal di Dunia ~ UniksPos
Description : Berbagai jenis Ikan hias cukup dikenal oleh masyarakat sebagai hiasan aquarium. Saat ini, perkembangan ikan hias di Indonesia mengalami kem...
Rating : 4.9 stars based on 9998 duration 1 hour 39 minutes lifetime reviews

No comments:

|Mobile version|Site Map|TOS|Lisensi Creative Commons|
-->